Home » , » Suara Burung Brinji Kelabu

Suara Burung Brinji Kelabu

Download mp3 bunyi burung brinji kelabu. Brinji kelabu (Hemixos flavala) adalah spesies burung kicau dari keluarga Cucak-cucakan atau Pycnonotidae. Burung ini mempunyai bulu dibagian tenggorokan dan bab atas kepalanya yang sanggup ditegakkan,sehingga terlihat menyerupai berjambul dan mempunyai jenggot menyerupai dengan cucak jenggot maupun kapas tembak.
adalah spesies burung kicau dari keluarga Cucak Suara burung brinji kelabu

Brinji kelabu remaja mempunyai ukuran badan yaitu sekitar 20 cm. Burung ini mempunyai jambul pendek, mahkota coklat- gelap. Tubuh bab atas coklat dengan tenggorokan putih. Iris cokalt-kemerahan dengan warna paruh hitam; kaki hitam. Untuk burung dengan Ras Kalimantan, sayap dan epilog ekor bab bawah berwarna hijau-kekuningan Ras Sumatera tidak mempunyai warna hijau pada bulunya dan tunggingnya putih.

Burung ini hidup dalam kelompok kecil di lapisan tengah dan bawah pada hutan terbuka dan semak di kaki gunung pada rentang ketinggian antara 500-1000 mdpl di Sumatera dan hingga ketinggian 2400 mdpl di Kalimantan.

Wilayah penyebaran brinji kelabu meliputi kawasan Himalaya, Cina barat daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan.

Terdapat 5 sub-spesies dengan kawasan persebaran:
  • flavala Blyth, 1845 Himalaya timur dari India utara ke tenggara Tibet, barat-laut Myanmar dan China selatan (Yunnan barat), serta timur-laut Bangladesh (Sylhet).
  • bourdellei Delacour, 1926 China selatan (Selatan Yunnan), Myanmar timur, Thailand timur-laut serta Laos bab tengah dan utara.
  • remotus (Deignan, 1957) Laos selatan, Vietnam selatan (Selatan Annam) dan Kamboja tenggara.
  • hildebrandi Hume, 1874 Myanmar selatan dan Thailand barat.
  • davisoni Hume, 1877 Myanmar selatan (utara Tenasserim) dan barat-laut Thailand.
Suara Kicau aslinya keras dan serak,terdengar menyerupai nada “ trrrk ”, lalu berselingan menyerupai tiupan rendah “ li-diit, di-diit ” dan “ to to to” serak rendah. Kadang juga terdengar menyerupai bunyi burung Kutilang dan Trocok/cucak crucuk. Untuk lebih jelasnya sanggup eksklusif Anda dengarkan dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive