Home » , , » Cara Mengatasi Lovebird Nyilet Atau Kurus

Cara Mengatasi Lovebird Nyilet Atau Kurus

Lovebird nyilet atau lovebird kurus merupakan salah satu penyakit lovebird yang bila tidak segera ditangani sanggup menimbulkan kematian. Penyakit lovebird nyilet tersebut biasanya dikarenakan burung tidak mendapat perawatan dengan baik, entah itu dari segi pakan, asupan nutrisi, serta perawatan harian. Sehingga burung akan kekurangan nutrisi dan vitamin hingga berdampak burung menjadi kurus dan gampang terjangkit penyakit. Namun sebelum aku mengulas wacana cara mengatasi lovebird nyilet, disini aku akan sedikit membagikan pengalaman aku ketika menangani lovebird peliharaan aku yang kurus dan nyilet.
 merupakan salah satu penyakit lovebird yang bila tidak segera ditangani sanggup menimbulkan Cara Mengatasi Lovebird Nyilet Atau Kurus

Pada waktu itu aku membeli dua ekor lovebird melalui sebuah posting di sebuah lembaga jual beli burung lovebird solo. Secara pribadi aku tidak mengenal secara pribadi si penjual lovebird tersebut, tetapi aku hanya mengenalnya melalui profil orang tersebut di facebook. Tanpa ada rasa curiga aku pun melaksanakan PCB (Pantau Cocok Bayar) dirumah si pemilik lovebird tersebut. Saat itu aku masih sangat awam sekali mengenai burung lovebird, bahkan untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina saja aku belum bisa.
SILAHKAN BACA:

Saya tertarik untuk membeli lovebird tersebut sebab harga yang ditawarkan sangat murah, alias dibawah harga standar. Setelah aku pantau, ternyata lovebird yangsatunya yakni jenis Nonklep yang harga jualnya cukup murah. Sedangkan lovebird yang satunya lagi yakni lovebird hijau muka gosong yang nyilet alias kurus.

Berhubung waktu itu aku belum paham wacana burung lovebird, jadi aku belum tahu wacana penyakit lovebird nyilet, sehingga aku tetapkan untuk membeli kedua lovebird yang katanya sepasang tersebut. Padahal sehabis aku pelihara beberapa hari ternyata keduanya berjenis kelamin jantan, bukan sepasang jantan dan betina.

Dengan perasaan menyesal dan kecewa aku memelihara kedua lovebird tersebut sembari googling mencari gosip wacana cara perawatan burung lovebird. Dari banyak membaca artikel wacana lovebird tersebutlah aku mengetahui bahwa ternyata salah satu lovebird aku terkena penyakit nyilet/ kurus.

Singkat dongeng aku pun merawat lovebird nyilet tersebut dengan bermodalkan tips cara mengatasi lovebird kurus yang aku baca melalui media internet. Berkat kesabaran jadinya lovebird nyilet tersebut kini sudah sembuh dan sudah kembali mau ngekek yang tidak mengecewakan panjang.

Cara mengatasi lovebird nyilet/ kurus

Adapun cara mengatasi lovebird nyilet yang sudah aku praktekkan tersebut yakni sebagai berikut:

1. Jaga kebersihan sangkar dengan cara membersihkan sangkar lovebird dari kotoran dan banyak sekali macam kuman. Lebih mantap lagi bila anda menyeprot sangkar tersebut dengan obat anti kuman, tapi ketika disemprot, pastikan anda sudah memindahkan lovebird kekandang yan lainnya terlebih dahulu.

2. Kurangi durasi penjemuran, bahkan kalau perlu lovebird yang sedang nyilet jangan dijemur terlebih dahulu hingga lovebird sembuh.

3. Jangan memandikan terlebih dahulu lovebird yang sedang nyilet.

4. Berikan obat cacing yang banyak dijual diapotek atau toko obat. Obat cacing ini yakni obat cacing yang biasa diminum manusia. Silahkan pilih brand obat cacing sesuai impian anda, aku sarankan untuk memakai obat cacing brand Combantrin, sebab sudah cukup terbukti ambuh mengatasi penyakit cacingan.
 merupakan salah satu penyakit lovebird yang bila tidak segera ditangani sanggup menimbulkan Cara Mengatasi Lovebird Nyilet Atau Kurus
Combantrin obat cacing
Dosis derma obat cacing yakni cukup sebesar beras saja, jadi pecahkan butiran obat cacing hingga kira-kira sebesar beras, kemudian berikan kepada lovebird nyilet selama tiga hari berturut-turut. Sebelum derma obat cacing sebaiknya lovebird jangan diberi makan terlebih dahulu selama kurang lebih 6 jam.

5. Selain memakai obat cacing, anda juga sanggup memperlihatkan obat lovebird nyilet yang sanggup anda beli di kios-kios burung yang menyediakan obat lovebird kurus.

6. Berikan pakan yang mengandung asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk mendongkrak berat tubuh lovebird biar kembali normal.

Demikianlah cara mengatasi lovebird nyilet/ kurus yang sanggup aku bagikan kepada lovebird mania semua. Semoga dengan membaca posting dan pengalaman aku ini, sanggup anda terapkan untuk mengatasi penyakit lovebird kurus yang menjangkit burung kesayangan anda.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive