Home » » Tips Dan Cara Supaya Burung Lovebird Ngekek Panjang

Tips Dan Cara Supaya Burung Lovebird Ngekek Panjang

Kicau-burung.com | Cara biar lovebird ngekek panjang -Setiap kicau mania khususnya pemelihara burung lovebird niscaya menginginkan lovebird kesayangannya bisa ngekek panjang. Pasalnya lovebird ngekek panjang tentu mempunyai evaluasi yang lebih dalam lomba dan sekaligus meningkatkan nilai jual, lantaran burung spesies genus agaponis ini selain mempunyai warna dan bentuk yang menawan juga mempunyai andalan lain, yakni bunyi kicau yang bisa ngekek panjang, bahkan durasinya bisa beberapa menitan. Hal itulah yang mendasari kenapa hingga ketika ini burung lovebird masih banyak diminati oleh para kicau mania, terbukti dalam setiap event lomba, gantangan lovebird selalu penuh.

Untuk menciptakan biar burung lovebird ngekek panjang diharapkan perawatan harian khusus dan kesabaran dalam menunjukkan latihan, lantaran perawatan ibarat memandikan burung dan proteksi pakan serta EF saja tidak cukup untuk menciptakan burung lovebird bisa tampil maksimal dan mempunyai nafas yang panjang ketika berkicau alias ngekek, perlu didukung dengan latihan khusus untuk meningkatkan performa burung ketika lomba.

Setiap kicau mania khususnya pemelihara burung lovebird niscaya menginginkan lovebird kesaya Tips Dan Cara Agar Burung Lovebird Ngekek Panjang

Selain perawatan dan teladan latihan yang baik secara rutin, ibarat kita ketahui bersama bahwa burung lovebird juga menganut adanya faktor garis keturunan atau trah, jadi ketika burung lovebird ngekek panjang hasil dari indukan yang berkualitas dan mempunyai bunyi ngekek yang panjang, kemungkinan besar keturunan yang dihasilkan juga akan lebih gampang dilatih biar mempunyai bunyi ngekek yang panjang. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa burung lovebird yang berasal dari indukan biasa ternyata ada juga yang mempunyai kualitas ngekek yang cukup panjang.


Disini saya tidak akan membahas panjang lebar perihal faktor gen atau faktor keturunan dari burung lovebird, melainkan membahas bagaimana biar burung lovebird yang anda miliki bisa ngekek panjang, tidak memandang apakah itu berasal keturunan lovebird super ataupun hanya dari lovebird biasa. Jika anda menerapkan teladan rawatan dan latihan berikut ini, kemungkinan burung lovebird anda akan bisa ngekek lebih panjang dari biasanya.

Tips dan Cara biar lovebird ngekek panjang

Ada banyak cara yang dilakukan oleh para lovebird mania biar burung kesayangannya bisa ngekek panjang, mulai dari cara-cara yang sederhana hingga cara-cara yang ekstreem yang terkadang justru sanggup merusak burung lovebird itu sendiri. Untuk cara yang sederhana dan kondusif tanpa resiko tersebut, silahkan anda terapkan perawatan ibarat dibawah ini:

1. Pola rawatan harian lovebird

Pola rawatan harian burung lovebird dikategorikan menjadi 2 bagian, yaitu proteksi pakan dan EF (ekstra Fooding) serta cara memandikan dan penjemuran burung. Untuk proteksi pakan tentu anda harus menunjukkan pakan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang cukup biar kesehatan dan performa burung selalu terjaga.

Pemberian akan harian yang baik yaitu dilakukan secara bervariasi, contohnya hari pertama diberikan pakan A, maka hari kedua diberikan pakan B, dan hari ketiga diberikan pakan C, begitu seterusnya. Intinya yaitu menunjukkan EFsecara cukup tidak kurang dan tidak lebih secara bervariasi. Karena jikalau pakan  yang diberikan setiap hari hanya itu-itu saja, burung lovebird bisa mengalami kelebihan berat badan, dan efeknya justru burung akan malas berkicau.

Selain itu proteksi setelan EF juga harus selalu diperhatikan, jangan kurang dan jangan berlebihan. Jika burung kurang mengkonsumsi EF akan cenderung malas berkicau lantaran kekurang nutrisi, begitu pula ketika berlebihan, burung juga akan malas berkicau lantaran over birahi. Makara anda harus memahami abjad dari burung lovebird kesayangan anda.

Ekstra fooding lovebird yang baik yaitu berupa sayuran ibarat tauge (kecambah), kangkung, dan jagung muda. EF ini dipercaya bisa meningkatkan birahi dan performa ngekek lovebird. Makara ketika dirasa burung mulai terlihat over birahi sebaiknya proteksi EF dikurangi atau bahkan tidak boleh hingga birahi burung normal kembali.

Sedangkan untuk teladan mandi burung lovebird sebaiknya dimandikan hingga lembap kuyup sebanyak 2 kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Mandi pagi idealnya dilakukan pada jam 7 kemudian dijemur dibawah sinar matahari hingga jam 10 pagi (durasi penjemuran 3 jam) sesudah itu burung diangin-anginkan (digantang) selama kurang lebih 15 menit ditempat yang teduh ibarat dibawah pohon atau teras rumah.

Siang harinya sekitar jam 12 siang, burung kembali dimandikan hingga lembap kuyup, kemudian diangin-anginkan kembali diteras atau dibawah pohon yang teduh, sesudah itu burung dimaster hingga sore hari atau bahkan samai malam hari. Lakukan perawatan mandi tersebut secara rutin setiap hari. Alasan kenapa burung lovebird harus dimandikan hingga lembap kuyup yaitu berdasarkan pengalaman para kicau mania bahwa lovebird yang biasa dimandikan hingga lembap kuyup akan memilik performa dan bunyi ngekek yang lebih panjang.

2. Pola latihan lovebird

Burung lovebird untuk lomba tentu memerlukan teladan latihan khusus yaitu dengan memakai sangkar umbaran, ini bertujuan untuk melatih otot-otot burung serta menciptakan nafas burung menjadi lebih panjang, sehingga ketika dilombakan tentu akan bisa ngekek panjang. Namun tidak semua orang sependapat dengan teladan latihan ini, lantaran banyak yang bilang bahwa lovebird yang tidak menerapkan teladan latihan sangkar umbaran ternyata juga bisa mengeluarkan bunyi ngekek yang panjang. Tapi berdasarkan saya lovebird yang menerapkan teladan latihan sangkar umbaran tentu akan mempunyai nilai lebih jikalau dibandingkan dengan yang tidak menerapkan latihan.

3. Pola Pemasteran lovebird

Setiap burung lomba tentu butuh dimaster, lantaran dengan bunyi masteran burung akan lebih cepat merekam, mencerna, dan menirukan suara-suara masteran yang didengar, oleh lantaran itu teladan pemasteran burung lovebird sangatlah penting. Cara memaster lovebird masing-masing orang berbeda-beda, semua tergantung dari abjad burung dan kebiasaan dari si pemelihara. Ada yang memaster burung pada ketika dinihari sekitar habis shalat subuh hingga jam 7 pagi, ada yang memaster dari jam 10 sesudah dijemur hingga jam 3 sore, ada yang memaster dari usai shalat maghrib hingga malam hari sekitar jam 10 malam, adapula yang memaster mulai jam 9 malam hingga pagi keesokan harinya. Kembali lagi semua diadaptasi dengan abjad burung, kebiasaan, dan keyakinan dari sang pemiliknya.

Untuk dilema pengerodongan, ada yang tidak dikerodong sama sekali, dan ada pula yang full kerodong ketika malam hari dan ketika proses pemasteran, berdasarkan saya eksklusif menentukan untuk menunjukkan kerodong ketika malam hari dan ketika melaksanakan pemasteran. Ada yang memaster burung dengan bunyi yang keras, dan adapula yang memaster dengan bunyi yang pelan (sayup-sayup).

4. Pemberian vitamin dan pencucian sangkar lovebird

Burung lovebird biar bisa ngekek panjang dan selalu dalam keadaan sehat harus senantiasa diberikan vitamin aksesori untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi, selain itu juga harus rajin dalam membersihkan kandang, baik itu dari kotoran burung maupun dari sisa-sisa makanan, lantaran jikalau kebersihan selalu terjaga, kemungkinan burung sakit atau terkena penyakit semakin kecil. Berbeda jikalau kotoran burung didiamkan saja hingga menggunung, tentu akan menimbulkan penyakit dan mengganggu kesehatan, baik itu kesehatan burung atau kesehatan pemiliknya.

Demikianlah sekilas uraian perihal cara biar burung lovebird ngekek panjang yang sanggup saya tuliskan, semoga berkhasiat bagi anda pecinta lovebird dan kicau mania indonesia. Salam kicau mania.

Pencarian:

  • Tips lovebird ngekek panjang
  • Cara biar lovebird ngekek panjang
  • Perawatan lovebird ngekek panjang
  • Membuat lovebird ngekek panjang

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive