Home » , » Cara Melatih Mental Lovebird Supaya Ngotot Ketika Lomba

Cara Melatih Mental Lovebird Supaya Ngotot Ketika Lomba

Kicau-Burung.com -Banyak cara dilakukan oleh para lovebird mania untuk melatih mental lovebird biar bisa selalu juara ketika lomba, alasannya lovebird yang jarang dilatih mentalnya sulit untuk menjadi lovebird fighter yang bermental jawara. Lovebird yang sudah dilatih mental secara rutin tidak akan aib atau takut berkicau dalam situasi apapun, bahkan ketika didekatkankan dengan lovebird lain, ia akan mengeluarkan dan memamerkan kemampuan berkicaunya secara maksimal.
Banyak cara dilakukan oleh para lovebird mania untuk  Cara Melatih Mental Lovebird Agar Ngotot Saat Lomba
Mental fighter sejati
Dalam melatih mental lovebird tidaklah mudah, meskipun intinya burung ini yaitu termasuk burung yang jinak dan tidak gampang takut dengan insan atau suasana bising. Akan tetapi ketika diajak lomba dan didekatkan dengan lovebird lain yang bermental baik, lovebird dengan mental lemah akan melempem dan bahkan tidak berani mengeluarkan kicauan ngekeknya.
BACA JUGA: Tips biar lovebird ngekek panjang

Ciri-ciri lovebird yang bermental lemah 


Lovebird yang masih mempunyai mental lemah biasanya ditanai dengan bulu-bulu disekitar leher yang tampak mengempis atau tidak mengembang menyerupai lovebird pada umumnya, jarang suara atau bahkan tidak mau berkicau sama sekali, selain itu lovebird juga akan tampak takut dan gelisah ketika melihat keramaian atau ketika melihat burung sejenis yang mempunyai mental yang baik.
Banyak cara dilakukan oleh para lovebird mania untuk  Cara Melatih Mental Lovebird Agar Ngotot Saat Lomba
Lovebird fighter


Cara melatih mental lovebird 


Cara yang paling umum dilakukan oleh para lovebird mania untuk melatih mental lovebird biar ngotot ketika lomba yaitu dengan cara melatihnya semenjak masih usia dini. Biasakan untuk mengajak jalan-jalan lovebird anda semenjak masih muda, Ajak sparing partner dengan lovebird lain yang mempunyai mental yang baik, memperlihatkan vitamin yang baik, perawatan harian yang baik, serta proteksi pakan dan ekstra fooding yang baik.

Jika cara diatas anda terapkan secara rutin terhadap lovebird kesayangan anda, maka lambat laun mental lovebird anda akan terbentuk dengan sendirinya, sehingga tidak akan aib dan takut lagi ketika diajak lomba. Untuk lebih lengkapnya saya akan uraikan secara detail perihal cara melatih mental lovebird biar ngotot ketika lomba.

1. Melatih mental lovebird dengan cara diajak jalan-jalan

Lovebird yang sering diajak jalan-jalan, sering melihat keramaian, kendaraan yang kemudian lalang, serta sering melihat burung sejenis tentu lama-kelamaan mentalnya akan lebih terlatih dan terasah, sehingga akan menjadi lovebird yang pemberani.

Jika anda berkunjung kerumah sahabat atau saudara, dan kebetulan anda tidak sedang repot, cobalah untuk mengajak lovebird anda jalan-jalan kerumah sahabat atau saudara anda tersebut. Jika ia mempunyai lovebird, maka bisa digantang dengan lovebird milik teman/saudara anda, tapi jikalau ia tidak mempunyai lovebird juga tidak masalah, anda bisa menggantangnya diteras sambil ngobrol dan ngopi tentunya.

Saat ada program latber atau latpres, ajaklah lovebird anda ke event tersebut. Anda tidak harus mengikutsertakan lovebird anda dalam lomba, tapi cukup digantang saja dan dipertemukan dengan lovebird lainnya. Mengajak lovebird ke program lomba juga akan melatih burung biar tidak takut dengan keramaian.

2. Melatih mental lovebird dengan lovebird lain

Coba gantang lovebird anda dengan lovebird lain yang bermental jawara, caranya anda bisa mengikutsertakan dalam latber kecil-kecilan. Atau anda bisa mengajak lovebird sahabat anda untuk sparing partner, alasannya biasanya sebagai seorang lovebird mania tentu anda mempunyai sahabat atau komunitas sesama lovebird mania.

Jika lovebird anda masih ketakutan ketika melihat keramaian atau melihat lovebird lain, triknya yaitu anda cukup membuka separuh kerodong saja, jangan dibuka secara full, biar lovebird anda tidak ngedrop dan stress.

3. Pahami abjad lovebird anda, temukan setelan harian dan setelan lomba

Memahami abjad burung peliharaan sendiri sangatlah penting, alasannya jikalau bukan anda yang memahaminya, siapa lagi yang akan memahami lovebird milik anda sendiri. Setiap hari anda merawat lovebird anda, mulai dari memandikan, memberi pakan, membersihkan kandang, menjemur, memaster, dan lain sebagainya. Pastinya anda akan tahu bagaimana abjad burung anda, bagaimana setelan EF harian yang tepat, bagaimana settingan sebelum lomba, serta bagaimana mood burung anda hari ini, apakah bisa untuk diajak lomba atau tidak.

Jika anda sanggup memahami abjad lovebird anda dengan baik, maka tentunya anda akan sanggup melatih mental burung anda sesuai dengan karakternya.

Itulah tips cara melatih mental lovebird biar ngotot ketika lomba yang paling sering dilakukan oleh para lovebird mania, baik itu lovebird mania breeding ataupun pribadi. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive