Home » » Suara Burung Puter/Derkuku Jawa

Suara Burung Puter/Derkuku Jawa

Burung puter atau manuk puter (bahasa jawa) yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Streptopelia bitorquata ini merupakan homogen burung merpati atau spesies burung dalam keluarga Columbidae. Berukuran panjang badannya sekitar 29 cm. Warna bulunya cokelat muda keabu-abuan. Pada tengkuknya melingkar dua buah kalung berwarna putih di atas dan hitam di bawah.

 yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai  Suara burung puter/derkuku jawa

Ada juga burung puter yang warna bulunya putih mulus dengan mata dan kaki berwarna merah. Burung puter menyerupai ini biasa disebut puter brenggolo. Kemudian ada juga burung puter jenis pelung yang suaranya unik dan aneh.

Burung ini banyak dipelihara di rumah- rumah penduduk semenjak dahulu. Sifatnya sangat gampang jinak dan erat dengan insan serta sangat gampang dikembangbiakkan.

Makanannya berupa biji-bijian, menyerupai gabah, jagung, jewajut, dan sebagainya. Spesies ini memiliki distribusi yang terputus-putus, terjadi di Filipina dan Kepulauan Indonesia dari Jawa sampai Timor Leste, tapi tidak ada di Kalimantan atau Sulawesi. Ini juga telah ber introduksi sampai Guam dan Kepulauan Mariana Utara, kendati populasi di Guam telah berkurang dengan terjadinya introduksi ular coklat pohon.

Habitat alam dederuk jawa yaitu hutan dataran rendah subtropis atau hutan dataran rendah tropis yang lembab dan hutan bakau subtropis atau hutan bakau tropis.

Suaranya berbeda dengan burung derkuku, perkutut maupun merpati. Jika diubah menjadi tulisan, bunyi burung puter kira-kira terbaca kuu… geruuu… kook yang dinyanyikannya secara berulang-ulang sambil menggembungkan lehernya dengan gaya naik turun.

Bagi yang membutuhkan bunyi burung puter ini,silahkan Anda dapat download di link download berikut ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive