Home » , » Antara Cucak Jenggot,Kapas Tembak Dan Brinji Kelabu

Antara Cucak Jenggot,Kapas Tembak Dan Brinji Kelabu

Antara burung cucak jenggot,kapas tembak dan brinji kelabu. Ketiga jenis burung tersebut masih satu kerabat dalam burung Cucak-Cucakan atau merbah yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Pycnonotidae.Artikel ini aku tulis alasannya adanya pengalaman ke keliruan yang dialami oleh adik aku sendiri. Kemarin aku suruh beli kapas tembak tapi yang di sanggup malah brinji kelabu. Dasarnya memang ia masih jauh pengalaman dibanding aku :D

Awal ia beli burung itu,kemudian ia dengarkan bunyi kicaunya (kebetulan ketika ini aku sedang tidak serumah dengan adik saya). Setelah ia dengarkan,lalu ia pun protes kepada aku yang kata-katanya kurang lebih menyerupai ini "kok suaranya menyerupai kutilang". Saat itu aku agak tercengang mendengarkan laporannya,dalam hati aku bertanya "kok aneh". Ya alasannya selama ini aku belum pernah dengar bunyi burung kapas tembak yang menyerupai bunyi burung kutilang dan tidak mengeluarkan bunyi tembakan khasnya.

Karena aku penasaran,kemudian aku suruh ia untuk ngirim video melalui Whatsapp. Dari video yang ia kirim,posisi pengambilan videonya salah,dalam artian pengambilan videonya melawan cahaya,jadi yang terlihat hanya kandang dan burung yang gelap.

Saya dengarkan betul-betul suaranya,karena memang gambar burung yang ia rekam tidak jelas. Saya perhatikan nada-nada atau kicauan burung yang ia beli tersebut yang katanya kapas tembak. Dari bunyi yang aku dengarkan tersebut, aku mulai curiga dan yakin itu bukan kapas tembak. Kemudian aku suruh ia untuk memotret burung yang ia beli tadi dengan jelas. Setelah aku lihat, ternyata memang betul,itu bukan kapas tembak, melainkan brinji kelabu.

Ya sudahlah,sudah terlanjur dibeli mau apa lagi. Mungkin yang jual juga tidak ngerti burung atau hanya niru penjual sebelumnya. Oh iya,di Magelang,burung brinji kelabu ini ada yang menyebutnya dengan kapas tembak sumatera. Karena tampilannya yang menyerupai cucak jenggot tapi warnanya kelabu. Menurut aku itu sebuah penyebutan yang kurang sempurna dan hanya membingungkan penghobi burung khususnya pemula.

Suara burung brinji itu terang beda dengan kapas tembak. Jika bunyi burung kapas tembak itu identik dengan suaranya yang mbeset-mbeset,hampir sama dengan cucak jenggot tapi lebih kasar. Sementara bunyi burung brinji orisinil di alam itu menyerupai dengan bunyi burung Trucukan dan Kutilang. Untuk lebih jelasnya silahkan dengarkan audionya DI SINI.

Perbedaan antara cucak jenggot,kapas tembak dan brinji kelabu itu sangat jelas,meskipun ketiganya mempunyai jenggot dan jambul. Untuk pemula mungkin masih galau bila tidak ada perbandingan yang ia lihat. Coba perhatikan gambar dibawah ini,
 Ketiga jenis burung tersebut masih satu kerabat dalam burung Cucak Antara cucak jenggot,kapas tembak dan brinji kelabu

Perbedaannya sebagai berikut.
Cucak Jenggot :
  • Bulu bawah paruh (jenggot)nya terlihat jelas 
  • Warna bulu di dominasi warna coklat agak bau tanah dan berwarna putih 
  • Warna bulu pada dadanya cenderung coklat muda dan putih agak kekuning-kuningan. Namun semakin bau tanah umur burung, warna kuningnya akan memudar. 
  • Mental burung ketika dilapangan bagus 
  • Variasi lagu tergantung pemasteran
Kapas Tembak :
  • Warna bulu di dominasi warna coklat agak tua 
  • Bulu dibawah paruh (jenggot) kurang menonjol 
  • Bulu pada dadanya berwarna coklat sembur putih keabu- abuan atau putih kotor. 
  • Mental anggun dan gampang beradaptasi 
  • Jantan ataupun betina sanggup dilombakan 
  • Suara lebih bergairah dari cucak jenggot
Brinji kelabu:
  • Warna bulu badan bab atas lebih banyak didominasi kelabu
  • Bulu jambul atas datar,tidak menyerupai cucak jenggot,apalagi kapas tembak.
  • Suaranya identik dengan bunyi burung cucak ukuran kecil.
  • Burung ini sanggup dimaster menyerupai kutilang.
Semoga Anda tidak salah pilih yang mau beli burung untuk masteran. Perhatikan saja gambar burung diatas sebagai pembanding. Memang ada juga jenis burung kapas tembak yang mempunyai warna bulu kelabu menyerupai brinji kelabu. Tapi secara fisik bila dilihat di bab kepalanya tetap menyerupai dengan kapas tembak,bukan yang lain.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive