Home » , , » Perawatan Anis Merah Ketika Mabung/Molting Yang Benar

Perawatan Anis Merah Ketika Mabung/Molting Yang Benar

Kicaukan - Mabung, ngurak, (molting) yakni rontok, berganti bulu, atau meranggas, yaitu bergantinya bulu yang usang ke bulu yang gres yang terjadi setrik periodik. Pada dikala mabung anda harus lebih memperhatikan anis merah anda dan harus mencukupi segala kebutuhan nutrisinya. Karena ketika anis merah sedang mabung maka 25% protein dalam tubuhnya bakal terserap. Ini berMakna anda harus mengganti kebutuhan protein yang terserap tersebut dengan trik mencukupi segala kebutuhan nutrisi bagi AM anda. Pada kesempatan ini saya bakal membuatkan tips mengenai perawatan anis merah dikala mabung/molting yang benar.

 yaitu bergantinya bulu yang usang ke bulu yang gres yang terjadi setrik periodik PERAWATAN ANIS MERAH SAAT MABUNG/MOLTING YANG BENAR


Pada dasarnya mabung atau molting yakni siklus alami yang niscaya dialami oleh semua jenis burung yang telah dewasa. Yang harus anda lakukan yakni merawat dengan lebih intens pada dikala mabung tersebut, yang mencakup pertolongan pakan, pertolongan multivitamin, dan juga kebersihan sangkarnya. Nah untuk mempermudah anda dalam merawat anis merah yang sedang mabung maka pada kesempatan ini saya bakal berbagi tips mengenai perawatan anis merah saat mabung/molting yang benar semoga berhasil. Perawatannya sama dengan perawatan anis kembang dikala mabung.


1. Cek kondisi anis merah
Hal yang pertama yakni mengecek kondisi anis merah anda terlebih dahulu. Yang pertama yang sanggup anda cek adalah apakah anis merah anda terserang virus penyakit atau tidak, contohnya virus polyoma dan circovirus. Virus tersebut bakal menghambat proses tumbuhnya bulu gres ketika anis merah sedang mabung. Anda bisa meminta tolong kepada dokter binatang di sekitar lingkungan anda. Yang kedua yakni membasmi atau menyingkirkan benalu pengganggu menyerupai cacing, kutu, dan mikroba.

2. Pemberian pakan
Yang utama dikala merawata anis merah mabung yakni pertolongan pakan. Pakan Maksud di sini adalah pakan yang berkualitas. Berkualitas di sini Maknanya bukan hanya banyak, tetapi pakan yang mengandung nutrisi yang sangat diharapkan anis merah saat mabung. Pakan yang baik untuk anis merah yang sedang mabung yakni yang mengandung mineral dan protein. Untuk porsinya sanggup ditambah dari hari biasa alasannya yakni kebutuhan nutrisinya juga bertambah. 

3. Extra Fooding (EF) dan multivitamin
Selain masakan pokok, anda juga sebaiknya memperlihatkan multivitamin dan extra food yang tepat. EF yang cocok untuk anis merah yang sedang mabung yakni jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 4 ekor di pagi hari dan 4 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan kroto anda sanggup memberikannya 1 sendok saja setiap pagi.  Multivitamin juga sangat penting dan sanggup anda campurkan dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang sempurna untuk anis merah yang sedang mabung/molting yakni pepaya, alasannya yakni pepaya banyak mengandung vitamin C yang sanggup memperkuat ketahanan badan anis merah dan melancarkan proses metabolismenya. 

4. Pemandian dan penjemuran
Untuk anis merah yang sedang mabung, anda sebaiknya memandikannya cukup sekali saja dalam seminggu. Jangan terlalu sering memandikan anis merah yang mabung alasannya yakni sanggup menghambat pertumbuhan bulu baru. Utuk penjemurannya, durasi maksimal yang saya sarankan yakni 20 menit saja setiap hari. Bahkan jikalau memungkinkan, anda tidak perlu membersihkan kotorannya selama tidak berjamur. Tetapi jikalau berjamur segera bersihkan semoga tidak mendatangkan penyakit.

5. Penempatan gantangan
Pada dikala mabung anis merah sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sebaiknya jauh dari hiruk pikuk/keramaian alasannya yakni sanggup mengganggu konsentrasi anis merah. Jauhkan dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu (tikus,kucing, anjing). Untuk pengerodongan, anis merah yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada dikala dijemur dan dimandikan. 

6. Pemasteran/mastering
Saat anis merah sedang mabung, anda sanggup melaksanakan mastering/pemasteran setiap hari semoga alhasil maksimal. Karena pada dikala masa mabung, anis merah lebih banyak membisu dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melaksanakan mastering suara. Mastering sanggup anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung seorang andal mastering yang sesuai dengan jenis bunyi anis merah anda. 

Sobat kicaukan, demikian warta yang sanggup saya sampaikan wacana Perawatan Anis Merah Saat Mabung/Molting Yang Benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca Maknakel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam warta penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai Maknakel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga Maknakel menarik berikut ini : POLA PERAWATAN ANIS MERAH SEBELUM LOMBA DAN SETELAH LOMBA

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive