Home » , » Suara Burung Sepah Hutan/Orange Minivet

Suara Burung Sepah Hutan/Orange Minivet

Burung Sepah hutan atau Orange Minivet (Pericrocotus flammeus ) yakni spesies burung dari keluarga Campephagidae, dari genus Pericrocotus. Burung ini merupakan sub spesies dari burung sepah hutan himalaya atau Scarlet Minivet. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat, jangkrik, kecoa, dan juga serangga lainnya.
 yakni spesies burung dari keluarga Campephagidae Suara burung sepah hutan/orange minivet

Habitatnya sanggup dijumpai di hutan primer, dataran rendah, perbukitan. Tersebar hingga ketinggian 1.500 m dpl. Ciri-ciri Sepah hutan mempunyai badan berukuran besar (19 cm). Burung  Jantan: Warna hitam-biru. Dada dan perut merah. Tungging, sisi luar bulu ekor merah. Dua bercak merah pada sayap. Betina: Warna punggung lebih abu-abu. Warna merah digantikan kuning, melebar hingga tenggorokan, dagu, epilog telinga, dan dahi. Iris coklat, paruh hitam, kaki hitam.

Hidup berpasangan atau dalam kelompok. Berlompatan di antara puncak pohon berdaun halus. Sarang berbentuk cawan, dihiasi lumut dilekatkan dengan sarang laba-laba, pada cabang pohon tinggi. Telur berwarna biru, berbintik kemerahan, jumlah 2 butir. Berbiak pada bulan Mei-Juni.

Penyebarannya mencakup India, Cina selatan, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Filipina, Sunda Besar. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Lombok.
Suaranya keras melengking, sama menyerupai burung sepah yang lainnya. Silahkan download dan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive