Home » , » Terapi Mandi Malam Lovebird: Menstabilkan Birahi Lovebird

Terapi Mandi Malam Lovebird: Menstabilkan Birahi Lovebird

Terapi mandi malam lovebird selain berkhasiat untuk menjinakkan burung yang belum jinak (takut manusia/ agresif) ternyata juga bermanfaat untuk menstabilkan birahi, menciptakan lovebird menjadi lebih rajin ngekek, dan menciptakan lovebird lebih stabil ketika lomba. Sebab kunci utama lovebird supaya bisa stabil ketika lomba yaitu dengan menstabilkan birahinya. Jika lovebird jawara yang bisa ngekek panjang mempunyai birahi yang stabil, maka performanya ketika lomba pun kemungkinan besar akan stabil pula.
 selain berkhasiat untuk menjinakkan burung yang belum jinak  Terapi Mandi Malam Lovebird: Menstabilkan Birahi Lovebird
Burung lovebird

Terapi mandi malam ini bersama-sama bukan hanya dikhususkan untuk lovebird saja, tetapi bisa diaplikasikan untuk semua jenis burung kicauan, oleh lantaran itu saya sudah pernah menulis pada posting sebelumnya mengenai cara terapi mandi malam untuk semua jenis burung berkicau. Jika anda seorang lovebird mania sekaligus kicau mania yang menyukai semua jenis burung berkicau, maka anda bisa membacanya disini:
Cara terapi mandi malam untuk burung berkicau
Sekilas perihal terapi mandi malam lovebird, dulu saya pernah berpikir apakah hal tersebut justru malah menyiksa burung. Pasalnya kita tahu bahwa pada malam hari tidak ada sinar matahari dan udara sangat dingin, terlebih untuk masyarakat pegunungan menyerupai saya ini. Jangankan mandi malam, tidur saja harus menggunakan selimut yang super tebal.

Saya juga sempat berfikir, bukankah burung ketika dialam bebas tidak pernah mandi malam, kecuai ketika turun hujan. Apakah jikalau burung dimandikan malam hari nanti akan menjadi kedinginan dan justru bisa mati? Pertanyaan-pertanyaan tersebut pernah melintas dibenak saya ketika saya gres pertama kali mendengar istilah terapi mandi malam lovebird. Oleh lantaran itu, jikalau anda ingin melaksanakan terapi mandi malam tersebut, sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu bahwa lovebird anda dalam kondisi sehat wal afiat.

Manfaat terapi mandi malam lovebird

Seperti yang sudah sedikit saya singgung diatas, disini saya akan mengulas beberapa manfaat terapi mandi malam untuk lovebird

1. Terapi mandi malam menciptakan lovebird menjadi lebih jinak

Hal ini prinsipnya hampir sama dengan terapi mandi malam untuk jenis burung lainnya, oleh lantaran itu terapi mandi malam biasa dipakai untuk menjinakkan burung hasil tangkapan liar yang masih giras. Selain itu juga dipakai untuk terapi burung yang terlalu aktif dan sering monting kesana-kemari. Nah hal itu juga bisa diterapkan untuk burung lovebird yang belum jinak dengan majikannya atau masih takut dengan ororang lain dan keramaian lingkungan sekitar.

2. Terapi mandi malam menciptakan lovebird rajin berkicau

Entah bagaimana prinsip kerjanya, tapi yang niscaya terapi mandi malam sudah terbukti menciptakan lovebird yang tadinya malas berkicau menjadi rajin berkicau. Ini mungkin lantaran contoh rawatan dengan terapi mandi malam menciptakan lovebird merasa lebih segar dan menjadi lebih fit. Alasan lainnya yaitu lantaran terapi mandi malam menciptakan birahi lovebird menjadi stabil, sehingga jikalau birahinya stabil maka burung akan menjadi lebih rajin berkicau.

3. Terapi mandi malam menstabilkan birahi lovebird

Pada point ke 3 ini saya rasa sudah tidak perlu saya jelaskan secara panjang lebar lagi, lantaran sudah saya jelaskan pada paragraf-paragraf sebelumnya diatas. Sebab point inilah yang menjadi andalan dan manfaat utama dari terapi mandi malam tersebut.

Cara terapi mandi malam lovebird


Cara terapi mandi malam lovebird ini pada prinsipnya hampir sama dengan cara terapi mandi malam untuk burung lainnya. Jika anda membaca ulasan yang saya cantumkan pada link diatas, tentu anda sudah mengetahui caranya. Tapi sebagai embel-embel artikel ini, saya akan menuliskan kembali cara terapi mandi malam tersebut.


  1. Mandikan lovebird anda pada jam 19.00 (jam 7 malam)
  2. Cara memandikannya tidak perlu berlebihan dan tidak perlu lembap kuyup, cukup disemprot hingga agak lembap saja.
  3. Mandikan lovebird didalam rumah atau pada ruangan tertutup yang tidak terlalu banyak angin, ini bertujuan supaya lovebird tidak terlalu kedinginan
  4. Setelah dimandikan, lovebird diangin-anginkan selama kurang lebih setengah jam
  5. Jika dirasa bulu-bulu sudah kering, lovebird kembali dikerodong dan biarkan beristirahat, atau perdengarkan bunyi masteran untuk menambah kemampuan berkicaunya.
CATATAN:
Terapi mandi malam lovebird sebaiknya dilakukan antara jam 19.00 - 21.00, jangan memandikan burung diatas jam 9 malam.
Burung yang diterapi mandi malam harus dalam keadaan sehat atau tidak sedang sakit.
Jangan melaksanakan terapi mandi malam jikalau cuaca sedang hujan 

Itulah sedikit ulasan mengenai terapi mandi malam lovebird yang sudah banyak dipraktekkan dan membawa perubahan kearah yang lebih baik secara signifikan bagi burung lovebird dan burung kicauan kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive