Home » , , » Saat Mabung Ef Burung Cendet Di Tiadakan By Mr Adi

Saat Mabung Ef Burung Cendet Di Tiadakan By Mr Adi

Semakin bermacam-macam saja tips merawat burung cendet yang kita ketahui, hal ini merujuk pendapat bahwa lain burung lain karakternya lain pula cara merawatnya maka hal itu wajar-wajar saja. Kali ini ingin mengutip apa yang disampaikan oleh Cendeters dari ngawi yang mengasihi burung cendet hanya untuk kicauan dirumah. Meskipun hanya untuk kicauan dirumah namun tetep saja ia berharap mempunyai burung yang rajin berkicau.

Karena Mr Adi tinggal di sebuah desa yang agak jauh dari orang yang jual EF pakan burung, atau toko pakan burung maka dalam merawat burung cendet ia hanya mengandalkan Voer yang gampang dibeli dan harganya murah, sedangkan untuk EF ia hanya mengandalkan hasil tangkapan hutan ibarat belalang, jangkrik, ulat pisang atau cicak.

Dengan keadaan yang terbatas itu, ternyata beberapa burung kesayangannya tetap rajin berkicau, punya mental yang anggun dan bermaterikan isian yang alami ibarat burung prenjak, sikatan, ciblek, jangkrik dan burung kenari. Sebenarnya apa belakang layar perawatan Mr. Adi? berikut ini aku sampaikan kutipan dari apa yang disampaikannya via telephone pagi tadi.

Seperti biasa jikalau pagi tiba burung cendet dikeluarkan dari dalam rumah untuk digantung diteras rumah hanya dipantau keadaan voer dan minumnya, tanpa diberi EF atau dimandikan burung hanya digantung saja diteras hingga sore datang. Sementara sepulang ia kerja, burung cendet dimandikan kemudian diberi jangkrik 2 ekor, selanjutnya burung dijemur atau diangin-anginkan saja. 

Sementara dikala malam datang, burung kembali dimasukkan ke dalam rumah dan dikerodong, mengapa dikerodong? lantaran kalau tidak dikerodong burung ini akan terus berkicau meskipun dimalam hari, apalagi jikalau melihat lampu dinyalakan.

Perawatan yang diterapkan cukup sederhana, dan perlu diketahui bahwa rumah Mr Adi menghadap ke Utara sehingga mendapat sinar matahari yang cukup meskipun burung hanya ditaruh diteras. 

Bila dikala pergantian animo tiba atau dikala burung mengalami mabung maka Mr Adi hanya mengkerodong burng fullday... burung hanya dibuka dua hari sekali untuk dibersihkan sangkarnya, diberi makan dan minum. Pemberian EF mudah dilarang semoga burung tidak menjadi galak, biar burung tidak OB dan banyak tingkah ketika burung lepas dari mabung.

Meskipun banyak master yang menunjukkan tips bahwa dikala mabung sebaiknya burung cendet di naikkan porsi EF nya, namun berdasarkan Mr Adi hal itu tidak penting lantaran burung sanggup salting. Lagian burung yang dipelihara pun hanya untuk ocehan, bukan untuk dilombakan. Bila ada yang menyampaikan dikala mabung yakni dikala yang sempurna untuk memaster, ia pun menyetujuinya lantaran dikala mabung burung cendet lebih banyak membisu dan tidak mau berkicau.

Bila mabung telah berakhir tuntas dan tak ada lagi bulu-bulu yang berjatuhan maka EF jangkrik mulai diberikan, cukup berikan 2 ekor saja di sore hari, sebagaimana setingan harian yang telah diterapkan sebelumnya. Menurut Mr. adi, burung cendet yakni burung yang murah, kalau terlalu dimanja yang ada burung malah rusak dan menghabiskan banyak biaya.

Silahkan dicoba tips ini barangkali sesuai dengan huruf burung anda. Mungkin hal ini menjadi kontroversi, namun tetap aku sampaikan lantaran ini yakni tips dari Cendet Mania juga. 

Salam Mania...

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive