Home » , , » Cara Menentukan Anakan Pleci Jantan Yang Baik Dan Prospek

Cara Menentukan Anakan Pleci Jantan Yang Baik Dan Prospek

Cara menentukan anakan pleci jantan prospek Cara Memilih Anakan Pleci Jantan Yang Baik Dan Prospek
Images by: Wikimedia.org
Cara menentukan anakan pleci jantan - Burung pleci hingga hari ini harganya masih tetap tinggi dan peminatnya pun juga masih sangat banyak sekali. Disetiap kota dan disetiap gantangan burung hampir semua menyertakan lomba kelas pleci, baik itu untuk gantangan Latber (Latihan bersama) ataupun gantangan Latpres (Latihan prestasi) masih cukup banyak peminatnya, bahkan ada sebagian kota yang gantangan plecinya selalu ramai dan full gantangan.

Disisi lain keberadaan burung pleci semakin saja langka dan mungkin suatu ketika akan punah, alasannya yaitu perburuan burung pleci baik itu perburuan muda hutan ataupun anakan pleci yang masih dalam sarang masih sangat ramai sekali, bahkan ajakan pasar terhadap burung pleci lebih banyak daripada hasil tangkapan dari sang pemburu. Selain itu faktor semakin langkanya burung pleci disebabkan lantaran jenis burung dengan tubuh kecil ini cukup sulit untuk ditangkar/ dikembangbiakkan.

Memilih burung pleci yangi prospek untuk lomba sanggup dibilang gampang-gampang susah, lantaran huruf burung yang satu ini cukup rumit, khususnya bagi para pemula yang belum teralu faham dengan seluk beluk dan huruf pleci secara kafah. Ada yang beropini bahwa pleci jawara yaitu pleci jantan yang dipelihara semenjak masih anakan dengan full masteran dan perawatan yang baik. Ada pula yang beropini kalau pleci tangkapan muda hutan kalau full master dan dipelihara dengan baik juga akan menghasilkan pleci jawara yang moncer ketika lomba.

Menurut aku semuanya benar, banyak pleci jawara yang dipelihara semenjak masih anakan, dan ada pula pleci jawara hasil tangkapan hutan yang dipelihara dan dirawat secara baik. Pertanyaannya, bagaimana cara menentukan anakan pleci jantan yang manis dan prospek sehingga sanggup menjadi jawara? Sebab pada posting kali ini sesuai dengan judul diatas, bahwa aku akan membahas perihal cara menentukan anakan pleci jantan yang baik dan prospek, bukan bagaimana cara menentukan pleci jantan hasil tangkapan hutan yang sudah dewasa.

Cara memilh anakan pleci jantan yang prospek

Cara menentukan anakan pleci jantan prospek Cara Memilih Anakan Pleci Jantan Yang Baik Dan Prospek
Dalam menentukan anakan pleci jantan anda harus teliti dan berhati-hati, alasannya yaitu kebanyakan kios atau penjual pleci akan menentukan dan menyeleksi terlebih dahulu anakan pleci yang hendak dijual, dimana anakan pleci jantan yang berkualitas sudah diambil dan disisihkan terlebih dahulu, sisanya hanya tinggal anakan pleci betina atau anakan yang tidak prospek yang dijual ke pembeli, kecuali kalau anda membeli pribadi kepada pemburu atau membeli ke penjual yang sudah terpercaya dan sudah mempunyai nama dan keahlian dalam menentukan anakan pleci jantan yang baik, tapi tentunya kalau anda membeli ke penjual tersebut niscaya harganya akan lebih mahal.

Adapun cara memilh anakan pleci jantan yang baik dan prosepek untuk lomba yaitu sebagai berikut:

1. Pilih anakan pleci yang mempunyai bentuk kepala yang cenderung memanjang dan datar, jangan menentukan anakan pleci dengan kepala lingkaran dan pendek, alasannya yaitu kemungkinan besar anakan pleci tersebut berjenis kelamin betina.

2. Pilih anakan pleci yang berwarna terang, bukan yang berwarna kusam atau keabu-abuan.

3. Pilih anakan pleci yang mempunyai postur tubuh yang besar dan bongsor atau lebih besar dari anakan pleci lainnya.

4. Pilih anakan pleci yang mempunyai bulu kepala yang njambul atau tampak sering berdiri.

5. Pilih anakan pleci yang mempunyai tatapan mata yang tajam, melotot, dan tampak garang.

6. Pilih anakan pleci yang suaranya lebih kencang dan ketika diloloh mulutnya tampak lebih lebar dari yang lainnya.

7. Pilih anakan pleci yang mempunyai rongga lisan berwarna lebih merah dari yang lainnya.

8. Pilih anakan pleci yang pada pangkal lidahnya terdapat garis hitam disisi kiri dan kanan, alasannya yaitu ciri tersebut mengambarkan bahwa anakan pleci tersebut berjenis kelamin jantan.

9. Pilih anakan pleci yang ibarat burung cucak ijo, dimana warna paruh pecahan bawah cenderung lebih gelap.

10. Pilih anakan pleci yang mempunyai kacamata/ lingkar mata berwarna putih yang lebih tebal dan tajam.

Jika anda menemukan anakan pleci yang sesuai dengan kriteria dan ciri-ciri diatas, kemungkinan besar anakan pleci tersebut berjenis kelamin jantan dan mempunyai prospek yang baik ketika dewasa, dengan catatan anda pelihara dengan teladan rawatan yang baik dan benar, serta anda berikan masteran dengan irama dan lagu yang sempurna secara full masteran.

Demikianlah tips dan cara menentukan anakan pleci yang manis dan prosepek untuk lomba ketika arif balig cukup akal sanggup menjadi jawara pleci tingkat kota atau bahkan tingkat nasional. Semoga bermanfaat, Salam pleci mania indonesia.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive