Home » , , » Tips Merawat Manuk Pentet Lengkap

Tips Merawat Manuk Pentet Lengkap

Manuk Pentet (jawa) tidak lain ialah burung yang juga terkenal dengan nama Burung Cendet. Di Jawa Timur nama burung itu begitu terkenal hampir di semua kalangan, tidak hanya pecinta burung yang menyukai kicauannya, secara umum orang biasa pun akan mengagumi kehebatan burung ini jikalau burung ini telah rajin berkicau. Dengan perawatan yang konsisten Manuk Pentet sanggup menjadi burung peniru yang ulung, beliau sanggup menirukan banyak sekali jenis bunyi burung juga hewan lainnya. Merawat burung ini pun sanggup dibilang gampang asalkan kita tau apa yang seharusnya diberikan dan dilakukan pada burung ini.

Begitu gampang dan murahnya merawat Manuk Pentet sehingga banyak masyarakat Jawa Timur yang merawat burung sawah ini. Bila burung ini sanggup menirukan bunyi kucing, bunyi ayam, bunyi tokek saja udah dibilang burung yang pintar, apalagi yang menikmati Manuk Pentet ini hanya untuk kalangan penghobi rumahan dan bukan untuk dilombakan. 

Semakin banyak lagu yang dikuasai tentu saja menambah kualitas dari kehebatan burung ini, maka akan semakin banyak pula yang menyukai nyanyiannya. Kali ini ingin membuatkan tips Cara Merawat Manuk Pentet Khas Jawa Timuran (wong ndeso)

Merawat Pentet Anakan
  • Burung yang dipelihara sebaiknya ialah burung yang diambil dari susuhan/sarang, yaitu burung yang masih harus kita suapi sendiri dan bukan burung yang sudah besar (dwasa). Karena burung yang dipelihara dari anakan, kelak akan menjadi burung yang jinak dan tentunya mau makan voer.
  • Sewaktu masih anakan dan masih diloloh dan burung belum sanggup terbang, sebaiknya burung diambil beserta sarangnya atau kita buatkan sarang sendiri dari rumput kering, lalu burung dimasukkan kardus dan di hangatkan dengan lampu bohlamp 5 watt. 
  • Untuk masakan anakan pentet sanggup diberikan Voer yang dilunakkan dengan memberi air, aduk campuran voer hingga rata, cukup 1 sendok voer saja, campuran voer tadi cukup untuk setengah hari saja, lantaran jikalau hingga satu hari voer akan basi.
  • Agar burung cepat besar, campuran voer sanggup ditambah kroto atau kuning telor, selain itu cendet juga sanggup diberi perut jangkrik atau belalang. 
  • Jadwal ngloloh atau nyuapi manuk pentet anakan ialah setiap 2 jam sekali. lakukan demikian hingga burung sanggup makan sendiri.
  • Manuk pentet sehabis berumur 2 bulan biasanya akan makan mencar ilmu makan sendiri, untuk memancingnya mau makan sendiri, berikan voer kering dalam wadah pakan dan dicampur giat sangkar sedikit, gerakan giat sangkar tadi akan memancing pentet untuk memakannya.
  • Manuk Pentet yang berumur 3 bulan biasanya telah sanggup makan voer kering, mulai ketika itu anda sudah bisa  mengatur rujukan makannya. 
Perawatan Harian Manuk Pentet

  • Burung setiap pagi sekitar jam 6.00 dikeluarkan dari rumah dan dikenakan matahari pagi.
  • Setelah jam 7 lalu burung dimandikan dengan semprotan.
  • Setelah mandi Pentet diberi jangkrik 2 ekor saja, lalu dijemur hingga jam 10.
  • Siang hari burung ditaruh diteras atau dibawah pohon, tanpa dikerodong lantaran kita membiarkan burung berkicau seenaknya, alasannya ialah burung sedang mencar ilmu ngoceh.
  • Saat siang itulah kita sanggup mengajari burung dengan masteran, lantaran burung akan istirahat dengan santai sambil berkicau. Jika kita tidak memasternya, burung tetap akan berkicau tapi sesuai dengan apa yang di dengarnya, contohnya bunyi jangkrik, bunyi ayam, bunyi kutilang dll.
  • Sore hari burung boleh dimandikan jikalau cuaca masih cerah dan ada matahari sore, lalu burung di istirahatkan dengan cara di kerodong.
  • Malam hari, burung boleh dimasteri boleh juga tidak - tergantung waktu kelonggaran anda.

Begitulah Tips Merawat manuk Pentet untuk harian semenjak masih bawah umur hingga burung mencar ilmu ngoceh hingga burung menjadi gacor. Bila sewaktu-waktu anda tidak sanggup memberi jangkrik, anda juga sanggup memberinya belalang atau tahu mentah -  untuk menambah asupan protein.

Perawatan Pentet Mabung
Saat burung memasuki animo pergantian bulu, ketika itulah anda diharapkan untuk menunjukkan EF yang cukup, jikalau voer yang anda berikan cukup gizi maka anda cukup menaruh burung ditempat yang sepi dan burung cukup diberi Voer saja. Bila anda ragu dengan kandungan gizi voer anda, maka voer tadi sanggup anda tambahkan tepung jangkrik. Selama masa mabung, 3 hari sekali sebaiknya burung diberi kroto atau UH biar burung cepat mabung.
Selama ngurak/mabung, sebaiknya burung tidak dimandikan dan dijemur. Bila burung mau mandi cukuplah seminggu sekali.

Bila Manuk  Pentet Miyik/Manja/Galak
Tiga kata yang berbeda namun anda sanggup menerapkannya secara bersamaan biar burung menjadi burung yang rajin berkicau. Lakukanlah perawatan dengan rajin, mandikan burung setiap hari, berikan EF yang cukup dan jemur hingga tengah hari. Dengan memandikan burung secara rutin, kebiasaan miyik atau galak burung akan berkurang bahkan hilang.

Salam Pentet/Cendet mania diseluruh nusantara...

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive