Home » , , » Solusi Atau Cara Mengatasi Cendet Salto

Solusi Atau Cara Mengatasi Cendet Salto

Salto merupakan keluhan yang dihadapi hampir semua Cendet Mania, padahal salto yaitu salah satu huruf atau sifat dari hampir semua burung cendet lantaran salto itu yaitu kemampuan yang unik yang dimiliki tidak semua burung. Namun tingkah salto menjadi tidak disenangi lantaran burung berkicau mencadi tidak yummy dipandang, bahkan kicauan burung menjadi berkurang lantaran ketika bertingkah salto 90 persen burung tidak berkicau.

Solusi mengatasi Cendet Salto telah sampaikan oleh banyak master burung cendet, namun kali ini ingin memberikan goresan pena singkat ihwal Cara lain menurut pengalaman langsung dan penuturan sahabat sahabat pecinta cendet jatim.

Cendet bertingkah salto mungkin saja lantaran burung mempunyai mental yang kurang baik, mental burung kurang stabil dan burung masih muda, untuk itu bersabarlah dalam merawat burung muda, rajin rajinlah dimandikan di pagi hari dan jemur seperlunya. Agar burung mempunyai mental yang kuat, sebaiknya burung sering di jemur dibawah (lantai) atau dipinggir jalan.

Untuk burung yang belum mempunyai mental baik, derma jangkrik sebaiknya diberikan ketika bulu-bulu sudah kering dikarenakan telah dijemur sesaat, Setelah diberi jangkrik barulah penjemuran kembali dilanjutkan. Burung yang mempunyai mental baik biasanya tidak akan salto, untuk itu biasakan burung untuk dipindah2 kawasan gantungannya.

Bila dimandikan satu kali selama 2 ahad belum ada perubahan, mandi sanggup ditingkatkan 2 kali sehari dalam 2 ahad di lihat perkembangannya. Bila sudah mandi dalam 2 ahad juga tidak ada perubahan, cobalah burung tidak dimandikan hingga burung mau mandi sendiri di cepuk air minum yang diganti setiap hari dan di isi penuh. mungkin huruf burung anda yaitu burung yang tidak suka mandi.

Setelah mengatur jadwal pemandian namun tidak membuahkan hasil, selanjutnya coba dirubah posisi pangkringan, bila biasanya saling silang kini dirubah menjadi sejajar, coba selama 2 ahad bila tetap tidak ada perubahan, coba saja pangkringan 1 dibagian bawah, sementara pangkringan atas di ambil. tips ini telah dicoba oleh cendet mania di Jombang dan berhasil burungnya menjadi nagen.
 
Pemandian dan posisi pangkrinan telah dirubah untuk menemukan solusi yang tepat, kalau belum membuahkan hasil selanjutnya cobalah diatur lagi setingan jangkriknya, bisa saja burung bertingkah salto lantaran kebanyakan energi atau kebanyakan jangkrik. Karena tidak semua burung membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas di dalam sangkar. Tidak hanya jangkrik, jumlah EF lainnya juga patut untuk diatur kebutuhannya.

Ada juga burung Cendet bertingkah salto lantaran burung merasa pengap atau takut didalam kerodong, kerodong yang telalu gelap terkadang menciptakan burung cendet menjadi galau sehingga di dalam kerodong si cendet akan melamun di dasar sangkar, ketika kerodong dibuka burung akan salto dan berputar-putar didalam sangkar. Solusinya, gunakanlah kerodong yang tipis supaya burung bisa melihat kondisi di sekitarnya.

Itulah beberapa solusi yang patut dicoba bila anda mendapati burung cendet yang suka salto, ketahuilah penyebabnya maka anda mengetahui solusi yang mesti dikerjakan untuk menciptakan burung menjadi jinak dan tidak banyak tingkah.

Salam Cendet Mania


0 comments:

Search

Popular Posts

Blog Archive