Home » , , » Cara Mengatasi Lovebird Nglemak, Kegemukan, Dan Berlemak

Cara Mengatasi Lovebird Nglemak, Kegemukan, Dan Berlemak

Kicau-burung.com - Memiliki lovebird berlemak tentu terasa membosankan dan kurang sedap dipandang mata, mungkin tidak ubahnya dengan mempunyai pacar atau bahkan istri yang berlemak, dimana seluruh tubuhnya terutama potongan perut penuh dengan lemak. Hehehe.. Oleh alasannya itu sebagai lovebird mania tentu kita harus mengetahui tips cara mengatasi lovebird nglemak supaya lovebird kesayangan anda sanggup selalu dalam kondisi langsing dan tidak berlemak ibarat pacar anda. Hahahaa..
 Memiliki lovebird berlemak tentu terasa membosankan dan kurang sedap dipandang mata Cara Mengatasi Lovebird Nglemak, Kegemukan, dan Berlemak
Gambar lovebird nglemak

Lemak atau dalam bahasa jawanya "gajih" yang terdapat pada burung lovebird bekerjsama juga sering terjadi pada hewan unggas lainnya, contohnya ibarat ayam, burung perkutut, dan burung kicauan lainnya. Lovebird yang berlemak akan kuat pada kesehatan, penampilan, dan produktivitas burung, khususnya untuk peternak lovebird. Oleh alasannya itu tips cara mengatasi lovebird berlemak saya rasa sangat penting untuk anda ketahui, makanya saya bagikan pada posting blog ini.

Lovebird nglemak atau lovebird mengalami kelebihan berat tubuh atau dalam bahasa kerennya lovebird yang mengalami obesitas biasanya akan tampak ibarat pemalas yang mana menjadi malas beraktivitas dan malas berbunyi/ berkicau. Meskipun burung lovebird yang dikatakan ideal biasanya mempunyai ukuran tubuh yang besar, tapi bila terlalu besar alias kegemukan tentu juga tidak baik.

Penyebab lovebird berlemak alias nglemak


Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi lovebird nglemak, disini saya akan menawarkan sedikit ulasan mengenai penyebab lovebird kegemukan. Sehingga dengan mengetahui penyebabnya, anda akan sanggup mengantisipasi supaya lovebird kesayangan anda tidak menjadi berlemak.

1. Penyebab utama lovebird berlemak yaitu lantaran terlalu banyak makan/ lovebird mempunyai nafsu makan yang tinggi. Jika lovebird terlalu banyak makan masakan yang banyak mengandung protein ibarat jagung, biji kwaci, serta kacang-kacangan yang mempunyai kandungan protein tinggi, maka akan menciptakan lovebird menjadi berlemak.
 Memiliki lovebird berlemak tentu terasa membosankan dan kurang sedap dipandang mata Cara Mengatasi Lovebird Nglemak, Kegemukan, dan Berlemak
Millet putih
Kaprikornus dukungan pakan lovebird yang ideal yaitu dengan memperhatikan asupan nutrisi terutama dalam hal kandungan protein dari pakan tersebut. Sebab pakan utama lovebird yaitu millet putih, sehingga dalam dukungan pakan sebaiknya komposisi millet putih lebih banyak dari komposisi pakan lainnya. Ini untuk menjaga dan mengantisipasi supaya lovebird tidak mengalami obesitas.

2. Penyebab lainnya lovebird kegemukan yaitu lantaran sangkar yang terlalu kecil, sehingga ruang gerak lovebird menjadi berkurang. Lovebird yang diletakkan pada sangkar yang sangat kecil tentu akan kesulitan dalam beraktivitas, mereka tidak sanggup bergerak dan terbang bebas terbang kesana kemari.
 Memiliki lovebird berlemak tentu terasa membosankan dan kurang sedap dipandang mata Cara Mengatasi Lovebird Nglemak, Kegemukan, dan Berlemak
Sangkar lovebird ukuran kecil

Kaprikornus untuk mengantisipasi supaya lovebird tidak berlemak yaitu dengan menyediakan sangkar yang standart serta memakai sangkar umbaran untuk melatih dan mengolahragakan lovebird supaya mempunyai nafas panjang, otot kuat, dan mempunyai ukuran tubuh yang ideal.

BACA JUGA:
Cara mengatasi lovebird nyilet/ kurus
Cara mengatasi lovebird ngeruji sangkar 


Ciri-ciri lovebird ngelemak (berlemak)


Ada beberapa ciri lovebird berlemak yang sanggup anda amati secara kasat mata, adapun ciri-ciri tersebut antara lain adalah:

  1. Lovebird mempunyai nafsu makan yang tinggi alias rakus, tapi mempunyai kebiasaan malas beraktivitas (bergerak dan berkicau)
  2. Pada potongan dada, perut, dan pangkal ekor tampak membengkak/ besar berwarna kekuningan dan ketika diraba akan terasa kenyal/ empuk.

Cara mengatasi lovebird ngelemak/ berlemak pada potongan perut


Setelah anda mengetahui penyebab dan ciri-ciri lovebird nglemak tentu kini anda sudah sanggup mengantisipasi burung lovebird peliharaan anda supaya tidak menjadi berlemak, tapi bila ternyata ketika ini lovebird anda sudah terlanjur nglemak, maka anda sanggup menerapkan tips cara mengatasi lovebird kegemukan berikut ini:

1. Pangkas atau kurangi dukungan pakan yang mengandung protein tinggi ibarat jagung, kuaci, dan kacang-kacangan. Cukup berikan millet putih sebagai pakan utama lovebird nglemak hingga kondisi lovebird normal kembali.

2. Berikan ekstra fooding berupa sayur-sayuran yang rendah akan karbohidrat dan kandungan gula.

3. Gunakan sangkar yang berukuran lebih besar supaya lovebird menjadi lebih leluasa bergerak dan beraktivitas terbang kesana-kemari.

4. Letakkan wadah pakan dan minuman pada posisi yang agak tinggi (jauh dari tangkringan) supaya ketika lovebird hendak makan dan minum harus terbang atau bergerak mendekati wadah pakan dan minum tersebut.

5. Gunakan sangkar umbaran untuk melatih lovebird supaya lebih banyak bergerak dan beraktivitas terbang kesana kemari.

6. Mandikan lovebird secara rutin setiap hari

7. Jemur lovebird dibawah sinar matahari dengan durasi waktu yang lebih usang dari biasanya.

8. Berikan vitamin penurun berat tubuh atau vitamin khusus untuk mengatasi lovebird berlemak yang sanggup anda beli di kios burung.

Itulah tips dan cara mengatasi lovebird nglemak yang sanggup saya bagikan kepada sahabat lovebird mania dimanapun anda berada yang setia mengikuti dan membaca artikel-artikel pada blog ini. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive