Home » , , , » Cara Merawat Pentet Ngurak

Cara Merawat Pentet Ngurak

Pentet mengalami rontok bulu ialah hal yang masuk akal alasannya itu ialah proses alami yang terjadi pada semua binatang jenis unggas. Agar burung sanggup melalui ngurak yang melelahkan dan sakit itu harus dirawat dengan baik, sehingga selepas ngurak burung akan tetap sehat dan mempunyai bulu-bulu yang rapi lagi bersih. Perawatan yang awut-awutan akan menciptakan burung menjadi stress, ngurak pun sanggup macet alasannya tidak mendapat asupan gizi yang stabil.


Cara Merawat Pentet pada dasarnya ialah harus mengasingkan burung ini dari burung pentet lainnya, sedangkan kalau dimaster, burung pentet sebaiknya dalam kondisi di kerodong. Jangan juga mempertemukan Pentet Ngurak dengan burung kecil yang kerap menjadi mangsanya, alasannya keberadaan burung kecil atau burung homogen akan mengganggu proses pergantian bulu.

Selain diasingkan, burung sebaiknya di kerodong, jangan sering digoda atau di cetekin, full kerodong ialah hal yang wajib untuk burung Pentet Ngurak. 

Pemberian makanan EF sanggup ditingkatkan atau di samakan dengan EF harian, namun harus tetap konsisten pemberiannya meskipun burung dalam kondisi macet atau tidak berbunyi. Kebanyakan hobbies pemula kerap mengabaikan dan menelantarkan burung Pentet yang sedang ngurak alasannya burung kebanyakan hanya diam diam dan mempunyai penampilan bulu yang tidak rapi. Sementara bagi yang sudah getol dengan burung Pentet, ketika ngurak itulah ketika perawatan yang butuh kesabaran dan kestabilan.

Pemasteran selama masa Ngurak diyakini bakal lebih efektif alasannya burung dalam kondisi lebih banyak diam, sehingga burung akan lebih berkonsentrasi dalam mendengarkan bunyi yang ada di sekelilingnya dan gampang dalam hal burung ini merekam dan menirukannya. Namun pada kenyataannya ketika burung dalam kondisi topform pun sanggup dimaster dan terus dimasteri.

Sangkar burung dibersihkan setiap dua hari sekali dari kotoran maupun dari bulu-bulu yang rontok. Sementara pemandian untuk burung Pentet Ngurak sanggup dilakukan seminggu sekali, dan dijemur dipagi hari namun tidak lebih dari jam 9.

Saya rasa untuk porsi EF tidak ada dosis yang pas alasannya tergantung dari kebiasaan burung itu sendiri. Adapun EF yang sanggup diberikan untuk burung pentet ialah Ulat Kandang, Ulat Hongkong, Kroto dan Jangkrik. 

Selama masa mabung, dukungan multivitamin juga diharapkan yaitu 3 hari sekali, namun air minum sebaiknya diganti setiap hari.

Sekian, Semoga bermanfaat dan Salam Cendet Mania

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive