Home » , » Gimana Cara Merawat Cendet Yang Benar?

Gimana Cara Merawat Cendet Yang Benar?

Burung Cendet menurut Catur ialah burung yang unik dan istimewa, sehingga di bilangan Surabaya burung ini sangat banyak penggemarnya. Burung yang  mempunyai kemampuan menirukan aneka jenis bunyi burung ini mempunyai tipe petarung yang handal, begitu melihat lawan emosi bertarungnya tumbuh dan burung akan eksklusif mengeluarkan kicauannya. Lalu bagaimana cara merawat burung cendet yang benar? berikut ini saya mengutip apa yang disampaikan oleh cendeters dari DKB yaitu Mr Catur yang berhasil memoles beberapa burung cendet untuk dilombakan, seingat saya Cendet Istana ialah salah satu cendet andalan miliknya.

Burung Cendet ialah jenis burung yang mempunyai wilayah kekuasaan, sehingga bila berpindah daerah maka burung ini akan menyesuaikan diri terlebih dahulu, untuk burung yang sudah sering diajak berpindah-pindah daerah gantangan mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun burung yang masih belum pernah diajak pindah-pindah daerah tentu saja akan menyesuaikan diri terlebih dahulu dan burung tidak mau berkicau. 

Untuk itulah dalam merawat burung cendet sehabis burung mau berkicau disatu daerah maka biar terbiasa berkicau dilain daerah sebaiknya burung juga dipindah tempatnya, pada awalnya mungkin burung tidak mau berkicau, namun waktu demi waktu burung akan berkicau juga. Asalkan kita bisa mengatur proteksi makanan yang stabil.

Burung yang sudah stabil kicauannya sebaiknya dijaga contoh makannya biar performance pun tetap stabil, sebab proteksi EF yang teratur ialah kunci sukses dalam merawat burung cendet, selain itu faktor mandi dan jemur juga sangat mempengaruhi. 

Berikut ini ialah model Merawat Harian Burung Cendet :
  • Setiap pagi sekitar jam 6 burung dikeluarkan dari rumah untuk dijemur ditempat terbuka biar menerima sinar matahari pagi untuk kesehatan burung.
  • Setelah jam 7 burung barulah dimandikan dan kandang dibersihkan.
  • Setelah mandi burung diberi jangkrik sesuai porsinya, contohnya 3 ekor jangkrik.
  • Kroto diberikan 3 hari sekali sebanyak 1 sendok.
  • Kemudian burung dijemur hingga pukul 10.00
  • Bila tidak dipersiapkan untuk lomba siang  hari burung tak perlu dikerodong, biarkan ditempat yang teduh dan kita nikmati kicauannya. namun bila ingin dilombakan barulah burung dikerodong sepanjang  hari, dibuka untuk dirawat saja.
  • Sore hari bila memungkinkan burung bisa dimandikan dan diberi jangkrik 3 ekor lagi, dan sehabis diangin-anginkan barulah burung dikerodong dan dimasukkan  ke rumah.

Pemasteran burung cendet bisa dengan memelihara burung masteran ibarat burung gereja, burung kenari, lovebird, cililin atau burung kemade. namun kalau hal itu merepotkan pemasteran sanggup dilakukan dengan memakai MP3 master burung.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive