Home » » Bagaimana Cara Pendederan Ikan Lele Yang Gampang Untuk Dipraktekkan Oleh Para Pemula

Bagaimana Cara Pendederan Ikan Lele Yang Gampang Untuk Dipraktekkan Oleh Para Pemula


Bagaimana Cara Pendederan Ikan LelePendederan yaitu proses sesudah proses pembenihan. Pendederan ini sangat penting alasannya ialah dalam proses ini ikan akan mulai membiasakan diri dengan makanan dan lingkungan hidupnya. Pendederan ini juga bermanfaat untuk kita sanggup memilih grade atau kualitas setiap benih ikan lele tersebut, untuk grade biasanya di bagi bermetamorfosis 3 yaitu grade A, B dan C. Pemilihan grade ini sanggup dilihat dari cepat tidaknya pertumbuhan benih tersebut semakin,  cepat berarti ikan tersebut masuk kedalam gread A. Pendederan itu sendiri memerlukan cara khusus supaya benih ikan lele tidak meninggal berikut cara pendederan ikan lele :


Cara Pendederan Ikan Lele

Persiapan Kolam Pendederan Ikan Lele

            Kolam pendederan ini tidak memerlukan ukaran tertentu namun disarankan tidak terlalu besar alasannya ialah supaya kita praktis mengontrolnya. Misalnya memakai ukuran 2 x 3 – 3 x 4 dengan kedalaman 0,75 – 1 meter. Kolam pendederan sanggup memakai terpal, beton sanggup juga aneka macamiber. sesudah bak siap maka bak terlebih dahulu dikeringkan supaya bak terbebas dari penyakit yang melekat pada kolam. selepas pengeringan selesei isikan, untuk yang pertam isi dengan kedalaman 30 – 40 cm terlebih dahulu, ini bertujuan supaya ikan sanggup mengambil oksigen dengan mudah. Alangkah lebih bagusnya air dalam bak mengalir walaupun sedikit, serta  pada outlet (lubang pengeluaran) diberi jaring yang kecil supaya ikan tidak keluar melewati outlet.

Penebaran Laraneka macama Ikan Lele

            Penebaran laraneka macama ikan lele harus dilakukan secara berhati – hati alasannya ialah ikan lele yang masih kecil sangat rentang terhadap perubahan suhu yang sangat mendadak. Penebaran laraneka macama ikan lele ke kolam pendederan sanggup dilakukan dengan cara siapkan bejana dan isi air dari bak pendederan, sesudah itu taruh bejana pada bak pendederan sesudah itu ambil laraneka macama ikan lele dengan jaring yang tipis kemudian masukkan kedalam bejana yang terletak di bak pendederan kemudian diamkan selama 10 – 30 menit, sesudah itu miringkan bejana tersebut dan biarkan ikan lele keluar dengan sendirinya. Penebaran laraneka macama ikan lele ke bak pendederan mempunyai kepadatan sekitar 400 – 600 ekor/m2 dengan kira – kira ukuran benih 1 – 3 cm.

Pemberian Pakan Benih Ikan Lele

            Pemberian pakan benih ikan lele ini dilakukan secara sedikit demi sedikit dan diubahsuaikan dengan bukaan ekspresi ikan tersebut. Pertama benih ukuran 1 – 2 cm biasanya diberikan makanan tepung pelet yang lembut yang mempunyai protein tinggi sekitar 35 – 40, alasannya ialah benih ikan yang masih kecil sangat memerlukan protein yang sangat tinggi buat pertumbuhan supaya cepat. selepas mencapai ukuran 3 – 6 ini sanggup diberikan makanan pelet yang bundar tapi masih di sesuaikan dengan bukaan ekspresi ikan lele tersebut.             Pemberian pakan ini diberikan 3 – 5 kali dalam sehari. Pemberian pakan sanggup diberikan pada waktu pagi, siang, sore dan malam, pada waktu malam hari usahakan pakan diberikan agak banyak, alasannya ialah ikan lele termasuk ikan yang nokturnal atau akatif dimalam hari. Pemberian pakan ini juga harus diperhatikan alasannya ialah sisa pakan yang tidak dimakan akan bermetamorfosis amoniak yang sanggup bermetamorfosis racun untuk proses pendederan ikan lele.

Pemanenan Benih Ikan Lele


            Pemanenan ini dilakukan sekitar benih berumur 8 – 10 ahad atau sekitar ukuran 5 – 7 cm. Pemanenan ini usahakan dilakukan secara hati – hati alasannya ialah benih ikan yang masih kecil masih praktis terkena lukan dan tubuhnya masih lemah. Ukuran benih ikan lele ini sanggup eksklusif di jual atau sanggup dilanjutkan ke proses pembesaran ikan lele. Berikut cara pembesaran ikan lele  

Baca juga : Cara pembenihan ikan lele            

            Berikut yaitu artikel perihal bagaimana cara pendederan ikan lele yang praktis untuk dipraktekkan oleh para pemula. Semoga artikel ini sanggup di jadikan rujukan untuk petani ikan lele pemula maupun yang selepas usang melaksanakan nya. Untuk kurang lebihnya sanya mohon maaf dan terima kasih telah membacanya. Semoga bermanfaat.  

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive