Home » » Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi

Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi

Kicau-Burung.com | Burung cendet over birahi memang cukup mengganggu dan tidak lezat dilihat/ dipandang mata, lantaran cendet akan mengalami perubahan abjad yang biasanya nagen dan rajin berkicau akan menjelma giras, monting, salto, dan malas berkicau. Burung cendet yang over birahi akan cenderung sibuk bergerak kesana-kemari dan jarang berkicau. Hal ini juga pernah saya alami sendiri, sebagai seorang cendet mania pemula, awalnya saya cukup kebingungan dengan perubahan abjad tersebut, kemudian saya mencari bagaimana cara mengatasi burung cendet over birahi.

Dari pengalaman tersebut kini saya menjadi sedikit lebih faham mengenai tips dan cara mengatasi burung cendet over birahi, yang pada posting kali ini akan saya bagikan kepada shobat cendet mania. Dengan tips ini dibutuhkan anda sanggup menurunkan birahi cendet yang mungkin menciptakan anda cukup frustasi.
 memang cukup mengganggu dan tidak lezat dilihat Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi

Burung cendet over birahi sanggup disebabkan oleh derma setelan Ekstra fooding (EF) yang tidak sempurna (berlebihan), atau sanggup juga lantaran kesalahan dalam memperlihatkan pakan, contohnya diberi cicak atau hewan lain yang sanggup menjadikan over birahi. Selain itu, cendet jantan yang terlalu sering melihat cendet betina juga cenderung sanggup meningkatkan birahi, lantaran burung cendet didalam sangkar tidak kawin, sehingga masuk akal jikalau melihat burung cendet lain jenis birahinya akan naik.

Cara mengatasi burung cendet over birahi dan cara menurunkan birahinya


Jika anda mempunyai burung cendet yang sudah terlanjur over birahi, solusi terbaik yaitu dengan cara menurunkan birahi cendet tersebut. Adapun cara menurunkannya yaitu sbagai berikut:

1. Pangkas atau kurangi derma ekstra fooding
Jika biasanya anda memperlihatkan 5 jangkrik pagi dan sore, maka kurangi menjadi 2 atau 3 ekor. Jika kondisi over birahi sudah cukup parah, maka sebaiknya anda hentikan dulu derma EF nya.

2. Kurangi durasi penjemuran
Jika biasanya anda menjemur burung cendet selama 2 jam setiap harinya, maka untuk burung cendet over birahi cukup dijemur 15 menit saja dipagi hari. Atau jikalau perlu hentikan dulu penjemuran, cukup diangin-anginkan saja, lantaran sinar matahari sanggup meningkatkan hormon-hormon sehingga sanggup menjadikan cendet over birahi.

3. Tambah volume mandi
Jika biasanya anda memandikan burung cendet satu kali sehari setiap pagi, atau bahkan mungkin hanya memandikannya 2 kali dalam seminggu. Khusus untuk cendet over birahi, anda sanggup memandikannya 2 atau 3 kali sehari. Bisa juga ditambah dengan terapi mandi malam, lantaran terapi mandi malam terbukti sanggup menurunkan dan menstabilkan birahi cendet.
Cara memandikan burung cendet 
Cara terapi mandi sauna
Manfaat terapi mandi sauna untuk cendet 
4. Latihan fisik
Latihlah atau olah ragakan burung cendet anda dikandang umbaran supaya terbang kesana-kemari, ini bertujuan untuk membuang kelebihan energi pada burung cendet anda. Selain itu latihan fisik juga sanggup meningkatkan stamina burung sehingga akan mempunyai nafas yang lebih panjang.  

5. Mengawinkan burung cendet
Ini yaitu senjata paling pamungkas jikalau birahi cendet tidak sanggup turun, lantaran dengan cara ini birahi cendet akan turun, selain itu juga sanggup sambil mencar ilmu beternak/ menangkar burung cendet anda supaya berkembang biak menjadi banyak. hehehe...

Selain cara diatas tentu masih banyak lagi tips dan cara mengatasi cendet over birahi yang sanggup anda tanyakan kepada para master cendet mania, lantaran jujur sesungguhnya saya juga masih pemula di kancah dunia cendet mania. Tapi tips yang saya berikan sudah terbukti banyak dilakukan oleh para cendet mania. Semoga bermanfaat.

Pencarian

  • Mengatasi cendet over birahi
  • Menyembuhkan cendet over birahi
  • Perawatan cendet OB
  • Cara supaya cendet tidak OB

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive