Home » » Harga Burung Hantu Bermacam Jenis Lengkap Dengan Fotonya

Harga Burung Hantu Bermacam Jenis Lengkap Dengan Fotonya

Macam-macam Jenis Burung Hantu Lengkap dengan Harga dan Fotonya

Harga burung hantu mungkin tidak begitu banyak yang tahu jikalau dibandingkan dengan harga burung kicau. Burung hantu memang tidak sepopuler burung berkicau menyerupai burung cucak rowo dan juga lovebird maupun kenari.

Hanya sedikit penggemar burung hantu yang memang berniat memeliharanya sebagai hewan kesayangan. Jauh lebih banyak penggemar burung Cendrawasih asal Papua atau Irian tetapi alasannya termasuk hewan dilindungi maka burung cendrawasih dihentikan dijual bebas. Kalaupun ada yang menjual burung cendrawasih itupun di pasar gelap setrik ilegal dengan harga puluhan juta rupiah per ekor. Bahkan untuk harga awetan burung cendrawasih juga mahal dan perlu mengetahui terperinci asal usulnya semoga tidak bermasalah dengan hukum.

Kembali ke duduk masalah burung hantu yang jikalau di film luar negeri atau film barat identik dengan dunia magic atau sihir lihat saja pada film harry potter yang penuh nuansa gaib burung hantu tampak sering dimunculkan.

Didunia pertanian, burung hantu yaitu musuh alami hama tikus di lahan pertanian sehingga dikala ini mulai banyak dikembangkan pemeliharaan burung hantu untuk menjaga sawah alasannya kemampuannya menangkap dan membunuh serta memakan tikus.

Berapa harga terbaru burung hantu dipasaran? harga termurah sekitar puluhan ribu rupiah sedangkan yang mahal bisa mencapai 1 juta rupiah. Berikut ini daftar macam-macam jenis burung hantu mulai burung hantu celepuk, oriental bay, javan ovlet hingga bobo sumatranus.
Jenis-jenis Burung Hantu Yang Ada di Indonesia

Jenis Burung Hantu Beluk kerikil Jawa


Javan Owlet Glaucidium, serta mempunyai nama latin Glaucidium castanopterum. Burung Hantu jenis ini yaitu burung endemik Pulau Jawa dan Bali. Habitat beluk kerikil jawa yaitu di kantung-kantung hutan di dataran rendah dan perbukitan. Namun mereka juga sering terlihat di pekarangan desa, hutan primer, dan hutan sekunder.

Jenis Punggok Cokelat


Spesies burung hantu yang mempunyai nama latin Ninox scutulata ini dikenal juga dengan nama Brown Hawk-Owl. Burung ini berukuran medium, dengan tinggi sekitar 32 cm. Habitat Punggok Cokelat antara lain di hutan dan kawasan yang banyak pepohonan. Daerah penyebaran punggok cokelat mencakup Asia Selatan mulai dari India dan Sri Lanka hingga bab timur Indonesia dan China Selatan.

Jenis Burung Hantu Seloputo


Burung yang dikenal juga dengan nama Spotted Wood Owl ini mempunyai nama latin Strix seloputo. Termasuk kedalam spesies burung hantu yang berbadan besar. Tingginya sekitar 47 cm. Ada 3 sub-spesies dari Strix seloputo yaitu Strix seloputo seloputo (Myanmar dan Thailand Tengah hingga Singapura, serta Jambi (Sumatra) dan Jawa. Strix seloputo baweana (Endemik Pulau Bawean), dan Strix seloputo wiepkini (Pulau Calamian dan Palawan (Filipina)).

Burung Hantu Jenis Kokok Beluk


Burung hantu yang dikenal juga dengan nama Brown Wood Owl ini mempunyai nama latin Strix leptogrammica. Mereka termasuk jenis burung hantu berbadan besar. Tubuhnya setinggi 45-47 cm. Burung hantu jenis ini hidup di wilayah Asia Selatan menyerupai Sri Lanka dan India hingga ke Timur hingga ke Indonesia dan China Selatan.

Jenis Burung Hantu Beluk Telinga Pendek


Burung hantu yang dikenal juga dengan nama Short-eared Owl ini mempunyai nama latin Asio flammeus. Jenis burung hantu ini mempunyai setidaknyya 10 sub-spesies dan tersebar di seluruh benua kecuali Australia dan Antartika.

Burung Hantu Jenis Celepuk Reban


Burung hantu kecil yang mempunyai nama latin Otus lempiji ini mempunyai berbagai nama panggilan. Nama umumnya yaitu Celepuk, di Sunda disebut dengan beuek, sedangkan di Jawa Tengah disebut manuk kuwek, sedangkan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Sunda Scops-Owl atau Collared Scops-Owl. Dulunya spesies ini dimasukkan dalam sub-spesies Otus bakkamoena, tetapi kini sudah tidak lagi. Daerah penyebaran burung celepuk reban ini yaitu di Filipina, Kalimantan, Sumatera, Jawa, dan Bali.

Jenis Burung Hantu Tito Alba Jenis Yang Populer


Burung hantu Tito, atau Serak Jawa atau Barn Owl. Jenis burung hantu ini bertubuh besar dengan tubuh bab atas berwarna kuning bau tanah kecokelatan dengan bercak halus, sedangkan bab bawah berwarna putih dengan bintik hitam. Tingginya mungkin sekitar 34 cm. Ciri-ciri burung hantu Tito yaitu mempunyai wajah yang berwarna putih yang berbentuk menyerupai hati.
Habitat burung hantu tito alba ini yaitu kawasan berpohon di tepi hutan, perkebuann, hingga taman kota dengan ketinggian mencapai 1.600 m di atas permukaan laut. Burung hantu jenis ini sanggup ditemukan di seluruh benua, kecuali Antartika.

Burung Hantu Wowo-wiwi


Dikenal juga dengan nama Serak Bukit atau Oriental Bay Owl, dan mempunyai nama latin Phodilus badius. Burung hantu jenis ini mempunyai wajah khas yang bisa dibilang menyerupai ular sendok. Tingginya sekitar 27 cm. Daerah penyebarannya yaitu wilayah Asia Tenggara.

Jenis Celepuk Merah


Dikenal juga dengan nama Reddish scops-owl serta mempunyai nama latin Otus rufescens. Ukuran tubuh mereka sangat kecil, tingginya hanya sekitar 15-18 cm. Habitat celepuk merah yaitu kawasan dataran rendah dengan banyak pepohonan, perbukitan, serta hutan primer dan sekunder. Setrik umum, habitat mereka berada pada dataran rendah, tetapi ada juga yang hidup di kawasan dengan ketinggian mencapai 1.350 m di atas permukaan laut. Daerah penyebaran celepuk merah antara lain Sumatera, Jawa, Kalimantan hingga Semenanjung Thailand, dan Semenanjung Malaysia.

Burung Hantu Jenis Celepuk Gunung


Dikenal juga dengan nama Javan Scops Own dan mempunyai nama latin Otus angelinae. Burung hantu berukuran kecil ini (tingginya sekitar 20 cm) merupakan spesies burung hantu langka yang hanya sanggup ditemukan di Indonesia. Selain itu, burung hantu ini juga tidak mempunyai sub-spesies.

Burung Hantu Celepuk


Dikenal juga dengan nama Indian Scops Owl dan mempunyai nama latin Otus bakkamoena. Habitat clepuk yaitu di dalam hutan dan area yang banyak pohonnya. Meskipun ukuran tubuh mereka hanya sekitar 23 - 25 cm, tetapi mereka yaitu salah satu yang terbesar dari spesies scops owl. Mereka yaitu pemakan serangga dan merupakan hewan nokturnal. Karena kemampuan kamuflasenya yang cukup mumpuni, akan sangat sulit menemukan mereka di siang hari. Daerah penyebaran Indian Scops Owl yaitu bab selatan Asia mencakup Bagian Timur dari Timur Tengah, anak benua India, hingga ke beberapa negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Jenis Burung Hantu Celepuk Rajah


Burung hantu yang hanya berukuran sekitar 23 cm ini emiliki nama latin Otus brookei. Bisa dibilang burung hantu kecil ini merupakan yang paling tidak terkenal dibandingkan dengan jenis burung hantu lainnya di Indonesia. Karena memang hanya pernah ditemukan beberapa spesimen saja yang berasal dari kawasan pegunungan di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa Timur.

Burung Hantu Hingkik


Memiliki nama lain Beluk Jampuk atau Barred Eagle Owl serta mempunyai nama latin Bubo sumatranus. Sering juga disebut dengan nama Malay Eagle Owl. Habitat hingkik yaitu di hutan tropis dan subtropis di dataran rendah. Daerah penyebaran Hingkik antara lain di Pulau Keeling, Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand.

Jenis Burung Hantu Bloketupu


Bubo Ketupu atau Ketupa Ketupu atau Beluk ketupa atau Buffy Fish Owl. Dikenal juga sebagai Malay Fish Owl. Habitat Bloketupu yaitu kawasan hutan pegunungan tropis dan subtropis. Daerah penyebaran bloketupu ini antara lain di Brunei, Kamboja, India, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

Referensi : wikipedia, kutilang.or.id, fansburung.blogspot.com, owlpages.com, birdlife.org, arkive.org, with-owl.blogspot.com

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive