Home » » Ciri-Ciri Anakan/ Trotol Cendet Madura Kepala Hitam

Ciri-Ciri Anakan/ Trotol Cendet Madura Kepala Hitam

Kicau-burung.com -Ada aneka macam jenis burung cendet di nusantara, mulai dari cendet lokal peles, cendet semi, cendet jawa timur, cendet jawa barat, bahkan hingga cendet luar jawa, tapi yang paling fenomenal dan paling banyak dicari ialah jenis cendet madura. Alasannya ialah lantaran cendet madura mempunyai banyak kelebihan dibanding jenis cendet lainnya. Hal itulah yang menciptakan para kicau mania banyak memburu trotol cendet madura, baik itu yang masih anakan/ trotol loloh dan lepas loloh, atau yang sudah cukup umur sekalipun. Sehingga mau tidak mau para cendet mania harus mengetahui atau paling tidak mempunyai rujukan mengenai ciri-ciri anakan cendet madura, serta ciri-ciri cendet madura dewasa.

Bagi sebagian orang yang mempunyai cukup uang akan menentukan membeli cendet madura cukup umur yang sudah jadi dan siap lomba, tapi bagi orang-orang dengan dana pas-pasan menyerupai saya, tentu lebih menentukan membeli anakan cendet madura yang harganya jauh lebih murah. Selain harganya yang murah, memelihara anakan cendet semenjak masih trotol bahkan masih lolohan akan mempunyai sensasi dan kepuasan tersendiri ketika cendet sudah tumbuh cukup umur dan menjadi seekor cendet jawara.
Ada aneka macam jenis burung cendet di nusantara Ciri-Ciri Anakan/ Trotol Cendet Madura Kepala Hitam
Anakan cendet madura

Ciri-ciri trotolan cendet madura secara sepintas mungkin tidak jauh berbeda dengan jenis cendet lainnya, berbeda dengan ciri-ciri cendet madura cukup umur yang sudah terperinci tampak dari warna bulu yang lebih banyak didominasi hitam, dimana warna hitam dikepala tampak full hitam kelam hingga ke tengkuk (cendet gondrong). Selain itu ciri-ciri cendet madura cukup umur juga tampak dari bentuk tubuhnya yang ramping, panjang dan proporsional. Ditambah lagi dengan huruf bunyi yang keras dan serak memekakkan telinga, serta mempunyai mental figter dan petarung sejati.

Para cendet mania meyakini bahwa cendet madura kepala hitam mempunyai banyak kelebihan dibandingkan jenis cendet lainnya, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa cendet semi dan cendet jawa terkadang justru malah sanggup tampil menjadi juara ketika lomba. Akan tetapi tetap saja tidak merubah pandangan para cendet mania bahwa cendet madura ialah jenis burung cendet terbaik di nusantara.

Ciri-ciri anakan/ trotolan cendet madura


Kebanyakan cendet mania yang tidak sanggup membedakan ciri-ciri anakan cendet madura ialah mereka yang belum pernah secara pribadi melihat dan memelihara anakan cendet madura tersebut. Makara ketika akan membeli trotolan cendet madura, mereka hanya mencari rujukan di internet ataupun bertanya kepada sesama cendet mania mengenai ciri-ciri trotolan cendet madura tersebut. Hal itulah yang terkadang menciptakan cendet mania tersebut tertipu ataupun salah dalam menentukan anakan cendet madura.
Ada aneka macam jenis burung cendet di nusantara Ciri-Ciri Anakan/ Trotol Cendet Madura Kepala Hitam
Trotol cendet madura
Padahal bila anda sudah pernah sekali atau dua kali memelihara anakan cendet madura semenjak masih lolohan hingga dewasa, ketika anda disuruh menentukan dari beberapa anakan cendet, maka dengan sangat gampang anda sanggup membedakan mana anakan cendet madura orisinil dan mana anakan cendet semi atau cendet peles. Oleh lantaran itu dalam menentukan anakan cendet madura diperlukan praktek dan terjun kelapangan secara langsung. Tidak duduk kasus anda sekali tertipu atau salah ketika memilih trotol cendet madura, tapi cukup sekali saja ya, lantaran selanjutnya anda akan sanggup mengenali ciri-cirinya.

Secara sepintas, semua jenis anakan cendet hampir sama, lantaran mempunyai warna, bentuk tubuh, dan ukuran yang hampir sama juga. Baru sesudah beberapa bulan, anakan cendet tersebut akan melepaskan bulu-bulunya dan berganti dengan bulu dewasa. Nah ketika sudah berganti bulu cukup umur inilah akan tampak dengan terperinci mana cendet madura dan mana cendet non madura.
BACA JUGA: Ciri-ciri cendet madura kepala hitam dewasa
Meskipun demikian anda jangan berkecil hati, lantaran pada posting kali ini aku akan menawarkan tips secara gamblang mengenai ciri-ciri trotol cendet madura tersebut. Makara anda tidak perlu khawatir.

1. Anakan cendet madura mempunyai postur tubuh yang langsing
Meskipun tidak semua cendet madura mempunyai postur tubuh yang langsing, akan tetapi salah satu ciri anakan cendet madura yang tampak ialah mempunyai postur tubuh yang lebih langsing dari jenis cendet lainnya. Makara ketika anda dihadapkan pada beberapa ekor anakan cendet madura, maka pilihlah yang mempunyai postur tubuh yang langsing.

2. Trotol cendet madura mempunyai postur tubuh yang panjang
Anakan cendet madura mempunyai bentuk tubuh yang indah, yaitu selain postur tubuh ramping juga panjang, sehingga akan tampak proporsional. Sehingga ketika disatukan dengan beberapa ekor anakan cendet, maka trotol cendet madura akan tampak lebih ramping dan lebih panjang.

3. Anakan cendet madura mempunyai kepala pipih dan cepak memanjang
Cendet madura yang masih trotol sekalipun sudah tampak bahwa bentuk kepalanya sedikit berbeda dengan cendet lokal lainnya, yaitu mempunyai bentuk kepala yang pipih dan cepak serta sedikit memanjang. Hal itu akan sangat kelihatan ketika anakan cendet madura disatukan dengan anakan cendet lokal lainnya.

4. Anakan cendet madura mempunyai tatapan mata yang tajam
Tatapan mata cendet madura sudah terlihat sangar dan tajam semenjak masih anakan, jadi tidak menyerupai anakan cendet lainnya yang terkadang mempunyai tatapan mata yang kosong. Hal inilah yang cukup terperinci menjadi salah satu ciri anakan cendet madura.

5. Trotol cendet madura mempunyai warna hitam disekeliling mata lebih dominan
Setiap trotol cendet niscaya mempunyai warna hitam disekitar mata, akan tetapi warna hitam tersebut berbeda-beda, ada yang tipis, ada yang kusam, ada yang tebal, dan ada yang tebal dan tampak hitam legam. Nah yang terakhir itulah yang kemungkinan besar ialah ciri trotol cendet madura. Karena biasanya trotol cendet yang sudah mempunyai warna hitam disekitar mata yang hitam legam dan tampak menyatu hingga keatas paruh, ketika cukup umur nanti akan menjadi cendet gondrong atau cendet full kepala hitam.

6. Dan masih banyak lagi ciri-ciri anakan cendet madura kepala hitam yang sanggup anda gali dan anda teliti sendiri ketika anda sudah terjun pribadi kelapangan untuk menentukan dan memelihara anakan cendet kepala madura kepala hitam tersebut. Sekian dan biar bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive