Home » , » Kicau Unik Burung Prenjak Gunung

Kicau Unik Burung Prenjak Gunung

Burung prenjak gunung atau Mountain Tailorbird (Phyllergates cuculatus) merupakan jenis burung penenun Tailorbird yang dikenal dengan Burung Prenjak. Banyak orang yang menyebutkan antara burung prenjak dengan Ciblek itu sama. Di blog ini aku mempunyai kriteria tersendiri dengan penyebutan burung,khususnya antara burung prenjak dengan burung ciblek.

merupakan jenis burung penenun Tailorbird yang dikenal dengan Burung Prenjak Kicau unik burung prenjak gunung Prenjak yaitu nama burung yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Tailorbird,atau dalam bahasa nasionalnya disebut Cinenan. Sedangkan dukungan nama burung Ciblek yaitu semua jenis burung yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Prinia.

Terlepas dari pendapat masing-masing. Berikut ini kami menyuguhkan file mp3 bunyi burung prenjak gunung yang unik. Memang cukup unik,karena bunyi burung prenjak yang satu ini tidak ibarat bunyi burung prenjak jenis kepala merah maupun prenjak lumut yang lebih banyak didominasi mempunyai bunyi yang tajam berupa bunyi tembakan-tembakan.

Burung ini mempunyai warna yang elok dengan warna belahan atas tubuhnya kuning kehijauan,warna kuning kemerahan dibagian mahkota kepalanya, putih di alis,warna putih di belahan tenggorokan lalu disambung dengan warna abu-abu hingga tunggir yang membentuk warna ibarat garis lebar di tengah, leher melingkar hingga ke belakang, dan warna kuning di belahan tepi bawah tubuhnya.

Wilayah penyebaran burung ini mencakup Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Thailand dan juga Vietnam.

Dulu spesies burung ini digabungkan dengan jenis burung prenjak yang lainnya dalam keluarga Cisticolidae. Namun para peneliti memisahkan spesies ini dan memasukkannya dalam keluarga burung Cettiidae atau Old World Warbler dan dimasukkan dalam Genus: Phyllergates.

Mungkin sebab bunyi burung ini yang sangat berbeda dengan spesies burung prenjak yang lain. Suaranya memang unik,terdengar ibarat lantunan alat musik. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive