Home » » Plus Minus Pemakaian Optaflexx Dalam Industri Penggemukan Sapi Potong

Plus Minus Pemakaian Optaflexx Dalam Industri Penggemukan Sapi Potong


Pemakaian Beta Agonis 2 sudah terang dihentikan sebab imbas sampingnya pada insan dan juga pada sapi yang memakan pakan mengandung BA2. Efek beta agonis 2 terhadap berkurangnya lemak dalam daging sapi impor memang sangat konkret dan disukai oleh para jagal di negara kita. Jika kita tidak memikirkan ancaman yang timbul dari pemakaian BA2 maka tentunya ini merupakan obat atau zat yang sangat menguntungkan sebab bisa sangat mengeliminir lemak pada daging sapi. Tetapi mengingat ancaman yang ditimbulkan Beta agonis 2 sangat besar maka pemerintah dibanyak negara melarang pemakaian BA2 ini.
 sudah terang dihentikan sebab imbas sampingnya pada insan dan juga pada sapi yang memakan  Plus Minus Pemakaian Optaflexx Dalam Industri Penggemukan Sapi Potong
Contoh produk optaflexx
Salah satu alternatif yang bisa dipakai untuk mengganti pemakaian beta agonis 2 yakni dengan optaflexx yang merupakan jenis beta agonis 1. Bagaimana manfaat dan ancaman dari optaflexx silahkan simak uraiannya dibawah ini yang dikutip dari trobos.com, supaya bermanfaat.

Keunggulan OPTAFLEXX®: Nilai Ekonomi dan Keamanan Produk di Feedlot 



Foto:



Telah diuji setrik ketat untuk keamanan manusia, binatang dan lingkungan, serta sudah disetujui FDA apabila dipakai sesuai label.

Konsumsi daging sapi perkapita di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pada 2016, konsumsi daging sapi penduduk Indonesia mengalami peningkatan sebesar 15 % dibanding 2015 dari 1,9 kg/kapita menjadi sebesar 2,2 kg/kapita (OECD FAO Agricultural Outlook).

Data ini memperlihatkan bahwa potensi konsumsi masyarakat Indo­nesia terhadap sumber protein hewani masih cukup besar terutama konsumsi daging sapi yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Tidak salah, apabila bisnis penggemukan sapi di Indonesia sangat menggiurkan. Namun disatu sisi, harus diimbangi dengan undangan pasar yang menginginkan daging sapi berkualitas.


Sejalan dengan pertumbuhan berat tubuh sapi dalam feedlot (penggemukan), maka bobot hidup dan karkas juga mengalami peningkatan. Hanya, pada masa final pemeliharaan, kecenderungan pertumbuhan lemak meningkat, sedangkan persentase pertumbuhan otot menurun.

Penggunaan Optaflexx® pada Sapi

Pakan yang dikonsumsi ternak dipakai untuk memenuhi majemuk kebutuhan nutrisi. Diantaranya yakni kebutuhan energi terutama untuk energi pemeliharan (maintenance/NEm) dan pertumbuhan (growth/NEg). Dengan perubahan komposisi pakan dari pakan hijauan menjadi pakan yang padat nutrisi selama di feedlot, ter­nak sanggup tumbuh setrik optimal selama masa pemeliharaan. Namun, komposisi pertambahan berat tubuh mulai berubah.

Setrik fisiologi hingga pada titik tertentu otot daging akan tetap tumbuh, tetapi bergerak lambat sedangkan lemak bertambah dengan cepat. Kecepatan pertumbuhan lemak lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan pembentukan otot. Pertumbuhan tulang relatif konstan dan sebanding dengan pertambahan bobot tubuh tatkala hidup.

Optaflexx® merupakan produk hasil riset dan teknologi sebagai materi imbuhan pakan ternak yang memungkinkan ternak untuk menghasilkan daging lebih banyak dan berkualitas tinggi dengan se­dikit lemak. Optaflexx® telah dipercaya USDA dan diproduksi melalui teknologi tinggi, sehingga bisa meningkatkan efisiensi pakan dan menambah bobot ternak.

Untuk dukungan Optaflexx® dilakukan selama 28 -42 hari sebelum masa panen untuk meningkatkan, diantaranya bobot badan, efisiensi pakan dan kualitas karkas dengan membatasi pertumbuhan lemak. Optaflexx® akan mengubah energi menjadi tumpukan jaringan dan membatasi pertumbuhan lemak dengan merangsang sintesis protein pada final periode pemeliharaan. Selain meningkatkan efisiensi pakan dan bobot badan, dukungan Optaflexx® akan menjaga rasa alamiah, kelembutan dan juiceness daging yang dihasilkan.

Ketika ternak sapi masih muda, pakan yang dikonsumsi akan dipakai untuk membangun otot, tetapi dengan bertambahnya umur, maka bertambah pula lemak tubuhnya. Optaflexx® membantu ternak sapi potong untuk memelihara pembentukan massa otot setrik alamiah, sehingga menghasilkan daging dan lemak yang terkendali sesuai undangan pasar.

Data di atas (Tabel 2, Tabel 3 dan Tabel 4) memperlihatkan bahwa dengan dukungan Optaflexx® 3 gram/ekor/hari sanggup meningkatkan bobot hidup sebesar 22,5 lbs atau 11.25 kg, meningkatkan efisiensi sebesar 16,4 %, dressing percent meningkat 0,7 unit dan hot carcass weight sebesar 20,3 lbs atau setara dengan 10,15 kg.

Perbedaan Optaflexx® dengan produk lainnya yakni takaran Optaflexx® yang sangat fleksibel sehingga para feedloter sanggup menentukan tingkatan takaran sesuai tujuan dari performa yang diharapkan, zero withdrawal time dan waktu pemasaran yang fleksibel. Sehingga memperlihatkan ke­nyamanan pada peternak dan meningkatkan ROI baik pada penjualan sapi hidup atau karkas.

Untuk komposisi produk Optaflexx® mengandung Ractopamine hydrochloride, masuk dalam class Phenethanolamine dan bekerja sebagai beta adrenergic agonist 1. Ractopamine berasal dari dua molekul yang setrik alami ditemukan pada aneka macam jenis tanaman, binatang dan serangga (termasuk raspberry ketones) yang sanggup mengubah nutrisi dari pembentukan lemak menjadi protein. Ractopamine bukanlah hormon dan Optaflexx® diproduksi dengan mengeringkan Ractopamine hydrochloride ke dalam adonan corn cob grit dan refined soybean oil.

Diuji Setrik Ketat

Optaflexx® merupakan beta agonist 1 yang disetujui penggunaan­nya pada ternak ruminansia di Amerika Serikat semenjak tahun 2003. Ractopamine masuk dalam kategori produk yang kondusif dipakai berdasarkan Codex dan telah dipakai di 27 negara termasuk Amerika Serikat dan Australia.

Elanco berkomitmen terhadap kesehatan dan kesejahteraan hewan. Optaflexx® telah diuji setrik ketat untuk keamanan manusia, binatang dan lingkungan. Serta telah disetujui FDA apabila dipakai sesuai label. Sebagai pelengkap uji keamanan dan pengawasan, Elanco terus memastikan bahwa konsumen memperoleh klarifikasi yang lengkap gimana menggunakan produknya.

Komitmen jangka panjang Elanco yakni membantu para produ­sen ternak untuk memproduksi daging sapi berkualitas tinggi. Hal ini dimulai dengan melaksanakan riset hingga dokumentasi keamanan produk baik untuk manusia, binatang dan lingkungan sebagai potongan dari proses persetujuan dari FDA. Ratusan studi telah menyatakan bahwa Optaflexx® kondusif untuk manusia, binatang dan lingkungan. Dari riset ini, FDA’s Center for Veterinary Medicine menyimpulkan bahwa :

1. Optaflexx® efektif diberikan pada ternak dengan takaran 30 ppm atau setara dengan konsumsi hingga dengan 300 mg Ractopamin/ekor/ hari selama 28 -42 hari sebelum panen;

2. Optaflexx® kondusif dikonsumsi ternak tanpa memperlihatkan adverse event atau indikasi duduk perkara yang memperlihatkan kerusakan yang bekerjasama dengan animal safety selama masa pemeliharan;

3. Tidak ada duduk perkara keamanan binatang selama masa pengangkutan ternak atau masa panen

4. Aman terhadap lingkungan (tidak terakumulasi dalam tanah, tidak larut air, biodegradable, photodegradable), dan binatang liar.

5. Dengan kata lain bahwa semakin efisien sebuah produk terhadap performa, maka semakin rendah pula limbah atau cemaran yang dihasilkan.

Dari 32 studi pada sapi jantan dan 16 studi pada sapi dara yang melibatkan lebih dari 38.000 ekor memperlihatkan bahwa tidak ada janjkematian selama dukungan Optaflexx®. Lalu, sebanyak 55 studi toksikologi mendukung klaim Optaflexx® yang diberikan pada ternak bahwa kondusif dikonsumsi. Seseorang yang memiliki berat 66 kg mengkonsumsi 300 gram daging yang diberi Optaflexx® setiap harinya memperlihatkan masih di bawah NOEL (No Observed Effect Level).

Lalu gimana economic value dengan penggunaan Optaflexx® ? Dengan investasi Optaflexx® sebesar 3 gram/ekor/perhari selama 28 -42 hari, akan menghasilkan pelengkap bobot tubuh lagi sebesar 0,2 kg perhari yang sanggup meningkatkan net value dan return on investment (ROI).



Penulis: Drh Nina Kusumawati : Keunggulan OPTAFLEXX®: Nilai Ekonomi dan Keamanan Produk di Feedlot

Sumber:trobos.com

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive