Home » , » Caranya Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit

Caranya Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit


Sebenarnya ketika burung kicau kesayangan kita sakit, ada beberapa hal yang sanggup kita amati. Tujuannya yakni untuk segera mengambil tindakan pertolongan untuk mencegah penyakit semakin parah dan berujung kematian. Ada beberapa ciri-ciri burung yang sakit yang sanggup kita amati, dan anda sanggup membacanya di sini. Perawatan burung memang harus lebih ekstra terutama ketika isu terkini hujan, alasannya yakni di isu terkini hujan besar kemungkinan daya tahan badan burung bakal menurun alasannya yakni cuaca yang ekstrem. Lalu gimana perawatan burung ketika isu terkini hujan Agar tetap sehat? Baca Maknakel lengkapnya di sini. 

Caranya Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit Caranya AMPUH MENCEGAH BURUNG KICAU TIDAK SAKIT

Penyakit burung pun juga bermacam-macam, ada yang sakit flu/pilek, alasannya yakni cacing, parasit, kelumpuhan, dan lain sebagainya. Tetapi anda tidak perlu khawatir dan pesimis dengan penyakit burung, alasannya yakni intinya anda sanggup mencegahnya. Ya, penyakit pada burung sanggup dicegah tentunya dengan perawatan yang benar dan tepat. Meliputi kebersihan sangkar, dukungan pakan yang berkualitas, dan juga dukungan multivitamin untuk menjaga kondisi burung kicauan anda. 

Dan pada kesempatan ini saya bakal menyebarkan isu dan tips mengenai trik ampuh mencegah burung kicau tidak sakit. Berikut ini beberapa langkah gampang dan sederhana untuk mencegah burung tidak sait :

1. Kebersihan sangkar/kandang burung
Hal pertama yang harus anda lakukan yakni menjaga kebersihan dan kesterilan sangkar/kandang dari penyakit, entah dari kotoran atau sisa-sisa masakan dan minuman burung. Caranyanya yakni dengan membersihkannya setiap hari (biasanya pagi hari) sebelum atau sehabis dimandikan. Langkah ini sangat penting alasannya yakni jikalau kita malas membersihkan sangkar dari kotoran/feces burung dan sisa-sisa makanannya, maka sanggup jadi bakal ada virus dan penyakit yang nantinya juga bakal menjangkit burung anda. Untuk itu luangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan kandang/sangkar burung.

2. Pemberian pakan dan minum
Hal kedua yang harus anda lakukan yakni menawarkan pakan dan minum yang berkualitas. Pakan yang berkualitas Maksud yakni pakan yang masih layak konsumsi, mengandung gizi yang cukup, dan tidak terkontaminasi oleh jamur. Pakan yang berkualitas tidak diukur dari seberapa banyak kita memberikannya, tetapi lebih kepada kualitas pakan yang benar-benar terjaga. Sedangkan untuk minumannya, pastikan anda menawarkan air minum yang sudah dimasak dan steril. Banyak perkara yang menyatakan bahwa air minum burung biasanya hanya dengan air kran/air sumur yang belum direbus. Padahal kita tahu bahwa air yang belum masak masih mengandung kuman yang berbahaya bagi kesehatan insan dan burung. Kecuali anda memberi air mineral kemasan yang sudah banyak diperjualbelikan. Untuk dukungan multivitamin, anda sanggup mencampurkannya pada air minum burung. Berapa kali dalam seminggu? Untuk perawatan harian anda sanggup menawarkan multivitamin 2x seminggu dan 3x seminggu jikalau kondisi burung mulai terlihat menurun. 

3. Kondisi lingkungan
Lingkungan sangat besar lengan berkuasa bagi siapa pun dan apa pun termasuk burung. Kondisi yang kondusif, aman, nyaman dan terjaga bakal membuat burung juga merasa aman dan tenang. Untuk itu pastikan kondisi lingkungan burung tetap terjaga dari gangguan-gangguan menyerupai tikus, kucing, anjing, atau burung liar. Selain itu kepadatan jumlah burung dalam sangkar juga bakal besar lengan berkuasa pada kondisi mental dan kesehatan burung. Pastikan anda tidak menaruh burung yang terlalu banyak di dalam satu kandang/sangkar. Burung sanggup saja stress kemudian sakit, dan jadinya mati. Untuk itu anda harus memahami kebutuhan dan selalu memberi kelayakan bagi burung kicauan anda. 

4. Pemeriksaan berkala
Nah, yang terakhir yakni tindakan bersiklus yang sebaiknya anda lakukan setiap bulan untuk memastikan kesehatan burung anda. Anda sanggup Menggunakan jasa dokter binatang berpengalaman untuk menilik kondisi kesehatan burung kicau anda. Misalnya setiap bulan sekali anda membawa burung ke dokter atau mengajak dokter ke kawasan anda untuk menilik kondisi burung dan menawarkan vaksin jikalau memang diperlukan. Dengan perawatan yang baik dan benar, maka risiko burung kesayangan anda sakit bakal lebih kecil. 

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan begitu sahabat kicaukan? Karena pengobatan burung ternyata lebih sulit dari binatang lainnya (mamalia) alasannya yakni memang kurangnya penelitian/riset mengenai penyakit burung dan pengobatannya. Untuk itu sayangilah burung kicau anda dengan menawarkan yang terbaik khususnya menyerupai poin-poin di atas. 

Demikian isu yang sanggup saya sampaikan tentang Caranya Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca Maknakel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam isu penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai Maknakel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga Maknakel menarik berikut ini : Pertolongan Pertama Untuk Burung Yang Sakit.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive