Home » , , » Caranya Paling Efektif Menjodohkan Burung Jalak Suren

Caranya Paling Efektif Menjodohkan Burung Jalak Suren

Kicaukan - Caranya Paling Efektif Menjodohkan Burung Jalak Suren - Sobat kicaukan, burung jalak suren merupakan Keliru satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para pecinta burung kicau. Jalak suren memiliki ciri khas yang indah sehingga tak heran burung ini semakin populer. Namun ada satu problem klasik yang membuat banyak kicau mania mengalah untuk menangkar burung berwarna hitam putih ini. Kebanyakan dari para JS mania mengalami kesulitan untuk menangkar JS, terutama dalam hal menjodohkan JS. Maka dari itu pada kesempatan ini saya bakal membahas perihal trik menjodohkan burung jalak suren. Simak Maknakel berikut dengan saksama.

Jalak suren atau JS memang memiliki abjad petarung yang memang lebih sulit "dijinakkan" daripada burung kicau lain ibarat kenari, lovebird, kacer, murai batu, atau burung lain. Tetapi alangkah baiknya bila sebelum kita membahas lebih lanjut perihal trik menjodohkan burung jalak suren, berikut ada beberapa Maknakel perihal jalak suren yang mungkin menarik buat anda :

Setelah anda membaca Maknakel perihal jalak suren di atas, mari kita kembali ke topik awal yaitu perihal trik menjodohkan burung jalak suren.

Caranya Paling Efektif Menjodohkan Burung Jalak Suren Caranya PALING EFEKTIF MENJODOHKAN BURUNG JALAK SUREN

Pada dasarnya cukup gampang untuk menjodohkan JS, hanya membutuhkan kesabaran dan sedikit teknik yang tepat. Berikut ini langkah-langkah mudah untuk trik menjodohkan burung jalak suren :
  1. Jodohkan jalak suren semenjak masih anakan.
  2. Masukkan beberapa ekor jalak suren anakan ke dalam satu sangkar. Saran saya yaitu masukkan 4 ekor anakan JS atau lebih untuk dimasukkan ke dalam sangkar. Ini sebagai langkah antisipasi, sebab bila kita membeli anakan JS 2 ekor saja, belum tentu berkelamin jantan dan betina. Tetapi jangan dipaksakan, sesuaikan dengan budget dan kemampuan masing-masing saja. Yang terperinci trik penjodohan ibarat ini lebih efektif, khususnya bagi breeder pemula. Untuk mengtahui ciri-ciri jalak suren jantan dan betina silakan baca di sini.
  3. Tunggu hingga cukup umur dan jalak suren bakal terlihat apakah sudah berjodoh atau belum. Karena setrik alami JS bakal memilih mana pasangan/jodohnya sendiri.
  4. Setelah dewasa, JS yang sudah berjodoh bakal terliaht selalu berdekatan dan sangat mesra. Anda sanggup menguji apakah JS sudah berjodoh atau belum dengan trik memisahkan JS jantan dan betina ke sangkar yang berbeda namun sangkarnyaditempelkan/didekatkan.
  5. JS jantan dan betina yang telah berjodoh sanggup anda amati. Si jantan bakal selalu ngerol dan bersuara, sedangkan si betina bakal ikut bersuara sambil menarik kepalanya ke belakang dengan ekor yang sedikit diangkat.
  6. Begitu juga sebaliknya, bila si betina mengeluarkan bunyi maka si jantan bakal meresponnya dengan bersuara pula. 
  7. Biasanya proses ini sanggup berlangsung selama 5-7 hari.
  8. Jika sudah niscaya berjodoh, maka masukkan keduanya ke sangkar penangkaran.
  9. Jalak suren jantan dan betina sama-sama bisa mengeluarkan bunyi ngerol. Burung jantan biasanya tancep. Adapun burung betina ngeper-ngeper, yaitu kepalanya ditarik ke belakang, ekornya diangkat sedikit.
  10. Persiapkan sangkar penangkaran dengan dilengkapi unjal. Sebagian unjal ditaruh di sangkar, dan sebagian lagi ditaruh di dasar kandang. Baca trik beternak burung jalak suren semoga berhasil di sini.
  11. Sedangkan JS yang tidak berjodoh sanggup dilihat dari perilakunnya. Jika JS jantan bersuara, si betina hanya membisu saja dan tidak merespon. Begitu juga sebaliknya. Dan ketika dimasukkan ke dalam satu sangkar maka bakal berkelahi. Jika tidak jodoh, maka gantilah Keliru satu JS dengan JS lain.

Nah, demikian beberapa tips perihal trik menjodohkan burung jalak suren. Saat mencoba menjodohkan dan menangkar JS, kuncinya yaitu kesabaran dan keuletan serta perjuangan maksimal semoga berhasil. Jangan gampang mengalah untuk selalu mencoba, sebab selalu ada jalan bagi siapa saja yang bersungguh. Man jadda wajada. 

Demikian warta yang sanggup saya sampaikan tentang Caranya Paling Efektif Menjodohkan Burung Jalak Suren. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca Maknakel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam warta penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, bila anda menilai Maknakel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga Maknakel menarik berikut ini : CIRI-CIRI BAKALAN PRENJAK KEPALA MERAH BERKUALITAS BAGUS.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive