Home » » Download Bunyi Burung Cici Merah

Download Bunyi Burung Cici Merah

Cici merah ialah nama homogen burung pengicau yang bertubuh kecil mungil. Sisi atas badan kecoklatan bergaris-garis atau bercoret kehitaman, sisi bawah badan kuning tua,hampir sama dengan Burung Cici Padi. Pada ekspresi dominan berbiak, burung jantan mempunyai bulu-bulu kuning emas terperinci pada mahkota, tenggorokan dan dadanya. Karenanya, dalam bahasa Inggris dinamai sebagai Golden-headed Cisticola, Bright-headed Cisticola, atau Bright-capped Cisticola.
 ialah nama homogen burung pengicau yang bertubuh kecil mungil Download bunyi burung cici merah

Burung ini berukuran kecil, panjang badan dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 11 cm. Mahkota pada burung jantan yang tidak berbiak dan burung betina bergaris hitam banyak. Ekor coklat gelap dengan ujung kuning tua. Iris mata berwarna coklat, paruh hitam di sebelah atas dan jambon di sebelah bawah, kaki coklat muda.

Burung cici merah merupakan salah satu jenis burung dengan wilayah persebaran yang sangat merata di Indonesia. Burung ini termasuk dalam keluarga Cisticolidae yang dikenal sebagai burung penjahit, alasannya ialah terpelajar menjahit sarang, dengan mencuri jaring laba-laba dan menggunakannya sebagai benang.

Burung mungil berpenampilan elok ini banyak ditemukan di area persawahan, padang rumput, dan semak belukar. Mereka sering mengais rerumputan untuk mencari serangga sebagai makanannya.

Burung ini menyebar mulai dari India, Tiongkok, Filipina, Asia Tenggara (kecuali Semenanjung Malaya ), Kepulauan Nusantara hingga ke Kepulauan Bismarck, Australia dan Tasmania.

Di Indonesia, burung ini mempunyai wilayah persebaran mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggata, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Jadi, persebarannya sangat merata. Di Jawa dan Bali umum hingga ketinggian 1.500 m dpl. Di Papua, di dataran rendah dan lembah-lembah pegunungan hingga 1.400 m dpl.

Suara kicaunya sangat khas dan gampang dikenali dikala berkicau di alam bebas. Silahkan download audionya dibawah ini:
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive