Home » » Ingin Pedet Lahir Jantan Atau Betina? Alat Ini Dapat Membantu Mewujudkannya!

Ingin Pedet Lahir Jantan Atau Betina? Alat Ini Dapat Membantu Mewujudkannya!

Sering seorang peternak yang melaksanakan perjuangan breeding mengharapkan supaya anak dari induk ternak yang dilahirkan sanggup berjenis kelamin sesuai yang diinginkan. Kebanyakan peternak tentunya ingin mendapat pedet berkelamin jantan bagi peternak sapi tentunya, sedangkan bagi peternak kambing alasannya ialah kebanyakan kambing melahirkan 2 - 3 ekor per kelahiran maka sering yang lahir cempenya sudah ada yang jantan maupun betina.


Keinginan peternak sapi untuk sanggup mendapat pedet berjenis kelamin sesuai harapan nampaknya segera sanggup diwujudkan dengan adanya invovasi teknologi yang dibentuk oleh 5 mahasiswa Brawijaya ini. Berikut ini beritanya yang dikutip dari ristekdikti.go.id.

Lima mahasiswa Universitas Brawijaya Malang membuat penemuan teknologi untuk memilih jenis kelamin binatang ternak. Kelima mahasiswa Frido Wahyu A, Ronny Ari Setiawan, Dimas Firdaus Adami, Wahyu Setiawan, dan Mirsa Ita Dewi Adiana melaksanakan penelitian untuk menyortir spermatozoa X dan Y untuk memilih jenis kelamin binatang ternak.

Ketua Tim Frido Wahyu menyampaikan alat purwarupa ini telah dilakukan pengujian pertama di laboratorium Sumber Sekar Universitas Brawijaya. Pengujian tahap kedua akan dilangsungkan terhadap ternak inseminasi buatan. “Pengujian pertama menawarkan hasil signifikan,” katanya, Ahad 11 September 2016.


Mereka membuat alat yang diberi nama SWIMP UP-SORTER menggabungkan konsep sentrifugasi dan elektroforesis. Proses sentrifugasi dilakukan untuk memisahkan bab semen atau sperma motil (hidup) dan inmotil (mati). Sedangkan tahap elektroforesis untuk memisahkan kromosom X dan Y. Kromosom X menuju ke katoda dan kromosom Y menuju ke anoda.

Pemisahan sperma atau semen Sexing spermatozoa setrik elektrik menggunakan Arduino atau sistem kontrol elektrik mikrokontroler. Yakni sistem pengendali mikro yang menggunakan teknologi supaya proses pemisahan sperma dilakukan gampang dan cepat.

Alat ini juga dilengkapi sistem pengendali suhu supaya suhu sperma terjaga dan stabil.

Kelima mahasiswa ini dibimbing dosen Fakultas Teknik Eka Maulana, dan dosen Fakultas Peternakan Gatot Ciptadi. Kelima mahasiswa ini membawa SWIMP UP-SORTER berkompetisi dalam The 3rd International Young Inventors Award (IYIA) di Surabaya 1-9 September 2016. Hasilnya mereka mendapat medali emas.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive