Home » » Manfaat Biopori Dan Cara Pembuatannya

Manfaat Biopori Dan Cara Pembuatannya

Biopori merupakan teknologi yang diperkenalkan dan mulai diterapkan oleh IPB semenjak tahun 2008, dimana Biopori pengertiannya ialah Lubang lubang kecil didalam tanah yang timbul jawaban kegiatan organisme tanah menyerupai Cacing dan Fauna hidup lainnya. Lubang kecil di tanah jawaban kegiatan cacing tadi merupakan ventilasi tanah semoga sanggup menyimpan udara atau air. Sehingga jikalau hujan tiba air akan meresap ke dalam tanah bukan mengalir diatas permukaan tanah.

Pemahaman akan adanya Biopori ini lalu diterjemahkan dengan menciptakan biopori manual yaitu dengan cara melubangi tanah sedalam lebih kurang 1 meter atau 80cm lalu masukkan pipa PVC kedalam lubang tersebut, sesudah itu di didalam lubang tadi masukkan sampah sampah organik menyerupai rumput atau sisa masakan yang sanggup diurai oleh organisme tanah.

Lubang lubang yang kita buat tadi selain difungsikan untuk membusukkan sampah organic semoga sanggup menjadi humus atau kompos sanggup berfungsi untuk resapan air kedalam tanah. Dengan adanya resapan air kedalam tanah maka diperlukan sanggup mengurangi air yang mengalir diatas permukaan tanah yang tak lain jikalau berlebihan disebut BANJIR.

Solusi gampang mengatasi banjir memanfaatkan Biopori, alasannya dengan biopori ini resapan air tanah akan diperbaiki sehingga perkotaan sanggup diminimalisir banjirnya.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive