Home » » Caranya Efektif Dan Antik atau Berbeda Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak

Caranya Efektif Dan Antik atau Berbeda Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak

Kicaukan - Jika anda memiliki burung kicau yang susah jinak atau giras, niscaya anda bakal berusaha dengan segala trik semoga burung cepat jinak. Tetapi gimana bila anda sudah mencoba banyak sekali trik untuk menjinakkan burung, namun belum juga berhasil? Tentu ada banyak faktor yang saling mempengaruhi. Bisa jadi alasannya faktor burung itu sendiri, atau sanggup juga alasannya metode yang anda gunakan tidak sempurna bagi burung kicau kesayangan anda. Nah pada kesempatan ini saya bakal membuatkan tips mengenai trik unik menjinakkan burung yang susah jinak. Caranya ini mungkin tidak terkenal dan jarang dipakai oleh kicau mania. Tetapi percayalah bahwa trik-trik ini cukup efektif untuk menjinakkan burung kicau yang giras.

 Jika anda memiliki burung kicau yang susah jinak atau giras Caranya EFEKTIF DAN UNIK MENJINAKKAN BURUNG YANG SUSAH JINAK


Keliru satu penyebab burung susah jinak yakni alasannya burung tersebut hasil tangkapan hutan/masih sangat liar. Tentu dengan kondisi burung yang masih liar, membutuhkan waktu yang lebih usang daripada biasanya. Yang penting kita dihentikan frustasi dan menyerah, alasannya selalu ada jalan keluar bagi yang mau berusaha. Betul ga sahabat kicaukan? Hehehe. Masih ada trik-trik lain untuk menjinakkan burung kicau liar yang sanggup anda coba. Tetapi semua kembali pada kemantapan hati anda, dan saya tidak memaksa. Simak Maknakel wacana trik unik menjinakkan burung yang sudah jinak berikut ini dengan saksama.


1. Full kerodong
Bagi sahabat kicaukan yang gres saja membeli burung dari pasar burung atau burung hasil tangkapan hutan, ada trik tersendiri. Caranyanya dengan menempatkan/menggantang burung di daerah yang hening dan jauh dari kemudian lalang manusia. Saat digantang tersebut pastikan full kerodong semoga burung merasa hening untuk mempercepat pembiasaan dengan lingkungan baru. Langkah kedua, jangan pribadi dimandikan hingga berair kuyup, alasannya bakal semakin membuat burung menjadi stress.

2. Menggunakan betina sebagai media
Caranya yang kedua ini terdengar cukup unik dan aneh. Tetapi tahukah anda bahwa burung kicau ibarat hwamei memiliki abjad yang giras dan susah dijinakkan. Nah, solusinya yakni dengan mendekatkan burung sejenis yang beda kelamin di bersahabat sangkar. Caranyanya, mandikan burung yang masih giras hingga berair kuyup. Setelah itu dekatkan burung betina/lawan jenis di dekatnya. Tapi ingat, gunakan burung betina yang sudah jinak. Cobalah memperlihatkan pakan jangkrik pada betina dengan tangan kita. Usahakan burung yang belum jinak tersebut melihatnya semoga ia merasa bahwa kita bukanlah bahaya baginya. Lakukan trik ini selama beberapa hari hingga ada kemajuan. Caranya ini cukup efektif menjinakkan burung liar/giras.

3. Terapi mandi di tangan
Caranya yang ketiga ini harus dilakukan oleh sahabat kicaukan yang sudah paham trik memegang burung yang benar. Bagi yang belum berpengalaman memegang burung kicau, harap meminta pemberian rekan kicau mania lainnya. Hehe. Ya alasannya bila Keliru memegang, sanggup jadi justru burung bakal sakit. Caranya terapi mandi di tangan yakni siapkan bejana berisi air, kemudian burung dipegang dengan hati-hati. Celupkan sebagian/separuh badan burung ke dalam air dengan kepala di atas air. Usap pelan-pelan kepala burung hingga bawah dengan perlahan dan penuh perasaan. Lakukan trik ini beberapa hari setrik rutin, maka jadinya lebih efektif daripada mandi dengan semprot. Untuk burung ibarat kacer, cucak hijau, mungkin bakal stress dan kaget. Tetapi bila sudah dilakukan beberapa kali, maka burung bakal merasa terbiasa. Tapi bagi burung berparuh bengkok ibarat parkit dan lovebird, trik ini sangat efektif bila diterapkan. Jangan lupa berikan makanan kesukaannya sehabis melaksanakan terapi mandi ini. Insyaallah burung bakal gampang jinak bahkan jinak total. 

4. Komunikasi
Burung punya indera pendengaran untuk mendengar. Maka tak ada salahnya bila kita mengajak burung kita yang belum jinak untuk berkomunikasi. Bisa dengan perintah, atau dengan memberinya nama panggilan. Misalnya kita memberi nama burung kita dengan nama jacky. Atau ketika kita hendak memberi pakan, kita ajak bitrik dengan perlahan. Komunikasi sanggup anda lakukan ketika memberi pakan, mandi, atau membersihkan sangkarnya. Jika sudah terbiasa maka si burung bakal jinak dan lebih bersahabat dengan kita baik setrik fisik maupun perasaan. Caranya ini terlihat aneh, namun banyak kicau mania di luar indonesia yang Menggunakan trik ini, dan jadinya pun sangat memuaskan. 

Sobat kicaukan, demikian warta yang sanggup saya sampaikan tentang Caranya Antik atau Berbeda Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca Maknakel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam warta penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, bila anda menilai Maknakel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga Maknakel menarik berikut ini : PENYEBAB BURUNG KACER HANYA NGRIWIK DAN BANYAK DIAM

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive