Home » » Cara Merawat Prenjak Tamu Hasil Pikat Liaran

Cara Merawat Prenjak Tamu Hasil Pikat Liaran

Cara Merawat Prenjak Tamu Hasil Pikat Liaran - Burung prenjak tamu yaitu salah satu burung kicauan yang mempunyai bunyi khas dan merdu yang banyak digemari oleh para penggmar burung indonesia. Burung prenjak tamu masih banyak ditemukan dipekarangan rumah, kebun ataupun hutan. Dialam liarnya burung yang satu ini hidup berpasang-pasangan dan berkicau sahut-sahutan antara yang jantan dan betina. Suara burung prenjak tamu kalau hanya berkicau yang jantan/betina saja rasanya kurang pas dan perlu adanya kombinasi bunyi jantan dan betina dengan kompak. Makanan pokok untuk burung yang satu ini ialah jenis serangga kecil menyerupai jangkrik kecil, ulat kandang, ulat hongkong dsb. Dialam liarnya burung prenjak tamu sangat aktif dan lincah. Namun merawat burung yang satu ini yang ditangkap dari alam liarnya sampai mau berkicau didalam sangkar ialah hal yang tidak mudah, melainkan memerlukan ketelatenan, kesabaran serta perawatan yang baik dalam setiap prosenya.

Cara Merawat Prenjak Tamu sesungguhnya tidak terlalu sulit, namun masih ada para kicau mania yang belum memahami cara memelihara prenjak tamu yang ditangkap dari alam liarnya. Untuk itu kami akan menyebarkan cara perihal bagaimana merawat prenjak tamu yang ditangkap dari alam liarnya. Langsung simak saja caranya dibawah.

Cara Merawat Prenjak Tamu Hasil Pikat Liaran Cara Merawat Prenjak Tamu Hasil Pikat Liaran


1. Pertama-tama ialah melihat kondisi dari burung tersebut, pastika burung tidak cacat, sehat dan lincah. Pastikan burung prenjak yang akan dipelihara ada 2 ekor yang sejodoh. Karena prenjak tamu akan cepat berkicau kalau sejodoh dan kicauanya sahutan antara jantan dan betina. 

2. Yang kedua ialah pisahkan burung prenjak jantan dan betina disangkar sekat. Pastikan kedua burung tersebut jodoh, alasannya yaitu hal itu akan mempercepat proses berkicau.

3. Yang ketiga berikan pakan dengan ulat sangkar full didalam wadah makannya dan jangan lupa berikan air minum. Setelah burung prenjak mengikuti keadaan didalam sangkar, campurlah ulat sangkar dengan voer tipis saja.

4. Untuk pemandiannya bisa dilakukan pada pagi hari dengan menunjukkan cepuk air yang terisi air penuh dan melaksanakan pemandian tersebut sehabis burung prenjak mengikuti keadaan didalam sangkar, kalau burung prenjak gres didapat sebainya jangan dimandikan terlebih dahulu dan lakukan penjemuran setiap hari secukupnya saja.

5. Pemberian ulat sangkar wajib dilakukan setiap hari meskipun burung prenjak sudah mau makan voer, hal ini dilakukan semoga burung prenjak bisa bertahan hidup didalam sangkar dan mempercepat proses birahi sampai mau berkicau.

Untuk download bunyi kicau prenjak tamu silahkan klik disini.

Lakukanlah hal tersebut dengan rutin dan konsisten sampai burung prenjak tersebut mau berkicau dengan rajin setiap hari. Demikianlah cara yang bisa kami bagikan kepada sahabat kicau semuanya yang semoga bermanfaat. Untuk isu perihal burung kicau lainnya dan download bunyi burung silahkan kunjungi website kami di informasi kicau. Terimakasih atas kunjungan sahabat kicau semuanya dan apabila ada salah kata atau salah penulisan kata kami mohon maaf. Salam Kicau ^-^ 

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive