Home » , » Caranya Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar

Caranya Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar

Kicaukan - Caranya Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar - Sobat kicaukan niscaya sudah tidak ajaib lagi dengan atrik menjemur burung kicau kesayangan anda. Ya, alasannya yaitu menjemur burung yaitu suatu hal yang wahib anda lakukan dalam memelihara burung kicau. Dan tahukah anda ternyata menjemur burung punya manfaat yang banyak bagi si burung itu sendiri? Penjemuran burung kicau di bawah sinar matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan burung asalkan dengan trik dan teknik yang baik dan benar.

Memang ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari atrik penjemuran burung kicau. Seperti halnya manusia, burung juga membutuhkan sinar ultraviolet (UV) untuk menjaga kondisi tubuh burung Agar tetap sehat dan bugar. Sebelum kita beranjak lebih jauh wacana trik menjemur burung kicau yang baik dan benar, alangkah baiknya bila kita intip dulu apa saja manfaat menjemur burung kicau. Berikut ini manfaar menjemur burung kicau :

  • Dapat menghangatkan tubuh burung menjadi lebih stabil, terutama di ketika ekspresi dominan dingin/musim hujan.
  • Dapat mengurangi risiko burung terkena penyakit, alasannya yaitu sinar matahari bisa membunuh basil dan jamur yang mungkin saja terdapat dalam tubuh burung atau sangkarnya.
  • Dapat mengkonversi/mengubah pro vitamin D dalam tubuh burung menjadi vitamin D. Kita tahu bahwa vitamin D sangat baik bagi kesehatan tulang. 
  • Membantu mengurangi berat tubuh burung dengan syarat ada pembatasan konsumsi pakan/karbohidrat.
Itulah beberapa manfaat dari atrik berjemur/penjemuran pada burung yang mana sangat penting bagi kesehatan burung kicau kesayangan anda. Nah, kini kita bakal membahas wacana trik menjemur burung kicau yang baik dan benar. Tujuan dari Maknakel ini yaitu membuatkan gosip wacana teknik penjemuran yang benar, Agar tidak Keliru kaprah yang justur bakal membuat burung sakit/mati.

Caranya Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar Caranya MENJEMUR BURUNG KICAU YANG BAIK DAN BENAR

Langsung saja teman kicaukan, berikut ini beberapa trik menjemur burung kicau yang baik dan benar :

1. Teknik penjemuran
Saat menjemur burung kicau anda, sebaiknya anda tidak mengerodong sangkar, terlebih bagi anda yang tinggal di tempat yang bercuaca panas. Karena apa? Karena bila anda menjemur burung dengan mengerodong sangkarnya, maka burung bakal kepanasan dan bisa menjadikan terengah-engah dan bahkan mati akhir kurangnya oksigen dan udara yang pengap.

2. Waktu penjemuran
Untuk waktu penjemuran burung kicau, sebaiknya anda menentukan waktu di pagi hari sebelum fajar menjemput. Mengapa? Karena di pagi hari udara masih segar dan belum terlalu banyak tercemar bubuk dan polusi. Pada ketika sebelum fajar datang, ada banyak embun yang baik bagi kesehatan burung, yaitu untuk kesejukan burung. Namun bagi anda yang masih repot di waktu tersebut, bisa ditolerir asalkan tidak lebih dari jam 9-10 pagi alasannya yaitu ketika itu sinar matahari/UV sudah cukup terik sehingga tidak begitu anggun untuk menjemur burung kicau. Sinar matahari yang terlalu panas justru bakal merusak bulu burung dan tentunya mengurangi penampilannya. Tetapi bila anda punya tujuan tertentu, contohnya persiapan lomba, untuk menguruskan burung, maka waktu jemur di atas jam 9 pagi tidaklah mengapa.

Caranya Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar Caranya MENJEMUR BURUNG KICAU YANG BAIK DAN BENAR

3. Penjemuran sebelum dan setelah dimandikan
Ini yang sering membuat kita bingung, Kapan waktu menjemur burung? Apakah sebelum dimandikan atau setelah dimandikan? Jawabannya yaitu semua boleh dilakukan, dengan catatan sebagai berikut :

  • Jika anda memandikan burung setelah jam 8 pagi, maka pastikan anda sudah mengangin-anginkan burung kicau anda sebelumnya. Bisa di teras atau di halaman rumah anda yang teduh. Karena pada ketika burung diangin-anginkan di pagi hari, maka kecenderungan burung yaitu menata bulu-bulu yang berantakan/kusut. Kaprikornus ketika dimandikan bulu burung sudah tertata rapih, sehingga tidak merusak bulu burung (contohnya keriting).
  • Jangan eksklusif memandikan burung ketika cuaca sudah panas (di atas pukul 9 pagi) dan eksklusif menjemurnya. Karena bila anda eksklusif memandikan burung tanpa diangin-anginkan terlebih dahulu, maka setelah mandi bulu burung bakal cepat kering padahal belum sempat dirapikan oleh burung itu sendiri. Inilah yang menjadikan bulu rusak/keriting. 
  • Jika burung sudah dikeluarkan semenjak subuh (sebelum fajar) maka anda bisa eksklusif memandikannya  pada jam 6 atau 7 pagi dan eksklusif menjemurnya. Karena pada jam tersebut sinar matahari belum terlalu panas sehingga bulu tidak gampang kering, dan burung sudah sempat mengatur bulu-bulunya.
  • Jika anda sibuk dan gres sempat memandikan burung setelah dijemur, maka sebelum dimandikan dengan karamba atau semprot pastikan burung tersebut diangin-anginkan dulu Agar suhu tubuhnya kembali stabil. Kaprikornus kesimpulannya yaitu penjemuran di pagi hari boleh dilakukan sebelum maupun setelah buung dimandikan.
  • Saat sore hari sebaiknya memandikan burung setelah jam 4 sore, kemudian diangin-anginkan, gres kemudian dijemur di bawah sinar matahari senja yang tidak terlalu panas. 
Nah, itulah beberapa gosip yang sanggup saya sampaikan wacana trik menjemur burung kicau yang baik dan benar. Jika anda masih belum terperinci wacana Maknakel ini, silakan bertanya dengan komen di kotak yang telah saya sediakan. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca Maknakel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam gosip penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!


Sobat kicaukan, bila anda menilai Maknakel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive