Home » » Tips Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Tips Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Kicau-Burung.com | Cara mengatasi burung cendet galak -Seperti kita ketahui bersama bahwa intinya burung cendet yaitu time burung predator (pemangsa), sehingga sudah menjadi dasarnya bahwa burung cendet mempunyai sifat galak, suka memangsa burung yang lebih kecil, dan suka menyerang bila merasa terancam. Tapi meskipun demikian, burung cendet galak yang dipelihara semenjak kecil dan dirawat dengan benar dan penuh kasih sayang akan bisa menjadi burung cendet yang sangat jinak (sama sekali tidak galak).

Memelihara burung cendet galak memang cukup merepotkan, terlebih ketika kita hendak mengganti air minum dan menambahkan masakan voer yang sudah habis. Belum lagi ketika kita hendak memberi makan EF jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan lain sebagainya. Akan sangat menyakitkan bila tiba-tiba burung mematuk jari tangan kita, sebab bisa lecet dan bahkan mengelupas.
Seperti kita ketahui bersama bahwa intinya burung cendet yaitu time burung predator Tips Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Pengalaman ini pernah saya alami sendiri, ketika tiba-tiba sikap burung cendet kesayangan saya menjadi #galak dan lebih agresif. Bahkan anak saya yang gres berusia 16 bulan tiba-tiba menangis sebab dipatuk, padahal biasanya burung cendet saya terbilang jinak dan tidak mau mematuk pemiliknya. Tapi akhir-akhir ini menjadi lebih bergairah dan mengejar menyerupai hendak menerkam orang yang melintas didekatnya.

Dari pengalaman tersebut balasannya saya mencari solusi di internet ihwal cara mengatasi burung cendet galak, dan coba saya terapkan pribadi pada burung cendet kesayangan saya. Mudah-mudahan posting ini sanggup membantu anda para cendet mania yang mengalami duduk perkara serupa menyerupai yang saya alami waktu itu.

Cara mengatasi burung cendet galak

Sebelum anda mencari solusinya, anda harus menganalisa dan mengatahui terlebih dahulu penyebabnya, kenapa tiba-tiba burung cendet anda menjadi galak dan agresif. Karena penanganan burung cendet agresif berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya.

Penyebab burung cendet galak

1. Burung cendet menjadi galak sebab over birahi

Jika burung cendet galak akhir over birahi, maka solusi yang sempurna untuk mengatasinya yaitu dengan cara menurunkan birahi burung tersebut. Caranya yaitu dengan mengurangi dukungan EF(Ekstra Fooding), mengurangi durasi penjemuran, dan meningkatkan volume mandi. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini: Cara mengatasi burung cendet over birahi.

2. Burung cendet galak sebab birahi alami (memasuki masa breeding/ demam isu kawin)

Setiap makhluk hidup yang tumbuh cendekia balig cukup akal niscaya akan mengalami masa breeding, begitu pula dengan burung cendet, sebab ketika hidup dialam liar burung cendet juga akan hidup dan berkembang biak dengan lawan jenisnya, dan begitulah siklus kehidupan makhluk hidup didunia.

Ketika burung cendet dipelihara oleh insan semenjak kecil hingga tumbuh dewasa, burung tidak mempunyai pasangan dan tidak berkembang biak menyerupai ketika hidup dialam liar. Namun seiring bertambahnya usia dan burung cendet sudah tumbuh cendekia balig cukup akal tentu mempunyai naluri atau insting untuk kawin dan berkembang biak, nah hal inilah yang sering disebut dengan istilah demam isu breeding.

Jika burung cendet galak sebab memasuki masa breeding, maka yang sanggup anda lakukan yaitu dengan cara mengawinkan burung cendet jantan dengan burung cendet betina semoga birahi cendet jantan segera turun kembali. Atau anda hanya perlu bersabar menunggu birahi cendet kembali normal dengan tetap melaksanakan perawatan dengan baik dan dukungan pakan dan nutrisi yang cukup, ditambah dengan terapi pengembunan dan memperbanyak volume mandi, kalau perlu 3x sehari.

3. Burung cendet galak sebab aksara alamiah

Seperti yang sudah saya singgung diawal posting, bahwa burung cendet memang mempunyai sifat dan aksara galak secara alami, sebab burung tersebut merupakan burung predator. Makara jangan heran bila kebanyakan burung cendet mempunyai sifat galak dan suka mematuk, maka dari itu bila anda ingin mempunyai burung cendet yang jinak, anda harus merawatnya semenjak trotol dan memperlakukannya dengan baik serta penuh kasih sayang. Tipsnya yaitu ketika burung masih trotol sering-seringlah memegang/ meletakkan burung diatas tangan ketika anda beri makan. Elus-elus dan perlakukan burung cendet layaknya keluarga anda.

Perawatan burung cendet galak

Secara umum burung cendet tiba-tiba menjadi galak yaitu sebab faktor birahi, yaitu over birahi atau birahi yang berlebihan akhir kesalahan dalam perawatan dan dukungan settingan EF, jadi untuk perawatannya yaitu sebagai berikut:

1. Lakukan terapi mandi malam

Mandi malam pada burung cendet atau burung apapun dipercaya bisa menstabilkan birahi/ menurunkan birahi burung, jadi perlu anda coba dan terapkan perawatan mandi malam tersebut hingga birahi burung normal kembali. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini:

2. Perbanyak volume mandi

Jika biasanya anda memandikan burung cendet hanya 2 kali dalam seminggu, maka anda bisa mencoba untuk memandikan burung cendet galak setiap hari. Dan bila biasanya anda memandikan burung cendet setiap pagi, naka anda bisa mencoba memandikan burung cendet galak 2 hingga 3 kali sehari, contohnya dimandikan setiap pagi, siang, dan malam hari. Lakukan hal tersebut hingga birahi burung normal kembali.

3. Kurangi/ pangkas dukungan EF (Ekstra fooding)

Seperti kita ketahui bersama bahwa intinya burung cendet yaitu time burung predator Tips Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Sebelumnya niscaya anda sudah mengerti settingan EF harian burung cendet anda, namun bila dengan settingan harian tersebut burung cendet menjadi galak, maka anda bisa mengurangi jumlah EF khususnya jangkrik dan ulat hongkong yang biasa anda berikan. Dan bila burung cendet menjadi galak sebab settingan EF pernah anda tingkatkan, maka sebaiknya anda kembalikan lagi ke settingan awal, semoga birahi cendet embali normal.

4. Kurangi durasi penjemuran

Penjemuran dibawah sinar matahi pagi memang sangat baik untuk burung cendet, namun bila burung sedang mengalami over birahi, sebaiknya anda kurangi durasi penjemurannya, sebab sinar matahari sanggup meningkatkan birahi burung. Cukup jemur burung selama 1 jam saja dipagi hari, selebihnya angin-anginkan siteras atau kerodong burung hingga sore hari.

5. Lakukan terapi pengembunan

Pengembunan burung dipagi hari atau setelah shalat subuh terbukti bisa menstabilkan birahi burung, sehingga lambat launburung cendet anda tidak galak lagi. Selain itu terapi pengembunan ternyata juga bisa meningkatkan performa burung menjadi rajin erkicau, baik itu untuk kicauan harian ataupun untuk lomba.

Demikianlah beberapa cara mengatasi burung cendet galak yang sanggup saya bagikan kepada anda para cendet mania, semoga artikel ini sanggup menambah wawasan kita dan sanggup membantu anda dalam menstabilkan kembali birahi burung sehingga burung cendet anda tidak lagi galak dan suka mematuk.

Pencarian:

  • Mengatasi cendet galak
  • Mengobati cendet galak
  • Mengatasi cendet nakal
  • Agar cendet tidak alak

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive