Home » , , » Kapan Dan Berapa Usang Burung Kacer Mabung

Kapan Dan Berapa Usang Burung Kacer Mabung

Kicaukan - Burung kacer/poci yang memiliki nama ilmiah magpie robin yaitu burung yang termasuk dalam burung paling populer. Penggemar dan pecinta kacer sangat banyak, dari ujung barat hingga ujung timur indonesia. Burung kacer memiliki huruf dan keindahan yang khas. Burung mabung atau molting yaitu proses alami/natural yang dialami oleh setiap burung kicau. Tahukah anda mabung untuk burung kacer? Kapan dan berapa usang burung kacer mabung?

Bagi para kacer mania yang sudah usang memelihara burung bersuara keras ini, mungkin sudah tahu dan hafal kapan dan berapa usang burung kacer mabung. Tetapi Maknakel ini lebih kepada gosip yang mungkin saja bermanfaat bagi para kicau mania yang masih baru/pemula, yang belum tahu setrik terang perihal masa mabung burung kacer. Maka dari itu maka pada kesempatan ini bakal saya sampaikan lebih detil perihal masa mabung burung kacer.

poci yang memiliki nama ilmiah magpie robin yaitu burung yang termasuk dalam burung pali KAPAN DAN BERAPA LAMA BURUNG KACER MABUNG


Kapan Dan Berapa Lama Burung Kacer Mabung


Oke pribadi saja sahabat kicaukan, berikut ini yaitu proses masa mabung burung kacer menurut usianya. Simak poin-poin berikut ini dengan saksama :
  • Pada ketika kacer masih piyik, maka gotong royong kacer anakan tersebut sudah mengalami proses pergantian bulu. Yaitu pergantian bulu piyik menuju ke bulu trotolan. Pergantian kulit pertama ini biasanya bakal berlangsung selama 3 bulan pertama (sejak menetas). Tetapi proses pergantian bulu dari piyik ke trotolan bukan merupakan masa mabung, alasannya mabung yaitu pergantian kulit ketika kacer sudah dewasa.
  • Pada usia 6 bulan, kacer anakan/trotolan bakal mengalami pergantian bulu lagi. Dan ini disebut sebagai mabung. Yaitu pergantian bulu trotolan ke bulu dewasa. Proses pergantain bulu (mabung) ini bakal menghasilkan bulu-bulu kacer dewasa, yang berfungsi sebagai media untuk terbang. 
  • Setelah mabung pertama, kacer tidak bakal mengalami mabung lagi selama kurang lebih 6-8 bulan kemudian. Pada ketika "libur" mabung ini biasanya kacer bakal dilombakan. 
  • Kacer bakal kembali mabung pada umur 12-15 bulan tergantung perawatannya. Pada mabung kedua ini kacer bakal mengganti bulu-bulu yang kering dan rusak dengan bulu-bulu baru.
  • Setelah mabung kedua, kacer sanggup dikatakan sudah mapan dan sudah siap tarung. Setelah mabung kedua, kacer sudah memiliki mental yang bagus, kicauan yang indah, dan stamina yang oke. Tetapi semua bergantung perawatan yang anda berikan.
  • Nah, Setelah mabung kedua kacer bakal mabung kembali sekitar 2-3 tahun kemudian. 

Kaprikornus setrik matematis, burung kacer mengalami mabung sebanyak 3 kali, dari  trotolan hingga dewasa. Sudah terang bukan klarifikasi saya perihal kapan dan berapa lami burung kacer mabung? Saat kacer mabung, anda harus mempersiapkan kebutuhan nutrisi yang lengkap dan cukup, alasannya ketika mabung, stamina dan nutrisi sangat terkuras untuk proses bergantinya bulu.

Demikian gosip yang sanggup saya sampaikan tentang Kapan dan berapa usang burung kacer mabung? Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca Maknakel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam gosip penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, Agar sukses.!!!

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai Maknakel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga Maknakel menarik berikut ini : PERAWATAN BURUNG KACER ANAKAN SAMPAI MABUNG YANG BENAR.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive