Home » , , » Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)

Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)

Lovebird gesek tangkringan/ Gestang merupakan salah satu tingkah abnormal lovebird yang sedang mengalami birahi tinggi (over birahi). Lovebird gesek tangkringan biasanya terjadi pada lovebird yang telah hingga pada masa produktif atau masa kawin. Jika belum terbiasa melihat tersebut, sepintas mungkin anda akan mengira bahwa lovebird anda sedang sakit atau stress, padahal lovebird tersebut bergotong-royong sedang mengawini tangkringan atau mungkin sama halnya jikalau insan sedang berm@sturb@s!.
merupakan salah satu tingkah abnormal lovebird yang sedang mengalami birahi tinggi  Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)
Image by youtube.com
Perilaku lovebird gesek tangkringan tersebut ditandai dengan lovebird tampak menggesek-gesekkan supitnya ke tangkringan atau kawasan bertengger menyerupai mirip lovebird yang sedang kawin. Selain menggesekkan tangkringan, lovebird yang sedang over birahi biasanya akan tampak ngeleper atau mengepakkan sayapnya menyerupai pesawat, hal tersebut sering diistilahkan oleh para lovebird mania dengan istilah lovebird mesawat.

Untuk lovebird jantan yang akan diternak atau dibreeding mungkin malah elok ketika sudah over birahi dan gesek tangkringan, lantaran jikalau disatukan dengan lovebird betina yang berjodoh dan sudah memasuki masa produkti, tidak usang lagi tentu akan bertelur. Akan tetapi jikalau lovebird gestang tersebut terjadi pada lovebird yang dijadikan kicauan harian atau bahkan dijadikan lovebird gantangan (lomba), tentu hal tersebut akan menjadi sebuah permasalahan yang serius dan harus segera diobati. Sebab lovebird lomba yang over birahi dan sudah terbiasa gesek tangkringan jikalau tidak diobati tentu tidak sanggup untuk dilombakan lagi, lantaran sudah niscaya tidak akan sanggup ngekek panjang atau bahkan tidak mau berkicau sama sekali ketika digantang. Sebab lovebird over birahi jikalau digantang cenderung akan sibuk  ngeruji sangkar mengejar lovebird lawan atau menggesek-gesekkan supitnya ke tangkringan sehingga lupa untuk berkicau.

Cara mengatasi lovebird gesek tangkringan

merupakan salah satu tingkah abnormal lovebird yang sedang mengalami birahi tinggi  Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)
mengatasi lovebird gesek tangkringan

Cara paling untuk mengatasi lovebird gesek tangkringan ada bermacam-macam, namun yang utama ialah dengan cara menurunkan birahinya terlebih dahulu. Untuk cara menurunkan birahi lovebird silahkan anda baca: Cara mengatasi lovebird macet suara lantaran over birahi

Setelah birahi lovebird tersebut turun dan cenderung stabil, maka anda sanggup melaksanakan beberapa hal dibawah ini untuk menghilangkan kebiasaan jelek lovebird gesek tangkringan.

1.  Ambil tangkringan dari dalam kandang

Untuk beberapa ketika ambil tangkringan dari dalam sangkar lovebird dan biarkan lovebird didalam sangkar tanpa memakai tangkringan. Jika sudah tidak ada tangkringan lagi tentu lovebird sudah tidak sanggup gesek tangkringan lagi, bagaimana mau gesek tangkringan wong tangkringannya sudah tidak ada, paling parahnya gantian gesek jeruji. Hehehe... Tapi jangan khawatir, jikalau birahinya sudah stabil tentu kebiasaan tersebut sudah akan berkurang atau bahkan hilang.

Jika tidak ada tangkringan kemudian burung mau bertengger atau tidur dimana? 

Untuk sementara waktu biarkan lovebird anda tidur dan bertengger dijeruji atau dialas sangkar, tidak apa-apa, itu tidak usang kok, hanya beberapa hari saja. Lagipula jikalau didalam sangkar tidak ada tangkringan lovebird cenderung akan lebih aktif bergerak keatas dan kebawah atau merambat dan memutari sangkar sehingga secara tidak pribadi menciptakan lovebird berolah raga mengkremasi lemak dan menguatkan otot-ototnya. Jika lovebird sudah insyaf dan tidak menggesek tangkringan lagi anda boleh memasukkan kembali tangkringan tersebut keposisi sebelumnya.

2. Hentikan derma ekstra fooding

Untuk lovebird lomba yang over birahi dan bahkan suka gesek tangkringan sebaiknya anda hentikan derma ekstra fooding, khususnya EF yang sanggup mengakibatkan over birahi. Ekstra fooding yang sanggup menciptakan lovebird over birahi diantaranya adalah: kangkung, jagung muda, dan biji bunga matahari. Untuk sementara waktu cukup berikan pakan utama berupa millet putih saja hingga birahi lovebird kembali normal.

3. Berikan ekstra fooding dan vitamin penurun birahi

merupakan salah satu tingkah abnormal lovebird yang sedang mengalami birahi tinggi  Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)
Daun kemangi
Perlu shobat kicau mania ketahui bahwa ekstra fooding terdiri dari dua macam, yakni ektra fooding yang sanggup mendongkrak birahi dan ada ekstra fooding yang sanggup menurunkan birahi. Ekstra fooding yang perlu anda berikan untuk menurunkan birahi lovebird diantaranya ialah buah mentimun dan daun kemangi. Kaprikornus untuk beberapa ketika berikan daun kemangi dan buah mentimun secara bergantian sebagai ekstra fooding hingga birahi lovebird kembali normal.

4. Sering mandi

Lovebird yang suka gesek tangkringan lantaran over birahi harus dimandikan sesering mungkin. Jika biasanya hanya mandi satu kali dalam sehari, maka kini sanggup anda mandikan 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore hari secara teratur, lantaran mandi hingga berair kuyup merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk menurunkan birahi lovebird.

5.  Terapi mandi malam

Terapi mandi malam ini sangat efektif sekali untuk menstabilkan birahi burung, baik itu burung lovebird atau jenis burung kicauan lainnya. Oleh lantaran itu banyak kicau mania yang sudah menerapkan terapi mandi malam ini untuk gacoannya. Sebab selain sanggup menstabilkan birahi burung, terapi mandi malam juga mempunyai banyak manfaat rahasia. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca: Rahasia dan cara terapi mandi malam lovebird

6. Olah raga dikandang umbaran

Mengolahragakan burung dikandang umbaran juga sangat penting, pasalnya selain untuk menurunkan birahi lovebird yang over birahi juga sanggup meningkatkan stamina lovebird, memperpanjang nafas, memperpanjang kekekan, dan mengkremasi lemak untuk lovebird tang sedang ngelemak. Latihlah lovebird biar terbang bolak-balik dikandang umbaran minimal 50 kali setiap harinya atau dua kali dalam seminggu, kecuali ketika lovebird hendak dilombakan, sebaiknya jangan diolahragakan terlebih dahulu, cukup dengan settingan lomba saja.

7.  Mengganti tangkringan

Kembali lagi ke point pertama, jikalau anda merasa kasihan dengan lovebird tanpa tangkringan, maka solusinya ialah dengan mengganti tangkringan dengan yang lebih besar. Sebab dengan tangkringan yang besar, akan sulit bagi lovebird untuk menggesek-gesekkan supitnya ketangkringan tersebut.

8. Mengawinkan lovebird/ Memasukkan kedalam sangkar koloni

Solusi yang terakhir jikalau dari ketujuh cara diatas masih juga belum mempan untuk mengatasi lovebird gesek tangkringan, maka sebaiknya anda mengawinkan lovebird yang sedang over birahi tersebut. Sebab dengan dikawinkan maka birahinya akan tersalurkan dan mudah-mudahan sanggup kembali stabil lagi.

Cara untuk mengawinkan lovebird tersebut ialah dengan memasukkan lovebird yang over birahi kedalam sangkar koloni, dan biarkan lovebird menentukan pasangannya sendiri. Namun jikalau anda tidak mempunyai banyak lovebird dan sudah mempunyai lovebird yang berjodoh dengan yang over birahi, maka anda sanggup menyatukan sepasang lovebird tersebut kedalam sangkar ram/ sangkar ternak, lantaran jikalau anda satukan kedalam sangkar kapsul, lovebird akan kesulitan untuk melaksanakan proses kawin, lantaran sangkar kapsul terlalu sempit untuk aktifitas lovebird kawin.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi lovebird gesek tangkringan yang sanggup saya tuliskan, semoga goresan pena sederhana ini bermanfaat membantu shobat lovebird mania dalam mengatasi permasalahan lovebird over biragi yang suka gestang dan susah untuk disembuhkan.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive