Home » » Melatih Cendet Mandi Sendiri Dengan Terapi Mandi Hujan

Melatih Cendet Mandi Sendiri Dengan Terapi Mandi Hujan

Kicau-burung.com -Kebanyakan cendet mania menentukan untuk memandikan cendet kesayangannya dengan cara mandi semprot. Alasan dan pertimbangannya bermacam-macam, ada yang alasannya ialah burung tidak mau mandi sendiri, ada pula yang ingin lebih simpel dan tidak menjadikan becek disekitar burung, alasannya ialah burung cendet mandi sendiri biasanya menjadikan banyak cipratan air didalam sangkar, bahkan dilantai sekitar sangkar. Tapi bila cendet terbiasa dengan mandi semprot, ia tidak akan mandi sendiri meskipun disediakan air yang cukup banyak diwadah kawasan mandi, sehingga tidak ada salahnya bila anda mencoba melatih cendet mandi sendiri dengan memakai tips yang akan saya berikan berikut ini.

Ada banyak cara melatih cendet semoga mau mandi sendiri, tapi khusus untuk posting kali ini saya akan mengulas ihwal cara melatih cendet mandi sendiri dengan terapi mandi hujan. Kaprikornus mandi karamba yang saya maksud disini bukanlah mandi dengan memakai sangkar khusus karamba, melainkan hanya memakai kawasan mandi burung yang diletakkan didalam sangkar. Wadah mandi tersebut ukurannya lebih besar dari kawasan minum burung yang sanggup dengan gampang anda beli di kios burung dengan harga yang bervariatif, mulai dari 1500-20.000 rupiah.

Kebanyakan cendet mania menentukan untuk memandikan cendet kesayangannya dengan cara mandi se Melatih Cendet Mandi Sendiri Dengan Terapi Mandi Hujan
Cendet ganteng habis mandi

Cara melatih mandi cendet dengan terapi mandi hujan


Metode ini bukanlah saya dapatkan dari media internet atau dari saran para cendet mania indonesia, melainkan saya peroleh menurut pengalaman eksklusif saya sendiri selaku pemelihara cendet alias cendet mania juga.
Kebanyakan cendet mania menentukan untuk memandikan cendet kesayangannya dengan cara mandi se Melatih Cendet Mandi Sendiri Dengan Terapi Mandi Hujan
Gadis anggun juga mandi
Awalnya saya memang cukup rajin melaksanakan terapi mandi hujan untuk cendet kesayangan saya, alasannya ialah memang saya mencicipi sendiri banyak perubahan yang kasatmata terhadap kualitas cendet kesayangan saya.
BACA: Cara dan manfaat terapi mandi hujan untuk cendet
Pada ketika saya melaksanakan terapi mandi hujan, sengaja saya letakkan cepuk kawasan mandi didalam sangkar, lalu saya ambil cepuk wadah pakan dan cepuk wadah minum. Pada ketika itu hujan masih rintik-rintik terjadi cukup usang dan tidak kunjung deras, alhasil cendet kesayangan saya mungkin mencicipi tidak puas dengan mandi air hujan yang hanya rintik-rintik saja.

Sehingga burung cendet pun menceburkan diri ke cepuk kawasan mandi sambil mengepak-ngepakkan sayap semoga seluruh bulu dan tumbuh menjadi basah. Setelah cukup berair lalu didis sambil tetap mengepak-ngepakkan sayap, kebetulan ketika itu tidak jadi hujan dan mendung pun perlahan menghilang.

Nah semenjak ketika itu saya risikonya membiasakan untuk terapi mandi hujan cendet dengan menyediakan cepuk kawasan mandi didalam sangkar, bahkan kini saya sudah jarang memandikan cendet dengan cara semprot. Saya lebih menentukan memandikan cendet dengan karamba dengan memakai cepuk kawasan mandi tersebut.

Caranya ialah cendet saya pancing terlebih dahulu dengan memakai menyemprotkan air memakai sprayer ukuran kabut, cukup sedikit saja dan jangan hingga basah. Maka cendet pun akan merasa kurang puas dengan semprotan tersebut, sehingga cendet akan dengan sendirinya menceburkan diri kedalam cepuk kawasan mandi. Tapi pastikan bahwa sebelum menyemprot burung, anda sudah meletakkan cepuk kawasan mandi berisi air penuh kedalam sangkar.

Dengan mandi karamba tersebut maka anda tidak perlu capek-capek meyemprot cendet dan menungguinya hingga cendet puas mandi, alasannya ialah cendet akan mandi sesuai keinginannya sendiri hingga puas. Ini akan lebih efektif dalam hal waktu dan tenaga, terlebih bila anda ialah cendet mania yang tidak hanya memelihara satu ekor cendet saja. Karena seorang pencetak cendet jawara biasanya akan memelihara banyak cendet dirumahnya, bahkan mungkin jumlahnya diatas sepuluh ekor.

Demikianlah sedikit ulasan ihwal cara melatih cendet mandi sendiri dengan terapi mandi hujan yang sanggup saya bagikan kepada sahabat cendet mania semua. Semoga ulasan ini menambah wawasan kita sebagai kicau mania, alasannya ialah mungkin tips ini tidak hanya untuk burung cendet saja, tetapi juga sanggup dipakai untuk jenis burung lainnya. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive