Home » , , » Jenis Jenis Burung Pentet, Lokal Atau Madura

Jenis Jenis Burung Pentet, Lokal Atau Madura

Burung Pentet yang kita kenal dan sering kita jumpai memang ada beberapa jenis sehingga Pentet Mania pun memperlihatkan istilah yang berbeda bagi burung tersebut sebab tidak ada standardnya. Agar mempunyai kesamaan satu dan lainnya ada yang menyebut Pentet Lokal untuk Pentet Jatim dengan tampilan hitam yang hanya separo atau non kepala hitam, gimana dengan burung pentet yang hitamnya full atau hitamnya hanya sedikit diatas mata? kali ini ingin mengulas lebih rinci lewat gambar gambar koleksinya.




Padahal kata "lokal" menunjukkan orang pribumi yang menyebutkan burung yang lahir di daerahnya, demikian pula orang Madura akan menyebut Pentet Madura sebagai Pentet Lokal sebab Pentet Madura lahirnya di tanah Madura. 

Okelah kini saya tidak ingin membahas perihal kawasan yang saya kwatirkan akan menjadikan konflik SARA. istilah lokal maupun madura menjadi tidak begitu penting bagi Pentet Mania, sebab burung yang juara akan dihasilkan oleh perawat yang sabar dan konsisten merawat burung Pentet, bukan dari asal  muasal daerahnya.

Bagi saya dan pecinta burung pentet yang telah usang bergelut di dunia pentet beberapa istilah berikut ini yang pantas untuk menyebutkan Jenis Pentet, yaitu :
  • Pentet Gondrong/Ngupluk/Blangkon yaitu Pentet Kepala Hitam yang hitam dikepalanya sangat banyak full di atas kepala bahkan hingga ke lehernya.
  • Pentet Semi yaitu pentet yang hitamnya hanya diatas kepala tidak hingga ke leher
  • Pentet Zoro/Pilis yaitu pentet yang hitam dikepalanya hanya hingga di alis
  • Pentet Albino yaitu burung pentet yang mempunyai bulu secara keseluruhan berwarna putih, paruh berwarna putih kemerahan (pink), kaki juga berwarna bersih, sebab pentet pada umumnya mempunyai kaki dan paruh berwarna hitam. Pemalsuan atau penyemiran mustahil dilakukan pada kaki dan paruh. ini ialah jenis pentet yang langka.

Cendet Blangkon/Gondrong

Cendet Zoro / Peles

Cendet Semi
Pentet Albino

Dengan penamaan Jenis Pentet diatas tentu saja membantah penamaan jenis pentet menurut kawasan baik madura, jatim, jateng maupun jabar. Namun menurut asal muasal atau tanah kelahiran anda dapat menanyakan pada pemilik burung pertama kalinya. hendaknya anda tidak mempermasalahkan asal muasal burung tersebut kalau anda ialah Pentet Mania atau Cendet Mania.

Bagi saya tidak ada nilai minus dari masing-masing Pentet maupun asalnya sebab kualitas burung sangat ditentukan oleh perawatan yang baik. Semoga dengan artikel berantakan ini dapat meluruskan dilema yang selama ini terjadi di antara pecinta burung Cendet.

Koleksi gambar dari CMN.

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive