Home » » Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Cara mengatasi cendet salto -Sahabat Kicau-Burung.com, cendet memang salah satu jenis burung predator yang kerap melaksanakan aksi salto ketika berada dialam liar, lantaran memang itu yakni salah satu kelebihan sekaligus kekurangan burung cendet salto. Mungkin menjadi salah satu kelebihan ketika cendet melaksanakan aksi salto dialam liar ketika bercanda atau merayu cendet betina, tetapi ketika cendet yang anda pelihara sering salto didalam sangkar, pastinya hal tersebut akan mengurani keindahan dari burung cendet kesayangan anda, terutama ketika cendet ikut dilombakan.

Burung cendet salto sanggup disebabkan oleh beberapa hal, yang pertama mungkin lantaran burung cendet tersebut belum jinak. Burung cendet hasil tangkapan alam liar biasanya susah untuk dijinakkan. Tingkahnya sangat aktif, takut pada insan dan benda-benda sekitar, sering menabrak kandang, dan salah satunya yakni sering salto. Nah kalau anda memelihara burung cendet yang berasal dari tangkapan liar, tentu diharapkan kesabaran untuk menjinakkannya, sekaligus pengetahuan mengenai cara mengatasi  burung cendet salto dan giras tersebut.

 cendet memang salah satu jenis burung predator yang kerap melaksanakan aksi salto ketika ber Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Penyebab kedua dari cendet salto yakni lantaran cendet dalam keadaan over birahi. Cendet yang mendapat perawatan yang tidak benar cenderung akan stress atau mungkin over birahi. Pemberian ekstra fooding yang berlebihan dan tidak mempunyai hukum akan menyebabkan burung cendet over birahi, yang efeknya tentu saja cendet tersebut menjadi lebih giras dan sering salto. Oleh alasannya yakni itu dukungan ekstra fooding harus menerapkan sistem setelan, artinya dukungan dilakukan secara rutin dengan jumlah yang sama, sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan burung.

Lalu bagaimana cara mengatasi burung cendet yang sering salto? Silahkan sahabat KicauBurung simak tips berikut ini:

Cara Mengatasi Cendet Salto ketika lomba


1. Mandikan burung cendet kesayangan anda 
Khusus untuk burung cendet yang sering salto, sanggup dimandikan sebanyak dua kali sehari, yaitu dipagi hari ketika matahari mulai terbit dan di sore hari ketika matahari belum tenggelam. Cara memandikannya sanggup memakai karamba atau disemprot, sesuai dengan kebiasaan mandi burung cendet anda. Usahakan ketika mandi harus hingga berair kuyup, alasannya yakni mandi berair kuyup yakni trik utama mengatasi cendet salto.

2. Kurangi waktu penjemuran
Cendet salto lantaran over birahi tidak perlu dijemur terlalu lama, cukup 1-2 jam saja, lantaran sinar matahari justru sanggup meningkatkan birahi burung, dan kalau birahinya sudah naik, maka akan memperparah dan menciptakan cendet menjadi sangat giras dan galak. Makara penjemuran ini dilakukan hanya untuk mengeringkan bulu dan meningkatkan stamina burung saja.

3. Full Kerodong
Setelah dimandikan dan dijemur sebentar, kemudian burung dikerodong sepanjang hari. Cara ini dimaksudkan untuk mengurangi agresifitas burung cendet biar tidak salto dan terlalu banyak gerak ketika melihat orang kemudian lalang. Selain itu pengerodongan juga  menciptakan burung menjadi lebih nyaman dan tenang.

4. Kurangi porsi ekstra fooding
Seperti yang telah saya singgung diatas, bahwa ekstra fooding seperi jangkrik, kroto, dan ulat hongkong yang berlebihan sanggup menyebabkan cendet over birahi. Makara kurangi dukungan ekstra fooding menyerupai jangrik tersebut, kalau biasanya anda menunjukkan jangkrik 6 ekor per hari (3 ekor pagi hari dan 3 oker sore hari) maka kini anda sanggup mencoba menguranginya, contohnya cukup 3 ekor perhari (2 ekor pagi hari, dan 1 ekor sore hari).

5. Rubah posisi tangkringan
Jika biasanya anda meletakkan 2 tangkringan secara sejajar, maka cobalah untuk merubah posisi tangkringan tersebut menjadi menyilang. Atau sebaliknya kalau semula posisi tangkringan menyilang, maka rubahlah menjadi sejajar, lantaran mungkin salah satu penyebab burung cendet salto yakni lantaran posisi tangkringan yang tidak nyaman.

6. Tambah jumlah tangkringan 
Jika biasanya anda hanya memakai satu tangkringan dalam sangkar, maka tambahkanlah jumlah tangkringan tersebut menjadi 2 atau 3, lantaran idealnya jumlah tangkringan burung cendet yakni 2. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi ruang gerak burung.

7. Terapi mandi malam
Cobalah untuk memandikan burung cendet kesayangan anda dimalam hari, hal ini mungkin agak aneh, tapi percayalah bahwa terapi mandi malam sangat bermanfaat untuk menurunkan birahi burung cendet, dan sanggup menciptakan cendet menjadi lebih nagen, untuk lebih lengkapnya silahkan baca: Cara terapi mandi malam burung

Baca juga: Cara merawat anakan cendet biar cepat gacor

Itulah tips cara mengatasi burung cendet salto yang sanggup saya bagikan kepada sahabat KicauBurung semua. Semoga tips ini sanggup bermanfaat mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan salto burung cendet kesayangan anda.

Pencarian:

  • Cara mengatasi cendet salto
  • Mengatasi cendet giras
  • Mengatasi cendet ngelabak
  • Cara biar cendet nagen

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive