Home » , » Kicau Burung Cempala Kuning

Kicau Burung Cempala Kuning

Burung Cempala Kuning atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Rufous-tailed shama (Trichixos pyrropygus) ialah jenis burung pengicau yang sanggup dijumpai dibeberapa kawasan di Indonesia. Di Aceh, burung ini telah menjadi burung pujian semenjak masa Sultan Iskandar Muda (1607 -1636) dan banyak disebut dalam hikayat Aceh. Oleh akibatnya tidak mengherankan kalau lalu burung yang disebut juga sebagai Kucica Ekor-kuning ini lalu ditetapkan sebagai fauna identitas provinsi Nangroe Aceh Darussalam.
 ialah jenis burung pengicau yang sanggup dijumpai dibeberapa kawasan di Indonesia Kicau burung Cempala kuning\
http://orientalbirdimages.org/

Burung ini sudah ditetapkan sebagai maskot fauna identitas Provinsi Aceh. Perburuan burung cempala kuneng juga telah dihentikan Pemerintah Provinsi Aceh semenjak beberapa tahun silam.
Sebenarnya burung ini bukan saja hanya sanggup dijumpai di Aceh. Secara global menurut literaturnya, burung ini juga dijumpai di Semenanjung Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Di Indonesia sendiri selain di Aceh,  cempala kuneng/ Kucica Ekor-kuning (Trichixos pyrropygus) juga tersebar hampir di seluruh pulau Sumatera dan Kalimantan.

Burung jenis ini banyak disukai sebab bunyi kicauannya yang menarik, terdiri atas siulan merdu, nada tunggal dan nada ganda, meningkat dan menurun bergantian secara tidak tetap. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini,tapi mohon maaf kalau audionya tidak jernih:
Habitat burung Cempala Kuneng mencakup hutan dataran rendah, kawasan rawa gambut, hutan berdaun lebar dengan ketinggian di bawah 1.200 meter dpl.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive