Home » » Harga Jasa (Ongkos) Tukang Dan Kuli Bangunan Terbaru

Harga Jasa (Ongkos) Tukang Dan Kuli Bangunan Terbaru

Ongkos Kuli Bangunan dan Tukang Terbaru di Kota Kecil, Kota Besar dan di Pedesaan
Ongkos tukang dapat sangat berbeda ketika item pekerjaan dibedakan dalam bentuk borongan ataukah harian.

Ongkos tukang dan kuli bangunan yaitu komponen biaya penting ketika kita akan mendirikan suatu bangunan. Salah salam menentukan tukang yang elok dapat menjadikan ongkos tukang membengkak dan biaya jauh melebihi budget yang dianggarkan.

Biaya tukang dan kuli bangunan memang dapat sangat berbeda dibeberapa kawasan yang tergantung dari kemakmuran kawasan tersebut, lokasi kawasan apakah didesa atau di kota, kota besar atau kota kecil dan faktor lainnya.

Berapa kisaran ongkos tukang dan kuli bangunan ketika ini? Berikut kisaran biaya untuk tukang bangunan dan kulinya ketika artikel ini diupdate.
  • Ongkos tukang dan kuli bangunan di kota besar. Kisaran untuk ongkos tukang dikota-kota besar menyerupai Surabaya antara Rp 80.000 - 100.000 per hari, sedangkan ongkos kuli bangunan sekitar Rp 65.000 - 75,000 per orang perhari.
  • Ongkos tukang untuk dikota-kota kecil menyerupai Probolinggo, Lumajang yaitu berkisar antara Rp 65.000 - 75,000 per orang per hari, sedangkan untuk ongkos kuli bangunannya sekitar Rp 50.000 - 60.000 per orang perhari.
  • Ongkos tukang untuk didaerah pedesaan hampir sama dengan di kota-kota kecil mengingat dipedesaanpun ketika ini biaya hidup juga sudah mulai mendekati kota kecil. Kalaupun ada selisih biaya tukang hanya berkisar Rp 10.000 an per orang.
Biaya tukang dapat berbeda diberbagai kawasan alasannya yaitu ada istilah tukang lepas yaitu tanpa diberi makan siang maupun snack dan kopi tiap pagi dan sore sehingga mereka harus membawa bekal sendiri. Untuk tukang dan kuli bangunan model ini biasanya biaya makan akan ditambahkan pada biaya tukang sehingga terkesan lebih mahal. Untuk didesa terkesan biaya tukang lebih murah tetapi biasanya tuan rumah masih menyediakan makan siang dan juga snack serta kopi/teh ketika pagi dan sore.

Demikian isu terbaru kisaran ongkos tukang bangunan dan kulinya yang berlaku dikota kecil, kota besar dan juga di pedesaan. Ongkos tukang dapat sangat berbeda jikalau pekerjaan dilakukan setrik borongan dan bukan menurut bayaran harian. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive