Home » , » Penyebab Umum Lovebird Macet Bunyi

Penyebab Umum Lovebird Macet Bunyi

Kicau-burung.com -Ada aneka macam penyebab lovebird macet bunyi, penyebab tersebut sanggup dikarenakan oleh faktor pemilik, faktor lingkungan, dan faktor dari lovebird itu sendiri. Dengan mengetahui penyebab lovebird macet bunyi secara specifik, diperlukan anda sanggup memilih langkah untuk mengatasinya.
 penyebab tersebut sanggup dikarenakan oleh faktor pemilik Penyebab Umum Lovebird Macet Bunyi
Lovebird macet bunyi
Lovebird  macet bunyi memang cukup menjengkelkan bahkan menciptakan putus asa pemiliknya, alasannya ialah sudah capek-capek merawat burung setiap hari, kesudahannya malah tidak mau berkicau atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali. Alhasil bukan burungnya saja yang stress, pemiliknya pun juga ikut-ikutan stress. hehehe...


Penyebab lovebird macet bunyi


Sebelum anda mengatasi lovebird macet bunyi, sebaiknya anda menganalisa terlebih dahulu kenapa dan apa penyebabnya sehingga lovebird anda sanggup tiba-tiba macet bunyi.

1. Lovebird macet bunyi alasannya ialah faktor pemilik


Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa lovebird sanggup macet bunyi dikarenakan oleh faktor pemilik yang kurang faham atau kurang serius dalam memelihara lovebird tersebut. Adapun penyebab lovebird macet bunyi alasannya ialah faktor pemilik ialah sebagai berikut:
 penyebab tersebut sanggup dikarenakan oleh faktor pemilik Penyebab Umum Lovebird Macet Bunyi
Pemalas

A. Lovebird macet bunyi alasannya ialah kurang perawatan

Burung lovebird sama ibarat manusia, butuh kasih sayang dan perawatan dengan baik. Jika anda melalaikannya dan tidak merawatnya dengan baik. Lovebird yang tidak dirawat dengan sepenuh hati/ dirawat dengan setengah-setengah akan sangat sulit sanggup rajin berkicau dan ngekek panjang, alasannya ialah lovebird yang sanggup ngekek panjang seprti yang sering anda lihat di video atau dilomba-lomba bukanlah semata-mata sanggup ngekek dengan sendirinya. Perlu adanya perawatan khusus dan pembinaan yang rutin. Sehingga bila anda menginginkan lovebird yang juara tentu anda harus menunjukkan perawatan dan pembinaan yang benar.

Lovebird yang kurang perawatan juga akan gampang sakit dan stress, sehingga menyebabkan malas atau macet bunyi. Kaprikornus jangan kemudian anda menyalahkan burung lovebird tersebut bila tiba-tiba macet bunyi, cobalah untuk mengkoreksi diri anda sendiri, apakah anda sudah memperlakukan lovebird anda dengan baik atau belum.

Ini sering terjadi ketika si pemilik burung terlalu sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas tertentu, sehingga melupakan kewajibannya sebagai pemelihara burung (binatang peliharaan) yang wajib dirawat dengan baik.

B. Lovebord macet bunyi alasannya ialah pakan tidak berkualitas

Pemilik lovebird yang hannya setengah hati memelihara burung biasanya juga hanya asal-asalan dalam menunjukkan pakan, yang penting burung diberi pakan dan tidak kelaparan. Ini salah besar bila anda menginginkan lovebird rajin berkicau, alasannya ialah lovebird yang sanggup ngekek panjang perlu diperhatikan kualitas pakan dan dukungan ekstra fooding (EF) nya.
BACA JUGA: Pakan lovebird biar sanggup ngekek panjang
Setelan pakan dan EF harian dan setelan menjelang lomba sangat mempengaruhi terhadap performa burung. Selain itu anda juga harus memahami dan mengerti apa manfaat dan kegunaan dari pakan tersebut, alasannya ialah setiap pakan tentu mempunyai kandungan nutrisi berbeda-beda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula. Misalnya ibarat kangkung dan biji kuaci yang berkhasiat untuk meningkatkan birahi, atau daun kemangi yang berkhasiat untuk menurunkan birahi. Sehingga ketika lovebird anda mengalami over birahi, sebaiknya dukungan daun kangkung dan biji kuaci dikurangi atau dilarang terlebih dahulu.

2. Lovebird macet bunyi alasannya ialah faktor lingkungan


Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi kualitas lovebird, alasannya ialah lovebird menyukai lingkungan yang teduh dan damai untuk beistirahat ketika siang dan malam hari, atau juga ketika lovebird sedang mengalami masa mabung.
 penyebab tersebut sanggup dikarenakan oleh faktor pemilik Penyebab Umum Lovebird Macet Bunyi
Keramaian

A. Lovebird macet bunyi alasannya ialah takut sesuatu

Ada kalanya burung lovebird anda terkadang takut terhadap sesuatu, contohnya takut terhadap binatang, suara-suara mesin, atau bahkan takut terhadap kendaraan. Jika itu terjadi pada lovebird anda, maka sebaiknya lovebird diletakkan ditempat yang kondusif dan nyaman, sehingga lambat laun mental lovebird akan pulih kembali dan sanggup rajin berkicau ibarat sedia kala.

B. Lovebird macet bunyi alasannya ialah kalah bertarung

Lovebird yang kalah bertarung ketika lomba juga sanggup berdampak pada macet bunyi, ini dikarenakan lovebird mental lovebird ngedrop dan sanggup berakibat pada stress. Cara yang paling sempurna untuk mengatasinya ialah dengan menumbuhkan kembali mental burung tersebut, contohnya dengan megkarantina burung dan melaksanakan terapi khusus untuk beberapa saat. Agar mental lovebird tidah gampang drop, sebaiknya anda baca artikel berikut ini:
Cara melatih mental lovebird biar ngotot ketika lomba

3. Lovebird macet bunyi alasannya ialah faktor burung tersebut


Adapun faktor penyebab yang ketiga ialah faktor yang berasal dari burung itu sendiri, tapi meskipun demikian tetap saja penyebab utama dari faktor ini ialah beraal dari faktor luar lainnya.

1. Lovebird macet bunyi alasannya ialah sedang mabung

Ini merupakan faktor alamiah, dimana setiap burung niscaya akan mengalami yang namanya mabung alias rontok bulu. Pada ketika sedang mabung, lovebird akan lebih banyak membisu dan macet bunyi. Ini ialah hal yang wajar, dan anda tidak perlu memaksa lovebird untuk berbunyi. Anda harus sabar menunggu lovebird hingga selesai mabung dengan tetap menunjukkan perawatan khusus pada lovebird mabung.
BACA JUGA: Cara perawatan lovebird mabung

2. Lovebird macet bunyi alasannya ialah stress

Ada banyak penyebab burung stress, sanggup alasannya ialah kalah bertarung, takut sesuatu, atau alasannya ialah pakan dan perawatan yang buruk. Sebenarnya ini merupakan penyebab utama lovebird macet bunyi, sehingga bila anda ingin menyembuhkannya maka anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Burung yang macet bunyi alasannya ialah stress biasanya agak sulit atau membutuhkan waktu yang cukup usang untuk disembuhkan. Selain itu juga membutuhkan terapi dan perawatan khusus untuk menyembuhkannya, sehingga anda harus mempelajari huruf lovebird tersebut dengan baik.

3. Lovebird macet bunyi alasannya ialah sakit

Lovebird yang sedang sakit jangan dipaksa untuk berkicau, alasannya ialah ujung-ujungnya sanggup berakhir pada kematian. Berikanlah perawatan yang baik, vitamin, dan pakan yang baik biar lovebird segera sembuh dari sakitnya. Ketika burung sudah sembuh maka sanggup anda ajak untuk berkicau lagi.

4. Lovebird macet bunyi alasannya ialah birahi

Birahi lovebird juga memilih terhadap performa dan kicauan burung. Burung yang sedang ovebr birahi atau kurang birahi tentu tidak akan sanggup bekerja secara maksimal. Berikanlah pakan yang sempurna sesuai dengan birahi lovebird anda. Jika lovebird sedang over birahi, maka berikanlah pakan yang sanggup menurunkan birahi. Dan bila lovebird sedang kurang birahi, maka berikanlah pakan yang mengandung nutrisi yang berkhasiat untuk meningkatkan birahi.

Itulah penyebab lovebird macet bunyi yang biasa terjadi pada burung kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive