Home » » Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Mabung/ Nyulam

Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Mabung/ Nyulam

Mengatasi burung cendet macet mabung - Sahabat Kicau-Burung.com, sebagai pecinta burung cendet, mungkin anda pernah mengalami dimana burung peliharaan anda macet mabung, atau bahkan mabung yang tak berkesudahan. Mabung atau moulting yaitu siklus tahunan yang normal terjadi pada setiap burung, tidak hanya burung cendet saja, melainkan semua jenis burung berkicau, dimana burung yang sehat dan normal niscaya akan mengalami masa mabung/ nyulam setahun sekali. Namun ada juga kasus dimana burung cendet mengalami mabung sebanyak 3 kali dalam setahun, atau saya istilahkan dengan mabung yang tak berkesudahan.

Ada pula kasus burung cendet yang macet mabung, artinya ketika mabung tidak semua bulu sanggup rontok secara sempurna, masih banyak bulu bau tanah yang belum rontok namun tiba-tiba burung sudah tidak menjatuhkan bulu lagi, padahal seharusnya proses mabung yang benar yaitu semua bulu bau tanah akan rontok lalu akan berganti dengan bulu-bulu muda yang gres dan segar. Macet mabung inilah yang biasanya membawa efek jelek bagi performa burung. Burung cendet yang macet mabung biasanya mempunyai sikap yang tidak wajar, contohnya suka munting-munting, salto dan nglabak tidak karuan, macet bunyi, dan masih banyak lagi.

 mungkin anda pernah mengalami dimana burung peliharaan anda macet mabung Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Mabung/ Nyulam

Makara ketika burung cendet anda sedang mengalami masa mabung, sebaiknya anda perilakukan burung tersebut secara khusus, supaya proses mabung/ ngurak sanggup berjalan secara cepat dan sempurna. Silahkan baca: Cara merawat burung cendet pada masa mabung. Pada artikel tersebut sudah saya tuliskan secara panjang lebar bagaimana merawat burung cendet yang sedang mabung.
Jika anda mengalami permasalahan burung cendet macet mabung, maka anda sanggup menerapkan beberapa tips yang akan saya ulas berikut ini. Menurut pengalaman yang sudah-sudah, tips dibawah ini cukup manjur kalau dilakukan dengan benar.

Cara mengatasi burung cendet macet mabung

1. Full kerodong selama masa mabung
Berikan kerodong secara full setiap hari selama burung masih dalam kondisi mabung, hingga proses mabung selesai. Kerodong hanya boleh dibuka ketika pagi hari ketika derma pakan dan pencucian kandang. Ini bertujuan supaya burung cendet anda merasa tenang, sehingga proses mabung akan kembali berlanjut.
2. Tingkatkan derma Ekstra Fooding
Pada ketika burung cendet sedang macet mabung, sebaiknya anda tidak usah memikirkan setelan harian lagi. Lupakan setelan harian burung dan berikan ekstra fooding sebanyak-banyaknya tanpa batas hingga burung merasa cukup dan tidak memakan EF lagi. Nah sehabis cendet simpulan mabung barulah anda menciptakan setelan EF gres lagi. Ekstra fooding yang cocok untuk cendet macet mabung yaitu jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. 
3. Karantina burung
Jauhkan burung cendet anda dari keramaian dan dari burung sejenis (cendet lainnya), usahakan supaya cendet anda jangan hingga mendengar bunyi burung cendet lain. Ini bertujuan untuk menekan birahi burung cendet anda, alasannya yaitu biasanya burung cendet akan timbul birahi untuk bertarung kalau bertemu atau mendengar kicauan burung cendet lain, sekalipun burung cendet anda sedang dalam kondisi mabung. Sebab ada beberapa cendet yang masih mempunyai birahi dan ngotot untuk bertarung sekalipun dalam kondisi mabung. Pengkarantinaan burung pada masa mabung ini juga bertujuan untuk memaksimalkan proses pemasteran burung, alasannya yaitu pada kondisi mabung tersebut yaitu waktu yang tepat untuk melaksanakan pemasteran.
4. Terapi mandi sauna
Bukan hanya insan saja yang sanggup mandi sauna, burung pun ternyata juga sanggup mandi sauna, terlebih untuk burung cendet yang sedang mabung atau macet mabung. Mandi sauna ini dipercaya sangat membantu dalam merontokkan bulu-bulu bau tanah burung cendet, alasannya yaitu dengan mandi sauna pori-pori burung akan terbuka sehingga bulu akan lebih cepat rontok. 
Baca: Cara terapi mandi sauna cendet 
5. Pemberian susu bubuk
Ternyata bukan hanya kita saja yang suka minum susu, burung yang sedang macet mabung juga perlu diberi susu, tetapi bukan disedu dengan air panas, melainkan dicampurkan dengan voer (pakan burung). Caranya yaitu campurkan sedikit susu bubuk kedalam voer cendet. Pemberian susu bubuk ini dilarang ketika semua bulu bau tanah sudah rontok/ proses mabung sudah selesai.
Itulah beberapa tips cara mengatasi burung cendet macet mabung yang sanggup saya bagikan kepada para kicau mania dan pembaca blog ini. Semoga tips diatas sanggup membantu mengatasi permasalahan macet mabung pada burung cendet jawara kesayangan anda.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive