Home » , » Solusi Atau Cara Merawat Cendet Miyik Atau Manja

Solusi Atau Cara Merawat Cendet Miyik Atau Manja

Dalam sebuah grup Cendet Mania saya kerap mendengar keluhan para member juniornya yang mengalami resah lantaran burung gacoannya ialah burung Cendet bertingkah manja, adapun rangkaian sifat manja burung cendet itu bermacam-macam, mulai merunduk, mbalon atau ngembangin bulu, paruh di cocolkan ke ornamen sangkar, turun ke dasar kandang dan lain sebagainya.

Penyebab Burung Cendet bertingkah miyik atau manja ada dua, ialah lantaran salah perawatan dan lantaran burung merasa kurang kenyang, kurang nutrisi atau kekurangan gizi. Bila dua kombinasi ini terjadi maka bukan mustahil burung cendet akan miyik/manja dalam waktu yang lama, untuk itu anda harus segera merubah kebiasaan dan memberi masakan yang cukup baik nutrisinya.

Cara Merawat atau Solusi Burung Cendet Miyik (Manja)

  • Dikarantina, Jauhkan burung cendet dengan burung cendet lainnya, kalau perlu diasingkan sendiri selama beberapa hari.
  • Kebiasaan menyuapi burung cendet juga harus dirubah, santunan pakan EF ibarat jangkrik harus bersiklus dan dilakukan dengan memasukkannya ke dalam wadah pakan.
  • Jangan pernah memberi jangkrik diluar jadwal santunan pakan, meskipun anda menemukan jangkrik yang tercecer di tanah.
  • Bila dengan setelan yang sudah ada dan burung sudah diasingkan tetap miyik, maka coba tingkatkan EF jangkrik beberapa ekor, selain itu anda juga sanggup menawarkan kroto atau Uler Hongkong dalam jumlah tertentu (1 sendok perhari).
  • Anda juga sanggup menawarkan vitamin burung, supaya cendet semakin sehat dalam masakan atau minumannya.
  • Setiap pagi burung dikeluarkan, lalu dimandikan, diberi makan EF, kandang dibersihkan lalu di jemur di bawah terik matahari yang jauh dari kegiatan manusia, lalu burung di teduhkan, Kemudian burung di mandikan dengan Air ES, sesudah tampak kering di kerodong lagi.
  • Sore hari burung di beri EF dan dikerodong kembali.
  • Jangan pernah melawe-lawe atau melambai-lambaikan tangah menarik hati burung cendet, lantaran burung akan semakin manja lantaran merasa diajak bermain.


Sekian, semoga bermanfaat...

0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive