Home » , » Kicau Burung Sikatan Emas

Kicau Burung Sikatan Emas

Download mp3 bunyi burung sikatan emas- Burung Sikatan emas atau yellow rumped flycatcher (Ficedula zanthopygia) yakni spesies burung dari keluarga Muscicapidae yang merupakan salah satu spesies dalam genus Ficedula. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga dan mempunyai habitat di semak, pepohonan dan tersebar hingga ketinggian 900 m dpl.

 yakni spesies burung dari keluarga Muscicapidae yang merupakan salah satu spesies dalam  Kicau burung sikatan emas

Burung sikatan emas ini berukuran 13 cm, berwarna kuning, putih, dan hitam (jantan) atau coklat (betina). Burung Jantan pada bab tunggir, tenggorokan, dada, dan perut atas kuning; perut bawah dan epilog ekor bawah putih. Bagian lain hitam, kecuali alis dan garis-sayap yang putih.

Betina: badan bab atas coklat-buram, badan bab bawah berwarna lebih pucat, tunggir kuning-buram. Perbedaannya dengan jantan dan betina: alis putih, punggung jantan lebih hitam, dan tunggir betina kuning. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

Suara Khas “ pirip, pirip, ” yang merdu, diseling “ tiit “. Kadang-kadang juga terdengar kicauan yang pendek.

Burung ini termasuk salah satu jenis burung migran di Negara kita. Berbiak di Transbaikalia bab timur dan Mongolia bab timur ke timur hingga Rusia bab tenggara (Amurland selatan, Ussuriland selatan), ke selatan hingga Cina bab tengah dan timur, dan Korea, dan secara sporadis hingga Jepang bab barat; dikala animo hambar bermigrasi ke selatan hingga Cina selatan, Asia tenggara, dan Sunda Besar. (ref.kutilang.co.id)

Suara burung mungil yang satu ini juga tidak mengecewakan bagus. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive