Home » , » Merawat Cendet Ngurak

Merawat Cendet Ngurak

Merawat atau perawatan burung cendet yang sedang ngurak/mabung/ganti bulu memang berbeda dengan perawatan untuk burung harian, sebab pada waktu ngurak, burung cendet membutuhkan waktu yg cukup untuk istirahat serta makanan yang cukup gizi, dan yang paling penting yaitu daerah yang nyaman dan jauh dari gangguan.

Burung cendet yang sedang ngurak sebaiknya ditempatkan ditempat yang tenang, jauh dari gangguan dan mendapat masteran yang sesuai dengan tipe kicauannya.

Lalu bagaimana cara mengatur makanan untuk burung cendet yang sedang ngurak? Ada banyak keyakinan cendet mania dalam duduk kasus ini, kesalahan atau ketidaksesuaian terhadap burung sanggup menjadikan burung cendet menjadi rusak. Untuk itu sangat penting bagi pemelihara burung cendet untuk menguasai dan memahami abjad dari masing masing burung yang sedang dirawatnya.

Berikut ini ingin memberikan tips sederhana merawat burung cendet ngurak dari om Adi dari Ngawi City, semoga bermanfaat..

  1. Pada awal diketahui burung mulai rontok bulunya, boom dengan kroto 1 cepuk dan UH 5 ekor, sesudah itu burung dikerodong hingga burung mengalami rontok bulu secara maksimal berikan voer yang cukup dan burung disimpan ditempat yang nyaman.
  2. Selama masa ngurak, sebaiknya burung tetap dikerodong, hanya dikeluarkan ketika dibersihkan sangkarnya, diganti air minumnya dan diberi makan.
  3. Selama masih rontok, biarkan burung cukup makan voer yang bergizi, akan lebih baik bila voer ditambahi dengan tepung jangkrik biar asupan gizi tercukupi.
  4. Selama masa ngurak, mandikan burung cukup 1x dalam seminggu dipagi hari, kemudian burung dijemur sebentar (30 menit) kemudian burung kembali dikerodong.
  5. Setelah melalui masa ngurak, dan bulu sudah tumbuh tepat barulah rawatan dibentuk menyerupai sedia kala.
  6. Pemasteran terhadap burung cendet sanggup dilakukan kapan pun, yaitu ketika ngurak maupun ketika tidak ngurak, sebab burung ini yaitu burung yang cerdas dan mempunyai daya ingat yang tinggi, sehingga sewaktu-waktu sanggup dimaster.
  7. Saat masa ngurak hindari penjemuran disiang hari, sebab hal ini sanggup menjadikan bulu-bulu menjadi rusak.

Demikian goresan pena kami hari ini, semoga bermanfaat untuk rekan- rekan Cendet Mania, terima kasih untuk Om Adi atas tips dan trick yang telah dibagikan, semoga bermanfaat untuk yang lain. 
Salam Cendet Mania....

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive