Home » » Harga Watu Mulia Bermacam Jenis Terbaru

Harga Watu Mulia Bermacam Jenis Terbaru

Macam-macam Jenis Batu Mulia (Batu Permata) dan Harga Batu Permata Termahal
Batu Permata atau Batu Mulia yaitu sebuah mineral kerikil yang dibuat dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi. Jenis Batu Permata termahal yang paling diminati di dunia yaitu yang berkristal yaitu Batu Zamrud (Emerald), Batu Blue Safir (Sapphire), Batu Ruby (Merah Delima) dan Berlian / Batu Intan (Diamond). Permata tersebut sangat cocok dijadikan Batu cincin maupun cincin Berlian.
Batu Berlian atau disebut juga Intan (Diamond) "Dalam mineralogi" yaitu alotrop karbon metastabil, di mana atom karbon disusun pada variasi dari struktur kristal kubik. Batu Intan terkenal sebagai materi dengan kualitas fisik superlatif, yang sebagian besar berasal dari ikatan kovalen yang besar lengan berkuasa antara atomnya. Setrik khusus, berlian yaitu Jenis Batu mulia yang paling keras yang mempunyai nilai 10 dari Skala 10 Mohs dan konduktivitas termal dari aneka macam materi massal. Berlian merupakan salah satu Batu Mulia termahal yang disebabkan batunya sangat langka dan mempunyai kilauan atau sanggup memancarkan cahaya. Berlian juga ada yang berwarna ibarat Berlian Biru (Blue Diamond), Berlian Kuning (Yellow Diamond) dan Berlian Hitam (Black Diamond). Tambang Berlian (Batu Intan) banyak ditemukan di Afrika. Di Indonesia juga mempunyai tambang Batu Intan yaitu di Martapura (Kalimantan). Berlian melambangkan kesucian, kemuliaan, kemakmuran dan kekuasaan bagi pemakainya, yang biasanya dipakai sebagai cincin Batu Berlian, disamping itu juga sering dipakai mata untuk cincin nikah.
Batu Ruby atau disebut juga Batu Merah Delima yaitu kerikil permata berwarna merah yang mempunyai variasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (Al2O3). Jenis Batu Ruby termasuk kerikil yang sangat keras yang mempunyai nilai 9 dari Skala 10 Mohs. Warna Merah pada Batu Ruby terutama disebabkan oleh kromium (aluminium oksida) dengan sistem krsstal Heksagonal. Batu Ruby terbaik berwarna merah darah (Blood) dan Kristal yang berasal dari Burma (Myanmar). Sedangkan Batu Ruby Afrika warnanya agak merah gelap dan tidak kristal. Batu Rubi melambangkan keberanian, kekuatan dan keberuntungan bagi pemakainya, yang biasanya dipakai sebagai cincin Batu Ruby.
Batu Safir / Sapphire atau disebut juga Batu Nilam (dalam Bahasa Melayu) yaitu bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain ibarat besi, titanium, dan kromium menunjukkan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap Blue safir. Jenis Batu Safir termasuk kerikil yang sangat keras yang mempunyai nilai 9 dari Skala 10 Mohs. Blue Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang mempunyai warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai Batu Ruby (Merah Delima). Batu Safir terbaik berasal dari Sri Lanka (Ceylon) dan Khasmir (India), Dimana dari kedua jenis Batu Safir tersebut paling banyak dicari lantaran kualitasnya yang sangat bagus. Batu Safir melambangkan kebijaksanaan, keagungan dan kehormatan bagi pemakainya, yang biasanya dipakai sebagai cincin Batu Safir.
Batu Zamrud / Emerald yaitu kerikil permata atau kerikil mulia yang berwarna hijau hingga hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium (Be3Al2SiO6). Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan mengakibatkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dari skala 10 Mohr). Batu Zamrud terbaik berasal dari Colombia, lantaran warna hijau pada Batu Zamrudnya sangat tajam, Bahkan kearah Hijau bau tanah dan Kristal. Beda kalau Batu Zamrud dari Brazil atau Rusia mempunyai warna hijau lebih muda. Batu Zamrud melambangkan keanggunan, kesegaran dan kewibawaan bagi pemakainya, yang biasanya dipakai sebagai cincin Batu Zamrud.


Natural Emerald; Colombia

1.49 Carat; Untreatment; VVS2

6.3 x 6.1 x 4.9 mm

Harga: Rp 2.290.000



Natural Emerald; Colombia

1.53 Carat; Untreatment; VVS2

6.5 x 6.4 x 4.9 mm

Harga: Rp 2.300.000



Natural Emerald; Colombia

1.58 Carat; Untreatment; VVS2

6.6 x 6.4 x 5.0 mm

Harga: Rp 2.390.000


Natural Emerald; Colombia

1.63 Carat; Untreatment; VVS2

6.7 x 6.5 x 5.0 mm

Harga: Rp 2.500.000



Natural Emerald; Colombia

1.72 Carat; Untreatment; VS2

6.7 x 6.5 x 5.2 mm

Harga: Rp 2.800.000



Natural Emerald; Colombia

1.81 Carat; Untreatment; VVS2

6.8 x 6.7 x 5.2 mm

Harga: Rp 2.990.000



Natural Emerald; Colombia

1.88 Carat; Untreatment; VVS2

7.1 x 6.9 x 5.3 mm

Harga: Rp 3.200.000


Beberapa Macam Jenis Batu Permata Termahal di Dunia

Berikut ini merupakan beberapa nama kerikil permata yang dijual dengan harga fantastis di dunia. Ini ia kerikil permata tersebut:

Batu Hope

Batu permata yang paling mahal di dunia yang pertama yaitu kerikil permata Hope. Batu permata termahal ketika ini dibanderol dengan harga sekitar 250 juta dolar AS. Harganya setara dengan 2,2 triliun rupiah untuk setiap karatnya. Batu permata ini tidak hanya dijadikan sebagai kerikil permata untuk tambahan tetapi juga dijadikan sebagai lambang kemewahan. Membeli kerikil permata ini merupakan sebuah investasi menarik yang sangat menguntungkan. Jumlahnya yang terbatas dan harganya yang selalu melambung tinggi membuat peminatnya semakin banyak.



Batu Jadeite

Selain Batu Akik Bacan, Batu permata termahal selanjutnya yaitu kerikil permata Jadeite. Batu permata yang satu ini mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Setiap karat kerikil permata ini dijual dengan harga yang sangat tinggi. Ada sebuah kalung yang terdiri dari 27 kerikil permata Jadeite, harga kalung tersebut bernilai 27,5 juta dolar Amerika Serikat.



Batu Serendibite

Batu Serendibite termasuk salah satu kerikil permata yang dijual dengan harga fantastis. Harga kerikil cincin termahal di dunia ini yaitu 2,5 juta dolar AS untuk setiap karatnya. Batu permata ini termasuk salah satu kerikil permata yang langka. Batu yang mempunyai tingkat kekerasan sekitar 6,5 hingga 7 skala mohs ini banyak ditemukan di Srilanka dan Birma.



Batu Blue Garnet

Batu permata Blue Garnet juga termasuk dalam jajaran kerikil permata yang termahal di seluruh dunia. Batu permata yang satu ini sudah terkenal semenjak jaman dahulu, tidak heran kalau harganya sangat tinggi. Batu permata yang satu ini mempunyai beberapa variasi warna, banyak pilihan yang sanggup diubahsuaikan dengan selera. Antara lain yaitu merah, kuning, hijau, hitam, pink, oranye, ungu dan biru. Warna biru merupakan warna kerikil permata termahal dunia dari warna-warna lainnya.



Batu Painite

Batu permata yang satu ini merupakan salah satu kerikil permata yang langka. Ditemukan di Myanmar, kerikil permata ini termasuk jenis mineral borat yang mengandung vanadium. Tidak heran kalau kerikil permata yang langka ini sanggup berubah warna. Harga kerikil permata termahal ini yaitu sekitar 60 ribu dolar AS untuk setiap karatnya.




Grandidierite

Batu akik langka ini mempunyai keindahan yang sangat mempesona. Warnanya yang berkilau, tampak fresh dan jernih memang sangat memukau. Untuk pertama kali, kerikil permata ini ditemukan pada tahun 1902 di Madagaskar. Nama yang diberikan pada kerikil permata ini yaitu merupakan bentuk penghormatan pada naturalis yang mempelajari mengenai kerikil tersebut. Harga kerikil permata termahal ini yaitu berkisar antara 40 hingga 50 ribu dolar AS per karatnya.



Musgravite

Batu permata yang dijual dengan harga fantastis lainnya yaitu kerikil permata Musgraviti. Batu permata yang satu ini ditemukan pertama kali pada tahun 1967 di pegunungan Australia Selatan. Batu permata ini mempunyai tingkat kekerasan 8 hingga 8,5 skala mohs. Sampai di tahun 2005, diketahui kerikil permata ini hanya ada 8 buah saja di seluruh dunia. Makara sanggup dipastikan kerikil permata ini merupakan kerikil permata langka. Untuk harga, kerikil permata termahal ini dijual dengan harga sekitar 35 ribu dolar AS per karat.



Black Opal

Black Opal merupakan kerikil permata termahal yang ditemukan di Australia. Batu permata ini juga ditemukan di negara lain, salah satunya yaitu di Indonesia. Batu yang termasuk jenis yang sama dengan kerikil Black Opal yang berasal dari Indonesia disebut sebagai kerikil Kalimaya. Batu permata di dunia laris terjual dengan harga sekitar 2,3 ribu dolar AS untuk setiap karatnya. Di Indonesia sendiri, kerikil Kalimaya memang termasuk ke dalam jajaran kerikil termahal dengan keistimewaan yang dimilikinya.



Jeremejevite

Batu pertama yang satu ini juga termasuk kerikil permata yang langka di dunia. Batu permata ini dijual dengan harga senilai 2 ribu dolar AS per karat. Batu permata termahal ini mempunyai tingkat kekerasan 7 skala mohs. Selain lantaran merupakan kerikil permata yang langka, keindahan kerikil permata ini memang sangat mempesona. Banyak yang tertarik ingin menimbulkan kerikil permata ini untuk pembuatan perhiasan.



Red Beryl Emerald

Satu lagi kerikil permata yang langka di dunia dan dijual dengan harga fantastis yaitu kerikil Red Beryl Emerald. Batu permata termahal ini dijual dengan harga 10 ribu dolar AS untuk setiap karatnya. Batu permata ini mempunyai beberapa variasi warna. Antara lain yaitu biru, merah, hijau, kuning dan juga putih. Batu permata ini ditemukan pada tahu 1904 di pegunungan Utah, Amerika. Batu permata ini juga dikenal sebagai kerikil Bixbite lantaran penemunya pertama kali yaitu Maynard Bixby. Karena merupakan kerikil permata yang langka, tidak banyak orang yang mengetahui kerikil permata ini.



0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive