Home » , , » Cara Menjinakkan Lovebird Giras Dan Takut Orang

Cara Menjinakkan Lovebird Giras Dan Takut Orang

Cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut orang -Lovebird memang populer sebagai burung yang jinak dan dekat dengan manusia, bahkan bila dirawat dan dilatih dengan baik, burung lovebird bisa menjadi sangat jinak menyerupai halnya burung abang bau tanah yang bisa diperintah dan diajak atraksi. Tapi meskipun demikian tetap tidak bisa menyerupai burung abang tua, alasannya ialah tingkat kecerdasan lovebird tidak sama dengan abang tua.
Cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut orang Cara Menjinakkan Lovebird Giras Dan Takut Orang
Lovebird giras

Burung lovebird selain sebagai burung kicauan juga sanggup dijadikan sebagai burung pajangan, khususnya untuk lovebird dengan warna bulu yang menarik. Makara wajib bagi pemelihara untuk menciptakan dan menjinakkan lovebird giras menjadi jinak dan tidak giras, alasannya ialah burung lovebird yang giras dan takut insan meskipun bisa ngekek panjang tetap saja akan tampak kurang menarik.

Saya pernah mempunyai lovebird yang giras dan takut dengan manusia, bahkan takut dengan saya sendiri yang setiap hari merawatnya. Lovebird tersebut saya beli dikala sudah dewasa, prediksi saya itu ialah lovebird hasil lolohan indukan yang dan kurang perawatan dari pemilik sebelumnya, alasannya ialah ketika didekati selalu terbang menjauh dan ngeruji sangkar.

Berbeda dengan lovebird dan diloloh atau dispet oleh pemiliknya sejah masih bayi/ berusia satu hingga dua minggu, maka lovebird tersebut akan terbiasa dengan tangan manusia, sehingga ketika arif balig cukup akal akan menjadi jinak bahkan kita tidak takut lovebird tersebut terbang jauh ketika dikeluarkan dari sangkarnya. Sebab lovebird tersebut sudah mempunyai ikatan batin dan merasa nyaman hidup dengan manusia.
BACA JUGA: Cara mengatasi lovebird ngeruji sangkar
Dari pengalaman diatas saya mencoba untuk menjinakkan lovebird yang giras dan takut orang tersebut dengan bermodalkan info yang saya baca di internet dan dari penturan teman-teman saya sudah lebih dahulu berpengalaman dalam memelihara lovebird. Dari info tersebut kemudian saya rangkum menjadi satu untuk saya bagikan kepada sahabat lovebird mania indonesia.

Cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut orang Cara Menjinakkan Lovebird Giras Dan Takut Orang
Lovebird terbang

Cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut manusia.


1. Menjinakkan lovebird dengan cara mandi

Memandikan lovebird memang dipercaya bisa menciptakan lovebird menjadi lebih jinak, bekerjsama cara ini bukan hanya untuk burung lovebird saja, melainkan untuk hampir semua jenis burung, bahkan untuk burung hasil tangkapan hutan yang masih sangat liar dan belum terbiasa dengan manusia.

  • Memandikan lovebird dengan cara semprot, burung lovebird intinya ialah burung yang suka dengan air, jadi untuk menjinakkannya ialah dengan cara memandikan lovebird dengan cara semprot. Mandikan burung dengan memakai sprayer dengan setelan sedang, artinya jangan terlalu embun dan jangan terlalu kencang. Usahakan untuk memandikan lovebird yang giras hingga berair kuyup, hingga lovebird tidak terbang lagi dan membisu ditangkringan untuk menikmati semprotan air. Biarkan lovebird anda didis sambil menikmati mandinya, dengan demikian usang kelamaan lovebird akan merasa bahwa anda bukan lagi bahaya baginya, alasannya ialah lovebird menjadi merasa nyaman dan segar sesudah anda mandikan.
  • Memandikan lovebird dengan tangan, Dalam memandikan lovebird dengan cara dipegang memakai tangan memang diharapkan kehati-hatian, alasannya ialah bila tidak hati-hati burung justru bisa terlepas dan terbang bebas. Tapi bila anda lakukan cara ini dengan benar, jadinya akan lebih efektif dalam menjinakkan lovebird, semakin sering burung berinteraksi dengan insan secara langsung, maka akan semakin jinak dan semakin dekat pula si burung dengan manusia. Cara memandikannya ialah dengan mengusap lovebird dengan air memakai tangan anda secara perlahan. Cukup sebentar saja dan tidak perlu berlama-lama, yang penting lovebird sudah berair secara menyeluruh.
2. Gantang ditempat yang ramai

Lovebird yang belum jinak dan masih takut dengan insan jangan diisolasi dari keramaian, tapi justru letakkan burung pada kawasan yang ramai dan sering dilalui manusia. Tujuannya ialah supaya lovebird menjadi terbiasa dengan lingkungan yang ramai dan orang yang kemudian lalang, sehingga usang kelamaan lovebird tidak akan takut dengan insan lagi. Bahkan banyak para lovebird mania sengaja menggantang burungnya dipinggir jalan raya yang sering dilalui kendaraan beroda empat untuk melatih mental sang lovebird.

3. Sering dipegang dan dielus-elus

Seperti namanya bahwa burung lovebird ialah burung cinta, sehingga sangat suka dengan cinta dan kasih sayang. Burung lovebird sangat suka dengan elusan tangan yang lembut baik itu dipagian kepala atau dibagian badan yang lainnya. Jika anda sering memegang lovebird anda dan sering berinteraksi secara eksklusif dengannya, maka usang kelamaan lovebird yang giras tersebut akan menjadi jinak.

4. Terapi lapar

Menjinakkan lovebird dengan terapi lapar ini bekerjsama diperoleh dari tips dan cara menjinakkan burung tangkapan hutan. Caranya ialah dengan mengambil wadah pakan dan membersihkan sangkar dari sisa-sisa pakan yang berceceran pada pagi hari sekitar jam 7 hingga jam 9. Tujuannya ialah untuk menciptakan lovebird supaya terasa lapar, ketika lovebird sudah mulai lapar, berikanlah pakan berupa millet putih atau biji-bijian lainnya eksklusif melalui telapak tangan anda. Biarkan lovebird mematuk pakan eksklusif dari telapak tangan anda, sehingga usang kelamaan lovebird akan merasa ketergantungan terhadap anda dan mengetahui bahwa anda ialah pemiliknya yang merawatnya setiap hari.

5. Memelihara lovebird semenjak kecil

Cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut orang Cara Menjinakkan Lovebird Giras Dan Takut Orang
Lovebird lolohan

Ini merupakan cara menjinakkan lovebird yang paling efektif, yaitu dengan cara memelihara lovebird semenjak kecil, yaitu dengan cara meloloh lovebird yang masih berusia satu hingga dua minggu. Burung yang dipelihara semenjak lolohan hampir dipastikan akan menjadi lovebird yang jinak dan tidak takut dengan manusia.

Itulah tips cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut manusia yang sanggup saya rangkum pada posting kali ini. Sebenarnya masih banyak cara lain yang sanggup anda lakukan untuk menjinakkan lovebird kesayangan anda, tapi berdasarkan saya cara ini merupakan cara yang paling efektif yang pernah saya lakukan.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive