Home » , » Lamanya Penjemuran Dan Manfaat Penjemuran Bagi Cendet

Lamanya Penjemuran Dan Manfaat Penjemuran Bagi Cendet

Burung Cendet termasuk dalam katergori burung  yang suka panas, burung predator ini daerah hidupnya yaitu ditempat terbuka dan semak-semak pepohonan di pinggirnya. Dalam pengamatan saya, sangat jarang ditemukan burung cendet ditempat yang cuek atau hutan belantara. Burung ini lebih suka ditempat terbuka ibarat di persawahan atau bukit tanpa pohon yang rindang. Karena burung ini suka daerah yang terbuka maka kebiasaan itu dapat kita gunakan sebagai barometer bahwa burung cendet suka di jemur ditempat terbuka atau ditempat panas.



Manfaat penjemuran tentu saja sangat banyak, diantaranya yaitu :
  • Menjadikan burung lebih sehat alasannya yaitu mendapat sinar matahari yang cukup
  • Menjadikan burung lebih kurus dan langsing, sehingga burung akan lebih rajin berkicau. Terbukti burung  yang kegemukan jadi malas berkicau.
  • Panas matahari dan ketersediaan air minum yang higienis mengakibatkan burung mempunyai pernafasan yang baik sehingga burung akan mempunyai volume yang keras.
  • Panas matahari akan membunuh basil di dasar kandang dan mengusir banyak sekali macam organisme pengganggu lainnya yang kerap menjadi hama bagi burung.
  • Panas matahari juga dapat mengusir dan membunuh  kutu pada bulu burung.


Itulah beberapa manfaat penjemuran bagi burung cendet, sedangkan lamanya penjemuran tergantung kebiasaan burung. Namun burung ini besar lengan berkuasa dijemur meskipun lamanya penjemuran dari pagi hingga sore, asalkan di dalam kandang selalu tersedia air yang cukup. dijemur ditempat yang terbuka, bukan di tempelkan di tembok, alasannya yaitu panas tembok menciptakan burung menjadi silau sehingga mengganggu pandangan dan suhu tubuhnya.

Bila burung belum terbiasa dijemur hingga sore, sebaiknya lamanya waktu penjemuran di sesuaikan, dapat dimulai 1 jam perhari, kemudian dinaikkan 1 jam setiap minggunya.

Burung Cendet Mabung sebaiknya tidak dijemur lebih dari 1 jam dipagi hari, lebih baik burung dalam kondisi mabung tetap disimpan ditempat teduh dandi kerodong semoga proses mabung dapat terjadi lebih cepat

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive