Home » , , » Cara Mengobati Kutu Lovebird Dengan Daun Sirih

Cara Mengobati Kutu Lovebird Dengan Daun Sirih

Mengobati kutu lovebird -Salah satu penyakit lovebird yang cukup mengganggu baik dari segi performa maupun keindahan bulu lovebird yaitu penyakit kutu. Lovebird yang terjangkit kutu sama halnya ibarat manusia, niscaya akan merasa sangat tersiksa lantaran kutu sanggup mengakibatkan rasa gatal disekujur badan. Sehingga mau tidak mau kita harus mencari solusi dan cara mengobati kutu lovebird tersebut.
Salah satu penyakit lovebird yang cukup mengganggu baik dari segi performa maupun keindaha Cara Mengobati Kutu Lovebird Dengan Daun Sirih
cara mengobati kutu lovebird

Lovebird yang kutuan akan mengurangi performa baik dalam lomba ataupun dalam kicauan harian, lantaran lovebird akan lebih sering menggaruk-garuk tubuh memakai paruh atau kaki, sehingga akan lebih jarang berkicau. Jika hanya untuk kicauan harian mungkin tidak terlalu masalah, tapi jikalau dalam event atau lomba, tentu akan sangat mempengaruhi kinerja lovebird dan evaluasi lomba.

Selain itu penyakit kutu yang sudah terlalu parah juga sanggup mengakibatkan kerontokan bulu, lantaran lovebird akan mencabuti bulu-bulu yang terasa gatal. Parahnya lagi, lovebird sanggup kekurangan darah dan menjadi kurus atau nyilet, lantaran banyak darah yang dihisap kutu.

Untuk mengatasi hal tersebut disini saya akan membagikan tips cara mengobati kutu lovebird dengan memakai daun sirih. Cara ini yaitu cara mengatasi kutu lovebird yang paling alami dan tanpa modal. Makara selain kondusif dan tidak membahayakan burung, juga murah atau bahkan tanpa modal, lantaran anda sanggup memetik daun sirih dikebun atau minta ke tetangga yang mempunyai flora sirih.

Sebenarnya aneka macam produk vitamin dan obat untuk mengobati kutu lovebird yang sanggup anda beli di kios burung atau anda beli secara online. Tapi untuk membeli obat kutu tentu anda perlu modal, sedangkan mengobati kutu lovebird dengan daun sirih sanggup dibilang tanpa modal.

Cara mengobati kutu burung lovebird


Cara ini sudah saya praktekkan sendiri ketika salah satu lovebird saya kutuan. Lovebird tersebut bukan burung rawatan saya semenjak kecil, jadi lovebird yang saya beli beberapa waktu yang lalu. Jika lovebird rawatan saya dari kecil kemungkinan kondusif dari kutu, lantaran rajin saya mandikan setiap pagi,  saya bersihkan sangkar dari kotoran, dan mengganti pakan serta air minum setiap hari.

Awalnya saya biarkan saya lovebird yang kutuan tersebut, hanya rutin saya mandikan setiap pagi. api sehabis beberapa waktu lama-kelamaan lovebird tersebut menjadi lebih sering garuk-garuk, jarang berkicau, mencabuti bulu, serta bertambah kurus. Karena kasihan dan takut menular ke lovebird saya yang lain, karenanya sayapun mencari cara mengatasi kutu lovebird tersebut. Dari artikel yang saya baca, ternyata daun sirih sanggup dipakai untuk mengobati kutu burung, salah satunya yaitu burung lovebird.
Salah satu penyakit lovebird yang cukup mengganggu baik dari segi performa maupun keindaha Cara Mengobati Kutu Lovebird Dengan Daun Sirih
Gambar daun sirih


Cara mengatasi kutu lovebird dengan daun sirih

  1. Ambil daun sirih yang masih segar, basuh dengan memakai air bersih
  2. Rebus daun sirih tersebut dengan air, biarkan hingga mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya saja.
  3. Biarkan air daun sirih dingin, kemudian masukkan kedalam sprayer
  4. Semprotkan air rebusan daun sirih tersebut dengan sprayer untuk memandikan burung lovebird
  5. Lakukan cara tersebut setiap hari hingga lovebird terbebas dari kutu burung
CATATAN:

Untuk menjaga supaya lovebird tidak terjangkit kutu, lakukan perawatan burung ibarat dibawah ini:
  1. Mandikan burung secara rutin setiap hari, atau minimal 3 hari sekali
  2. Bersihkan sangkar dari kotoran setiap hari, atau minimal 2 hari sekali
  3. Ganti atau tambahkan pakan setiap hari
  4. Ganti air minum setiap hari
  5. Jemur burung dipagi hari, yaitu sebelum jam 10 pagi
  6. Berikan pakan dan ekstra fooding yang cukup
  7. Berikan vitamin burung bila perlu, untuk menambah nutrisi burung dan menjaga kesehatan burung.
Itulah cara mengobati kutu lovebird dengan daun sirih yang direbus dan dipakai untuk memandikan burung lovebird kesayangan anda. Jika anda menerapkan cara diatas dengan benar, maka penyakit kutu pada burung lovebird anda akan hilang.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive