Home » » Cara Terapi Mandi Sauna Burung Cendet

Cara Terapi Mandi Sauna Burung Cendet

Kicau-Burung.com | Terapi mandi sauna bagi burung cendet akhir-akhir ini cukup ramai menjadi materi perbincangan bagi para kicau mania indonesia, termasuk saya sendiri. Walaupun bahwasanya terapi mandi sauna burung ini sudah ada cukup usang tapi hanya dilakukan oleh segelintir kalangan saja, tapi dengan adanya media umum jadinya terapi mandi sauna burung sekarang menjadi terkenal dan bahkan telah sering dilakukan oleh para pecinta burung berkicau.

Cara perawatan mandi sauna bagi burung cendet bahwasanya sangat gampang sekali, pada dasarnya hanyalah menjemur burung dalam keadaan dikerodong. Tapi meskipun demikian, ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan sebelum melaksanakan perawatan mandi sauna tersebut, salah satunya yakni kondisi kesehatan burung.
Baca juga: Cara terapi mandi malam burung cendet

akhir ini cukup ramai menjadi materi perbincangan bagi para kicau mania indonesia Cara Terapi Mandi Sauna Burung Cendet

Sebagian kicau mania ada yang melaksanakan terapi mandi sauna dengan metode eksklusif menjemur burung dalam keadaan dikerodong tanpa dimandikan terlebih dahulu, dan ada yang memandikan burung cendet terlebih dahulu sebelum dijemur dalam keadaan dikerodong. Semua itu tergantung dari huruf burung dan kebiasaan dari pecinta burung itu sendiri, bila untuk saya pribadi lebih suka metode terapi mandi sauna dengan cara memandikan burung terlebih dahulu sebelum dijemur sambil dikerodong.

Tips Dan Cara terapi mandi sauna burung cendet


1. Mandikan burung ibarat biasa dengan cara disemprot atau mandi karamba, kemudian eksklusif dijemur dalam keadaan dikerodong, Waktu yang sempurna untuk mandi sauna ini yakni antara pukul 10-12 siang, dimana sinar matahari sudah cukup panas.

2. Lakukan penyemperotan pada kerodong dengan setelan embun secara merata hingga agak basah, dan dikala kerodong sudah mulai kering, lakukan penyemperotan kembali. Ini bertujuan supaya burung yang didalam tidak terlalu merasa kepanasan akhir uap dan udara panas didalam.

3. Pastikan persediaan air minum didalam kandang masih ada, sedangkan untuk voer sebaiknya diambil saja supaya tidak tercemar oleh air dan sinar matahari.

4. Lakukan terapi mandi sauna tersebut secara berkala, maksudnya yakni untuk tahap awal jangan eksklusif melaksanakan mandi sauna secara ekstrim dengan durasi waktu yang cukup lama. Untuk pertama kali cukup dengan durasi waktu 20 menit saja dengan kondisi resleting kerodong dibuka, ini bertujuan supaya burung tidak merasa terlalu kepanasan, sebab masih dalam tahap pembiasaan awal (pertama dilakukan terapi mandi sauna)
BACA JUGA: Cara memandikan cendet takut air
Pada hari ke-tiga atau ke-empat, durasi waktu mandi sauna sanggup anda tambah lagi menjadi 30 menit dengan kondisi resleting kerodong ditutup rapat. Dan pada hari-hari selanjutnya anda sanggup menambah durasi waktu secara bertahap, contohnya hingga 1 jam atau lebih sedikit. Begitu seterusnya hingga burung sudah terbiasa dengan mandi sauna. Untuk durasi mandi sauna maksimal jangan lebih dari 2 jam, sebab kasihan burung anda bila mati akhir dehidrasi.

Terapi mandi sauna ini bahwasanya tidak hanya berlaku untuk burung cendet saja, melainkan sanggup diterapkan pada semua jenis burung berkicau ibarat murai batu, kacer poci, cucak ijo, dan lain sebagainya. Fungsi utama dari mandi sauna bahwasanya yakni untuk mempercepat perontokan bulu pada proses mabung, tapi seiring berjalannya waktu terapi ini dipercaya juga sanggup menciptakan burung lebih gacor dan mempunyai bunyi yang ngeplong alias keras.
Baca juga: Cara mengatasi burung cendet macet mabung
Itulah sedikit pembahasan tentang tips cara terapi mandi sauna burung cendet yang sanggup saya bagikan kepada shobat kicau-burung. Semoga artikel ini sanggup menjadi materi pola bagi anda dalam melaksanakan terapi mandi sauna bagi burung cendet kesayangan anda.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive