Home » , , » Cara Mengatasi Lovebird Macet Suara Alasannya Yakni Over Birahi

Cara Mengatasi Lovebird Macet Suara Alasannya Yakni Over Birahi

Mengatasi lovebird macet bunyi - Lovebird memang termasuk salah satu burung yang rajin suara (berkicau) atau dalam bahasa kerennya disebut burung receh. Sebab burung lovebird sanggup berkicau kapan saja tanpa memandang waktu, baik itu pagi hari, siang hari, sore hari, atau bahkan malam hari. Jika mereka ingin berkicau, maka berkicaulah mereka bersahut-sahutan. Namun meskipun demikian, tidak semua burung lovebird rajin berbunyi, terkadang ada beberapa ekor lovebird yang malas suara atau bahkan macet bunyi. Penyebabnya bermacam-macam, ada yang lantaran stress, ada yang lantaran sakit, ada yang lantaran sedang mabung, ada yang lantaran kekurangan birahi, dan ada pula lovebird macet suara lantaran over birahi.
 Lovebird memang termasuk salah satu burung yang rajin suara  Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi Karena Over Birahi
Gambar lovebird macet bunyi
Nah pada ulasan kali ini saya khusus akan membahas ihwal lovebird macet bunyi lantaran over birahi. Kenapa lovebird yang over birahi malah menjadi malas bunyi? Bukankah ketika lomba, lovebird harus didongkrak birahinya terlebih dahulu semoga mau suara ngekek?. Jawabannya sederhana, apapun itu jikalau berlebihan maka tidak akan baik, yang ialah yang pas, tidak kurang dan tidak berlebihan. Begitu pula dengan birahi burung, lovebird yang kekurangan birahi akan menjadi malas bunyi, maka harus ditingkatkan birahinya. Demikian pula sebaliknya, lovebird yang over birahi juga akan malas suara dan harus diturunkan birahinya hingga pada taraf stabil alias pas (tidak kurang dan tidak lebih).

Kenapa lovebird over birahi menjadi malas bunyi? Sebab lovebird yang sedang mengalami over birahi biasanya mempunyai sikap yang aneh, menyerupai ngeruji sangkar, mematuk-matuk jeruji sangkar, mengejar burung lain, menggesek tangkringan, dan masih banyak lagi. Kaprikornus ketika dilombakan, lovebird yang over birahi akan lebih sibuk dengan tingkahnya sendiri dan lupa atau malas untuk berkicau. Oleh alasannya itu ketika hendak dilombakan birahi lovebird harus dalam kondisi yang stabil sehingga bisa tampil prima ketika lomba.
 Lovebird memang termasuk salah satu burung yang rajin suara  Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi Karena Over Birahi

Cara mengatasi lovebird macet suara lantaran over birahi


Sebelum anda membaca lebih banyak ihwal cara mengatasi lovebird macet bunyi ada baiknya anda membaca terlebih dahulu ulasan saya mengenai penyebab umum lovebird macet bunyi, sehingga anda akan mempunyai wawasan yang lebih luas lagi mengenai burung lovebird.

1. Menurunkan birahi lovebird dengan mandi malam

Terapi mandi malam sudah usang dipercaya bisa menurunkan atau bahkan menstabilkan burung yang sedang over birahi, termasuk salah satunya ialah burung lovebird. Disini saya tidak perlu lagi menuliskan secara panjang lebar lantaran sudah pernah saya bahas pada ulasan berikut:
Terapi mandi malam lovebird untuk menstabilkan birahi
2. Meningkatkan durasi dan jumlah mandi

Artinya ialah jikalau biasanya lovebird anda mandi satu kali dipagi hari, maka ketika sedang over birahi anda bisa menambahnya menjadi dua hingga tiga kali sehari yaitu pagi, siang, dan sore hari, belum lagi ditambah terapi mandi malam. Kaprikornus contohnya hari ini mandi tiga kali sehari (pagi, siang, sore) maka tidak perlu melaksanakan terapi mandi malam. Baru keesokan harinya cukup dimandikan pagi dan siang hari, lalu malamnya dilakukan terapi mandi malam.

Selain itu jikalau durasi mandi biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit, maka pada ketika over birahi sanggup anda tambah menjadi 15 menit. Sebab dampak hirau taacuh lantaran semprotan air diyakini sanggup membantu menurunkan birahi lovebird.

3. Terapi pengembunan

Biasakan anda berdiri dipagi hari sehingga sehabis shalat subuh anda bisa pribadi mengembun-embunkan lovebird kesayangan anda. Terapi  pengembunan ini sangat baik bagi semua jenis burung, alasannya udara pagi dan tetesan embun pagi masih sangat segar dan belum terkotori oleh polusi. Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan burung serta bisa menjaga dan menstabilkan birahi burung sehingga akan menjadi lebih rajin bunyi.

Burung biasanya akan merasa sangat bahagia dengan perubahan udara dari hirau taacuh ke hangat, yaitu ketika pagi hari ketika matahari mulai muncul secara perlahan. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya burung yang berkicau pada jam-jam tersebut.

4. Kandang umbaran
 Lovebird memang termasuk salah satu burung yang rajin suara  Cara Mengatasi Lovebird Macet Bunyi Karena Over Birahi
Kandang umbaran lovebird
Membiarkan lovebird terbang kesana kemari didalam sangkar umbaran selain untuk mengkremasi lemak, memperpanjang nafas, dan menguatkan otot-otot dada dan sayap juga bisa menurunkan birahi lovebird. Sebab hal tersebut ialah salah satu cara lovebird berolah raga sehingga lemak dan birahi yang menumpuk akan terbakar dengan gerakan-gerakan sayap lovebird ketika terbang.

5. Pangkas ekstra fooding kangkung, jangung, dan kwaci

Seperti kita ketahui bersama bahwa ekstra fooding kangkung, biji kwaci, dan jagung muda ada ekstra fooding yang berkhasiat untuk mendongkrak birahi lovebird. Nah jikalau lovebird anda ketika ini sedang mengalami over birahi, maka anda tidak perlu lagi memperlihatkan ekstra fooding tersebut. Cukup berikan pakan utama berupa millet putih saja yang sifatnya netral dan tidak besar lengan berkuasa terhadap birahi lovebird.

6. Berikan EF mentimun dan kurangi penjemuran

Seperti yang telah saya bahas pada ulasan sebelumnya disini: Manfaat mentimun untuk menurunkan birahi lovebird, terang sudah bahwa kandungan mentimun bisa membantu menurunkan birahi lovebird. Selain itu anda juga perlu memperhatikan contoh rawatan khususnya dalam hal penjemuran. Sebab sinar matahari juga sanggup mendongkrak birahi lovebird, jadi jikalau lovebird anda sedang over birahi sebaiknya kurangi durasi penjemuran atau jikalau perlu jangan dijemur dulu, cukup diangin-anginkan saja.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara mengatasi lovebird macet suara lantaran over birahi yang sanggup saya tuliskan. Dalam posting selanjutnya mudah-mudahan saya sanggup mengulas cara mengatasi lovebird macet suara yang disebabkan oleh hal-hal yang lain, contohnya lantaran stress atau lantaran sakit. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive