Home » , » Pilih Burung Lovebird Gemuk Obesitas Atau Kekurusan Nyilet?

Pilih Burung Lovebird Gemuk Obesitas Atau Kekurusan Nyilet?

Pilih lovebird gemuk jadi obesitas atau kekurusan nyilet? sesungguhnya ini bukan suatu pilihan sebab kedua opsi tersebut akan merugikan performa dan kesehatan lovebird. Setiap burung mempunyai berat tubuh yang proposional, begitu juga lovebird bobot normal lovebird yaitu berkisar 45gram - 55gram. 
Jika berat tubuh lovebird melebihi bobot itu maka lovebird termasuk golongan lovebird obesitas ini akan besar lengan berkuasa ke aktifitas lovebird yang menurun, sedangkan kalo lovebird terlalu kurus kemudian terlihat tulang dadanya yang menonjol maka lovebird tersebut termasuk dalam golongan lovebird terlalu kurus atau lebih familiar disebut nyilet.

Lovebird aku terlalu gemuk

Biasanya orang akan tertarik dengan hewan yang gemuk, banyak pemilik hewan berpikir kalau mempunyai hewan peliharaan yang gemuk maka mereka akan terlihat lebih lucu dan menggemaskan. Namun, hewan yang mempunyai bobot melebihi apa yang normal akan menciptakan hewan ini malas dan berakibat pada buruknya kesehatan mereka. 

Pilih lovebird gemuk jadi obesitas atau kekurusan nyilet Pilih burung lovebird gemuk obesitas atau kekurusan nyilet?


Ya tampaknya halnya hewan lain, burung lovebird pun dianjurkan dilarang kegemukan. Obesitas akan menciptakan lovebird malas bergerak, tanda-tanda ini biasanya terlihat dari aktifitas mereka yang monoton contohnya mereka akan lebih banyak makan kemudian tertidur dan bangkit sebab lapar kemudian mereka akan makan hingga kenyang dan tidur kembali, acara lovebird akan menjadi monoton.

Ini merugikan mereka yang memang ingin memprospek lovebird menjadi bintang di arena lomba, sebab acara mastering hingga training lain dipastikan lovebird akan "absen" karena yang dipikirkan lovebird hanya makan kemudian tidur. Jangankan untuk dilatih, kemungkinan lovebird akan malas berkicau, kalau sudah begitu bagaimana cara memprospek lovebird demikian?

Solusi



1. Pakan lovebird - Berikan pakan lovebird yang bernutrisi tinggi dan berkadar karbohidrat sedikit, contohnya anda sanggup mengurangi milet kemudian memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Beberapa bijian terbaik akan menciptakan lovebird kenyang walaupun gres dimakan sedikit, biasanya pakan tersebut lebih mahal harganya dari pada pakan pasaran. Perdalam wacana apa kandungan dari pakan yang baik untuk lovebird anda dengan membacanya disini.

2. Sangkar koloni - Agar lovebird banyak bergerak tempatkan mereka di kandang yang cukup besar dan memanjang, hal ini akan menciptakan lovebird akan lebih leluasa bergerak sebab pada umumnya lovebird yakni burung yang aktif maka kandang koloni akan cukup mengurangi kalori dalam tubuh mereka.

Mengatasi lovebird kekurusan atau nyilet

Problema lain yakni lovebird mengalami penurunan berat tubuh yang drastis, contohnya berat tubuh lovebird mengalami penurunan 10% dari bobot tubuh normalnya, lovebird demikian disebut lovebird kurus tetapi lebih ancaman lagi kalau penurunannya mendekati angka 20%, istilah ini disebut nyilet.



Nyilet sangat merugikan banyak breeder sebab selain aktifitas lovebird akan menurun sebab lemas dan nyilet sanggup berujung pada kematian. Masalah ini ditimbulkan sanggup sebab sumbangan pakan yang tidak mempunyai jumlah nutrisi yang diharapkan lovebird, sehingga lovebird menderita gizi buruk. Faktor lain sanggup sebab lovebird mengalami penyakit atau ada benalu pengganggu di dalam tubuh lovebird ibarat cacing. 

Berdasarkan pengalaman penulis ada 3 penyebab utama lovebird nyilet

1.  Nyilet sebab penyakit gondok - kebanyakan lovebird mati sebab penyakit ini, penyakit ini akan berakibat dada lovebird menonjol ibarat halnya insan kalau mengalami penyakit gondok. Jika anda berpikir ini dikarenakan gizi jelek kemudian anda hanya mengganti pakan mereka maka penyakit gondok ini akan berakibat fatal untuk lovebird anda. Burung yang menderita penyakit ini membutuhkan iodium, kandungan iodium banyak terdapat pada ikan dan garam. Jika sulit mengakali masakan tersebut, beli obat dalam bentuk kapsul yang mengandung iodium tinggi berikan dengan porsi sangat kecil kepada lovebird.

2. Gizi dari pakan - Pakan yakni faktor paling penting untuk semua aspek, pakan yang bergizi ialah kuncinya. Tidak semua pakan mempunyai gizi yang sama walaupun terkadang bentuknya sama, cara mengemas dan cara produksi pakan dan pilihan biji terbaik itu yakni faktor apakah pakan itu berkualitas atau tidak. Makanya aneka macam brand pakan burung yang memperlihatkan komposisi yang sama tetapi berbeda harga, kenapa? ibarat yang tadi telah dibahas bagaimana cara produksi setiap pakan berbeda. Saya merekomendasikan benelux primus yang diproduksi pribadi dari belgia, selain komposisinya kumplit, benelux primus juga mempunyai kandungan yang anggun di setiap bijiannya yang memnuhi gizi lovebird, untuk melihat produk klik disini

3. Cacing gelang - Banyak benalu yang memang menciptakan banyak lovebird menjadi kurus, contohnya saja tungau, kutu dan cacing gelang. Berdasarkan pengalaman aku cacing gelang yakni benalu yang sering mengakibatkan lovebird nyilet, beberapa lovebird yang mati sebab nyilet terdapat cacing gelang didalam tubuhnya. Lovebird yang terjangkit cacing gelang dianjurkan untuk lebih sering dijemur semoga lebih sering terkena cahaya matahari, berikan obat cacing khusus burung yang banyak dijual di toko burung.

Sekian artikel dari aku semoga apa yang ditulis sanggup mempunyai kegunaan buat teman kicau semua.

Salam hangat kicaumania


0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive